Implementasi Aplikasi Wisata Kabupaten Tangerang (Appatar) sebagai Media Promosi Pariwisata di Kabupaten Tangerang
Abstract
Belum adanya promosi secara digital mengenai obyek wisata padahal Kabupaten Tangerang berbatasan langsung dengna ibu kota, dilintasi tol Jakarta-Merak, dikenal dengan kota seribu industry, terdapat bandara internasional, dan memiliki produk kearifan local yang beraneka macamAplikasi memiliki fitur-fitur yang sangat dinamis dengan menyajikan berbagai pilihan diantaranya kuliner, cagar alam, pendidikan, religi, pertanian, budaya dan bahari. Potensi kabupaten Tangerang cukup banyak. Sehingga perlu dibangun Aplikasi pariwisata Kabupaten Tangerang (Appatar) sesuai dengan permasalahan dan kebutuhan masyarakat Tangerang. Sebelumnya Kabupaten Tangerang masih belum memiliki aplikasi pariwisata yang berisi mengenai seluruh obyek wisata yang ada di Kabupaten Tangerang. Aplikasi ini diimplementasikan oleh Kabupaten Tangerang melalui Tangerang Gemilang pada modul Wisata, sehingga aplikasi ini dapat membantu masyarakat yang ingin mengetahui berbagai tempat wisata di kabupaten Tangerang, dan membantu Disporabudpar dalam mempromosikan pariwisata di Kabupaten Tangerang. Aplikasi terdiri dari website, media social dan aplikasi berbasis android.
Keywords
References
“Asal Usul Wisata Pulau Cangkir Kronjo Tangerang Banten.” http://tempatwisataindonesia.id/pulau-cangkir-kronjo/ (accessed Oct. 25, 2020).
Kemenparekraf/Baparekraf, “Selamat datang di Website Kemenparekraf,” Kemenparekraf/Baparekraf, 2021. https://kemenparekraf.go.id/statistik-wisatawan-mancanegara/Statistik-Kunjungan-Wisatawan-Mancanegara-2021 (accessed Apr. 18, 2022).
“Berwisata ke Kabupaten Tangerang | Wisata Jakarta.” http://jakarta.panduanwisata.id/beyond-jakarta/tangerang/berwisata-ke-kabupaten-tangerang/ (accessed Oct. 25, 2020).
S. Basuki et al., “WORKSHOP PENGUATAN INOVASI UMKM DAN PRODUK UNGGULAN KAMPUNG TEMATIK KABUPATEN TANGERANG,” Bangun Rekaprima, vol. 08, no. 2, pp. 135–141, 2022.
M. Rosyid, “Destinasi Wisata Religi: Solusi Peningkatan Perekonomian Pelaku Wisata Di Kudus,” BISNIS J. Bisnis dan Manaj. Islam, vol. 2, no. 2, p. 41, 2014, doi: 10.21043/bisnis.v2i2.5266.
M. Fayzhall et al., “PELATIHAN STRATEGI PEMASARAN BERBASIS DIGITAL PRODUK UMKM KAMPUNG TEMATIK DRUM BUJANA, TIGARAKSA, TANGERANG,” vol. 2, no. 2, pp. 128–135, 2022.
J. Febriantoko and H. Rotama, “Evaluasi Potensi Penerimaan Pendapatan Asli Daerah Bidang Pariwisata Di Indonesia,” Ekuivalensi Jur nal Ekon. Bi sni s Eval., vol. 4, pp. 2–15, 2018, [Online]. Available: http://ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/Ekuivalensi/article/view/134.
Winanti et al., “Gamification for E-Tourism Based on Virtual Reality Study on Indonesia Tourism,” 9th Int. Conf. ICT Smart Soc. Recover Together, Recover Stronger Smarter Smartization, Gov. Collab. ICISS 2022 - Proceeding, 2022, doi: 10.1109/ICISS55894.2022.9915241.
M. Tangerang, “Bupati Zaki Dukung Program Kampung Tematik oleh STMIK STIE Insan Pembangunan,” Monitor Tangerang, 2022. https://monitortangerang.com/bupati-zaki-dukung-program-kampung-tematik-oleh-stmik-stie-insan-pembangunan/ (accessed Jul. 27, 2022).
F. S. Gosestjahjanti, S. Basuki, and S. Lestari, “Meningkatkan Produktivitas UMKM dan Ketahanan Pangan Melalui Pelatihan dan Penanaman Pohon pada Kampung Tematik Drum Bujana Kabupaten Tangerang,” vol. 6, no. 1, pp. 139–145, 2023.
DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v6i3.4807
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Tim Redaksi Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal
Email :
abdimas@poltektegal.ac.id
Copyright: Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming p-ISSN:2598-9030 e-ISSN:2614-056X

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



