Peran Mahasiswa Dan Dosen Pendamping Lapangan Dalam Meningkatkan Pembelajaran Di SDN Kelutan 2 Ngronggot Nganjuk

Afiff Yudha Tripariyanto, Lolyka Dewi, Ana Komari, Erika Permata, Sukmawati Adi, Siti Putri, Vicky Vicky

Abstract


Kegiatan Kampus mengajar Merupakan bagian dari  pembelajaran dan pengajaran di satuan pendidikan Dasar dari Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas dengan bekal ilmu yang sudah didapatkan dibangku perkuliahan baik secara teori maupun praktek..Program Kampus Mengajar Bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan beragam keahlian dan keterampilan dengan menjadi mitra guru dan sekolah dalam pengembangan model pembelajaran, juga menumbuhkan kreativitas serta inovasi dalam pembelajaran sehingga berdampak pada penguatan pembelajaran literasi dan numerasi di sekolah. SDN kelutan 2 merupakan salah satu SD yang ada dikecamatan ngronggot yang berbatasan dengan daerah kediri. Metode yang digunakan pada kegiatan pengabdian ini berupa pengajaran langsung baik dikelas maupun diluar kelas membantu Adaptasi Teknologi, dan Administrasi sekolah. Hasil dari kegiatan Pengabdian ini yang pertama adalah semakin maksimalnya kegiatan pembelajaran baik dari mulai kelas bawah sampai kelas atas. Yang kedua adalah siswa siswi semakin antusias dan semangat dalam mengikuti pembelajaran karena menggunakan stimulus-stimulus yang disesuaikan dengan kondisi siswa di SDN Kelutan 2 Ngronggot.yang ketiga sudah melakukan Penataan runag perpustakaan dengan mendata semua buku yang ada diperpustakaan dan dilengkapi dengan kode serta buku peminjaman


Keywords


Literasi, Kampus Mengajar, Perpustakaan, Sekolah Dasar

Full Text:

References


Cahyaning, N. i., Indriayni, s., Rahmawati, D., & Bahtiar. (n.d.). Eksistensi mahasiswa program kampus mengajar angkatan2 dalam peningkatan literasi dan nurmerasi adaptasi teknologi administrasi sekolah dan guru di sdn 04 purwosari kecamatan comal kabupaten pemalang.

Etika, E. D., Pratiwi, S. C., Purnama, D. M., & Al Maida, D. R. (2021). PERAN MAHASISWA KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 2 DALAM. Journal of Educational Integration and Development, 281-290.

Manihuruk, O. M., & Hariyana, N. (2022). PERAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DALAM MENINGKATKAN. JURNAL ABDIMAS PATIKALA, 316-324.

Nurhasanah, Anggun Diyan; Nopianti, Heni;. (n.d.). Peran Mahasiswa Program Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 166-173.

Shabrina, L. M. (2022). Kegiatan Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi. JURNAL BASICEDU, 916-924.

Mengajar, T. P. (2022). Buku Panduan Kampus Mengajar Angkatan 4 Tahun 2022. Program Kampus Mengajar.




DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v6i3.4827

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Tim Redaksi Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal

Email :
abdimas@poltektegal.ac.id

   

Copyright: Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming p-ISSN:2598-9030 e-ISSN:2614-056X 

 

Flag Counter

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats