Diversifikasi Minyak Atsiri Sereh Wangi Sebagai Bisnis KUB Aroma Alam Desa Sruni Boyolali

Iin Suhesti, Diyan Sakti Purwanto, Annisa Diyan Meitasari, Dedi Setyo Permadi, Marcela Lexi Putri Kurniawan

Abstract


KUB Aroma Alam merupakan suatu kelompok usaha bersama yang didirikan oleh bapak Sriyanto Broto Suseno yang terletak di Dk. Watesari, Desa Sruni, Kec. Musuk, Boyolali, Jawa Tengah. KUB Aroma Alam memproduksi minyak atsiri dari berbagai jenis tumbuhan dan air mawar yang telah disalurkan ke beberapa kota besar di Indonesia seperti Sulawesi, Surabaya, Bogor dan beberapa kota lainnya. Pemasaran yang dilakukan di kota-kota besar hanya dilakukan jika mendapatkan permintaan, tetapi belum mengalami penjualan yang signifikan. Hal ini masih menjadi permasalahan yang dialami oleh KUB Aroma Alam, karena kurangnya pemahaman tentang cara pembuatan sediaan farmasi ataupun kosmetik yang berasal dari minyak atsiri. Salah satu minyak atsiri yang dibuat yaitu minyak atsiri sereh wangi atau dikenal dengan Citronella Oil. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu untuk memberikan peluang bisnis kepada KUB Aroma Alam dan masyarakat sekitar dengan memberikan pengetahuan tentang cara pembuatan sediaan kosmetik yang berasal dari minyak atsiri yaitu berupa spray anti nyamuk. Metode pelaksanaan pengabdian ini dilakukan dengan 3 tahap yaitu ceramah, demonstrasi dan pelatihan, serta dilanjutkan dengan diskusi. Kegiatan ini diikuti oleh 40 Orang Warga Dk. Watesari. Peserta sangat antusias memperhatikan dan bertanya mengenai cara pengolahan minyak atsiri menjadi spray anti nyamuk. Target luaran yang dicapai dari kegiatan ini yaitu berupa produk spray anti nyamuk yang dapat diproduksi oleh masyarakat guna meningkatkan taraf ekomomi keluarga.

Keywords


Sereh wangi, citronella oil, peluang usaha

Full Text:

References


Kompas, 2022, Manfaat Serai untuk Kesehatan Sehatkan Pencernaan dan Tutunkan Berat Badan, Diakses pada 13/11/2022, 06:05 WIB, Diambil dari kompas.com/tren/read/2022/11/13/060500065/8-manfaat-serai-untuk-kesehatan sehat kan-pencernaan-dan-turunkan-berat?page=all

Nidom, Chairul A, 2020, Ramuan Tradisional Cegah Virus Corona. Guru Besar Biokimia & Biologi Molekuler UNAIR, Surabaya: Universitas Airlangga.

Sulaswatty, Anny et al., 2019, Minyak Serai Wangi dan Produk Turunannya, Jakarta, LIPI Press.

Rd. Halim dan Adelina Fitri, 2020, Aktivitas Minyak Sereh Wangi Sebagai Anti Nyamuk, Jurnal Kesmas Jambi (JKMJ), Vol. 4 No. 1, pp. 28-34.

La Ode Akbar Rasydy1, Banu Kuncoro, Muhammad Yusuf Hasibuan, 2020, Formulasi Sediaan Spray Daun dan Batang Serai Wangi (Cymbopogon nardus L.) sebagai Antinyamuk Culex S.P, Jurnal Farmagazine, Vol. VII No.1.

Windias Farah Nabila, dan Rita Nurmalina, 2019, Analisis Kelayakan Usaha Minyak Serai Wangi Pada Kondisi Risiko (Studi Kasus PT. Musim Panen Harmonis), Forum Agribisnis: Agribusiness Forum, Vol 9 No 2, Hal 143-159 Issn 2252-5491, E-Issn 2656-4599.




DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v6i2.4051

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Tim Redaksi Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal

Email :
abdimas@poltektegal.ac.id

   

Copyright: Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming p-ISSN:2598-9030 e-ISSN:2614-056X 

 

Flag Counter

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

data macau