Upaya Meningkatkan Ketertarikan Siswa Di Bidang Robotika Melalui Pelatihan Dasar Robotika
Abstract
Robotika bisa menjadi salah satu kegiatan yang mampu mempengaruhi mempengaruhi pemikiran siswa. dikarnakan siswa akan dituntut untuk dapat membuat ide serta konsep dalam robotika, tetapi dituntut untuk berpikir secara divergen (menyebar dan tidak searah) untuk mengembangkan keterampilan berpikir dan kreativitas. Manfaat yang cukup banyak dari program robotika bagi siswa untuk lebih banyak mengeksplorasi dengan konsep dari robotika sehingga sisswa mampu belajar lebih disrupsi dan inovatif dalam menyesuaikan pembelajaran Robotika menjadi penting bagi siswa karena dipengaruhi oleh perkembangan zaman dan pengembangan teknologi. Dengan pelatihan merakit robot control sederhana berbasis ESP8266 dan aplikasi sebagai pengontrol , diharapkan siswa dapat membangun hubungan dengan dunia robotic. Teknologi robot mampu dan bisa digunakan untuk intervensi pendidikan jangka panjang pada anak-anak pada generasinya sehingga pendidikan lebih terintegrasi dengan baik lagi.
Keywords
References
M. . Dr. Hendra Jaya, S.PD., Sistem Robotika, vol. 300. 2016.
L. Sanjaya, B. Marwoto, and K. Budiarto, “Evaluation of In Vitro Culture Medium for Conservation of Chrysanthemum Varieties under Different Storage Environment,” Bul. Plasma Nutfah, vol. 25, no. 1, p. 33, 2019, doi: 10.21082/blpn.v25n1.2019.p33-42.
I. A. Darmanto, “Inovasi Sistem Robotika Pada Perpustakaan,” JEECOM J. Electr. Eng. Comput., vol. 2, no. 2, pp. 13–16, 2020, doi: 10.33650/jeecom.v2i2.1185.
F. C. P. 2015, “SERVO KONTROLER SEBAGAI PENGGERAK KAKI ROBOT DENGAN KOMUNIKASI SERIAL BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA16,” vol. 2, 2006.
R. M. Suwarsono and A. Muhid, “Pengaruh Kegiatan Robotika Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Usia SD,” J. Pendidik. Dasar Nusant., vol. 6, no. 1, pp. 136–146, 2020, doi: 10.29407/jpdn.v6i1.14555.
K. Mufarola and A. R. Murbowo, “Manfaat Pembelajaran Robotika Untuk Belajar Siswa di Sekolah Dasar,” Pros. Semin. Nas. Pendidik. Progr. Pascasarj. Univ. PGRI Palembang, vol. 12, no. 01, pp. 407–416, 2019.
O. Mubin, C. J. Stevens, S. Shahid, A. Al Mahmud, and J.-J. Dong, “a Review of the Applicability of Robots in Education,” Technol. Educ. Learn., vol. 1, no. 1, 2013, doi: 10.2316/journal.209.2013.1.209-0015.
H. Ngarianto and A. A. S. Gunawan, “Pengembangan Sistem Kendali Robot Humanoid untuk Edukasi berdasarkan Robosapien dan Raspberry Pi Zero,” Eng. Math. Comput. Sci. J., vol. 2, no. 2, pp. 85–90, 2020, doi: 10.21512/emacsjournal.v2i2.6473.
Destiarini and P. W. Kumara, “Robot Line Follower Berbasis Mikrokontroller Arduino Uno Atmega328,” J. Informanika, Vol. 5 No.1, Januari-Juni 2019, vol. 5, no. 1, pp. 18–25, 2019, [Online]. Available: Jurnal Informanika, Volume 5 No.1, Januari-Juni 2019.
I. R. Sahali, “Sosialisasi dan Workshop Robotika untuk Skala Pelajar,” J. TEPAT Appl. Technol. J. Community Engagem. Serv., vol. 3, no. 2, pp. 92–97, 2020, doi: 10.25042/jurnal_tepat.v3i2.144.
DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v5i4.4345
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Tim Redaksi Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal
Email :
abdimas@poltektegal.ac.id
Copyright: Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming p-ISSN:2598-9030 e-ISSN:2614-056X

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



