Upaya Meningkatkan Ketertarikan Siswa Di Bidang Robotika Melalui Pelatihan Dasar Robotika

Abdul Basit, Eko Budihartono, Lukmanul Khakim

Abstract


Robotika bisa menjadi salah satu  kegiatan  yang mampu mempengaruhi mempengaruhi pemikiran siswa. dikarnakan siswa akan dituntut untuk dapat membuat ide serta konsep  dalam  robotika,  tetapi  dituntut  untuk berpikir  secara divergen (menyebar  dan tidak searah) untuk mengembangkan keterampilan berpikir dan kreativitas. Manfaat yang cukup banyak dari program robotika bagi siswa untuk lebih banyak mengeksplorasi dengan konsep dari robotika sehingga sisswa mampu belajar lebih disrupsi dan inovatif dalam menyesuaikan pembelajaran Robotika menjadi penting bagi siswa karena dipengaruhi oleh perkembangan zaman dan pengembangan  teknologi. Dengan pelatihan merakit robot control sederhana berbasis ESP8266 dan aplikasi sebagai pengontrol , diharapkan siswa dapat membangun hubungan dengan dunia robotic. Teknologi robot mampu dan bisa digunakan untuk intervensi pendidikan jangka panjang pada anak-anak pada generasinya sehingga pendidikan lebih terintegrasi dengan baik lagi.


Keywords


Robotics, technology development, ESp8266, Application

Full Text:

References


M. . Dr. Hendra Jaya, S.PD., Sistem Robotika, vol. 300. 2016.

L. Sanjaya, B. Marwoto, and K. Budiarto, “Evaluation of In Vitro Culture Medium for Conservation of Chrysanthemum Varieties under Different Storage Environment,” Bul. Plasma Nutfah, vol. 25, no. 1, p. 33, 2019, doi: 10.21082/blpn.v25n1.2019.p33-42.

I. A. Darmanto, “Inovasi Sistem Robotika Pada Perpustakaan,” JEECOM J. Electr. Eng. Comput., vol. 2, no. 2, pp. 13–16, 2020, doi: 10.33650/jeecom.v2i2.1185.

F. C. P. 2015, “SERVO KONTROLER SEBAGAI PENGGERAK KAKI ROBOT DENGAN KOMUNIKASI SERIAL BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA16,” vol. 2, 2006.

R. M. Suwarsono and A. Muhid, “Pengaruh Kegiatan Robotika Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Usia SD,” J. Pendidik. Dasar Nusant., vol. 6, no. 1, pp. 136–146, 2020, doi: 10.29407/jpdn.v6i1.14555.

K. Mufarola and A. R. Murbowo, “Manfaat Pembelajaran Robotika Untuk Belajar Siswa di Sekolah Dasar,” Pros. Semin. Nas. Pendidik. Progr. Pascasarj. Univ. PGRI Palembang, vol. 12, no. 01, pp. 407–416, 2019.

O. Mubin, C. J. Stevens, S. Shahid, A. Al Mahmud, and J.-J. Dong, “a Review of the Applicability of Robots in Education,” Technol. Educ. Learn., vol. 1, no. 1, 2013, doi: 10.2316/journal.209.2013.1.209-0015.

H. Ngarianto and A. A. S. Gunawan, “Pengembangan Sistem Kendali Robot Humanoid untuk Edukasi berdasarkan Robosapien dan Raspberry Pi Zero,” Eng. Math. Comput. Sci. J., vol. 2, no. 2, pp. 85–90, 2020, doi: 10.21512/emacsjournal.v2i2.6473.

Destiarini and P. W. Kumara, “Robot Line Follower Berbasis Mikrokontroller Arduino Uno Atmega328,” J. Informanika, Vol. 5 No.1, Januari-Juni 2019, vol. 5, no. 1, pp. 18–25, 2019, [Online]. Available: Jurnal Informanika, Volume 5 No.1, Januari-Juni 2019.

I. R. Sahali, “Sosialisasi dan Workshop Robotika untuk Skala Pelajar,” J. TEPAT Appl. Technol. J. Community Engagem. Serv., vol. 3, no. 2, pp. 92–97, 2020, doi: 10.25042/jurnal_tepat.v3i2.144.




DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v5i4.4345

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Tim Redaksi Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal

Email :
abdimas@poltektegal.ac.id

   

Copyright: Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming p-ISSN:2598-9030 e-ISSN:2614-056X 

 

Flag Counter

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats