PENDAMPINGAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH DAN SUBMIT JURNAL ILMIAH NASIONAL UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN GURU KKG GUGUS SIDOMUKTI KOTA SEMARANG

Pradika Adi Wijayanto, Moch Arifien, Shintya Novita Rahmawati, Andika Rizqy Heristama, Muhammad Afwan Maulana

Abstract


Target pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam pembuatan artikel jurnal ilmiah sekaligus dalam mempublikasikan pada penerbit jurnal online nasional yang berkualitas. yaitu melalui Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Dan Submit Jurnal Ilmiah Nasional Pada Guru KKG Gugus Sidomukti Kota Semarang. Manfaat dari kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat membekali guru KKG Gugus Sidomukti Semarang dalam meningkatkan dan mengembangkan keahlian guru menyusun atau membuat artikel jurnal yang berkualitas baik serta paham memilih penerbit jurnal nasional yang berkualitas baik. Manfaat selanjutnya adalah meningkatkan kualitas guru dalam memberikan kontribusi pada perkembangan akademik di sekolah melalui publikasi karya ilmiah. Metode pengabdian ini terdiri dari tiga tahapan kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi sedangkan langkah-langkah kegiatan pengabdian ini terdiri dari tiga kegiatan inti materi pelatihan yaitu Uji pretest, pelatihan tentang artikel jurnal ilmiah, gaya selingkung, tips menulis artikel jurnal ilmiah yang baik dan benar, langkah submit jurnal ilmiah serta tipsnya, pelatihan pembuatan artikel yang akan dimuat dalam jurnal nasional dan uji posttest.


Keywords


Artikel Ilmiah, Pendampingan, Penulisan, Submit Jurnal

Full Text:

References


Kunandar, Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Per-siapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2007.

Suyanto and A. Jihad, Menjadi Guru Profesional, Strategi meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Jakarta: Esensi Erlangga Group, 2013.

L. Noorjannah, “Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Profesional di SMA Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung,” J. Humanit., vol. 10, no. 1, pp. 97–114, 2014, Accessed: Dec. 03, 2022. [Online]. Available: https://ejournal.umm.ac.id/index.php/humanity/article/view/2459.

K. S. Arta, “Pelatihan Penulisan Artikel Untuk Publikasi di Jurnal Ilmiah Untuk Meningkatkan Profesionalisme Bagi Guru-Guru di Kecamatan Kubutambahan Kabupaten Buleleng,” ACARYA PUSTAKA J. Ilm. Perpust. dan Inf., vol. 5, no. 2, pp. 17–32, May 2018, doi: 10.23887/AP.V5I2.17412.

A. Widagdo and S. Susilo, “PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH BAGI GURU-GURU SD DI KECAMATAN KENDAL,” ABDIMAS UNWAHAS, vol. 3, no. 1, Jul. 2018, doi: 10.31942/ABD.V3I1.2234.

A. Supriyanto, “Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Penulisan Karya Ilmiah Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas,” Abdimas Pedagog. J. Ilm. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 1, Nov. 2017, doi: 10.17977/UM050V1I1P.

E. N. Aisyah and P. Mahanani, “Pelatihan Menulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru Sekolah Dasar dan Taman Kanak-Kanak Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang,” Abdimas Pedagog. J. Ilm. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 1, Nov. 2017, doi: 10.17977/UM050V1I1P.

N. Sudjana and U. Laksana, Menyusun Karya Tulis Ilmiah untuk Memperoleh Angka Kredit. Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2004.

J. Archambault, The Effect of Developing Kin-ematics Concepts Graphically Prior to Introducing Algebraic Problem Solving Techniques. Action Research Required for the Master of Natural Science Degree with Concentration in Physics. Arizona State University., 2008.




DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v6i3.4445

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Tim Redaksi Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal

Email :
abdimas@poltektegal.ac.id

   

Copyright: Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming p-ISSN:2598-9030 e-ISSN:2614-056X 

 

Flag Counter

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats