Data Menuju Pengetahuan dengan Pemanfaatan Data Science
Abstract
Pengolahan data merupakan hal yang sangat penting bagi institusi pencari laba maupun non laba. Melalui data, institusi mendapatkan pengetahuan yang akan mendukung pihak eksekutif dalam mengambil keputusan untuk strategi bisnisnya. Oleh karena itu, pengolahan data yang baik dapat memberikan dampak yang baik bagi institusi. Institusi bisa mendapatkan berbagai pengetahuan seperti segmentasi pelanggan dan pola pembelian pelanggan untuk kebutuhan marketing, bahkan prediksi kerusakan alat untuk keperluan maintenance dengan memanfaatkan pengolahan data. PT Delima Jaya Katiga membutuhkan pengolahan data untuk melakukan segmentasi dan pola penggunaan jasa pelanggan untuk menemukan potensi pelanggan baru guna menaikkan laba usaha. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian ini akan memberikan informasi mengenai data science dan memberikan pelatihan pengolahan data sebagai solusinya.
Keywords
References
Jennifer Rowley, "The wisdom hierarchy: representations of the DIKW hierarchy," Journal of Information and Communication Science, 2007.
Data Robot. [Online]. https://www.datarobot.com/wiki/data-science/
Cher Han Lau. (2019, January) Towards Data science. [Online]. https://towardsdatascience.com/5-steps-of-a-data-science-project-lifecycle-26c50372b492
Hussain Saleem, Altaf Hussain Nizamani, Samina Saleem, and Jamshed Butt, "DATA SCIENCE AND MACHINE LEARNING APPROACH TO IMPROVE E-COMMERCE SALES PERFORMANCE ON SOCIAL WEB," International Journal of Advanced Research in Engineering and Technology (IJARET), vol. 12, no. 4, pp. 401-424, April 2021.
Nadya Intan Mustika, Bagus Nenda, and Dona Ramadhan, "Machine Learning Algorithms in Fraud Detection: Case Study on Retail Consumer Financing Company," Asia Pacific Fraud Journal, vol. 6, no. 2, pp. 213-221, December 2021.
Mar’atus Sholikhatun Nisa and Yusuf Amrozi, "Pemanfaatan Big Data Dalam Penerapan Dynamic Pricing (Studi Kasus Amazon.Com) ," JSM STMIK Mikroskil , vol. 20, no. 1, pp. 33-40, April 2019.
Chandan K. Reddy and C. Aggarwal Charu,.: CRC Press, 2015.
Araoye Oluwasegun A. (2019, September) Medium Web Site. [Online]. https://medium.com/@araoyeoluwasegunvhictor/the-application-of-data-science-in-targeted-advertising-e81c1f7f5b62
Vishal Shah and Shridevi S, "Data-Science Recommendation System using Semantic Technology," International Journal of Engineering and Advanced Technology (IJEAT), vol. 9, no. 1, pp. 2592-2599, October 2019.
Parvathy. (2020, January) Free Press Journal. [Online]. https://www.freepressjournal.in/sponsored-content/how-data-science-is-helpful-in-advanced-image-recognition
DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v6i1.4060
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Tim Redaksi Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal
Email :
abdimas@poltektegal.ac.id
Copyright: Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming p-ISSN:2598-9030 e-ISSN:2614-056X
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.