Workshop Pemanfaatan Smartphone Sebagai Mobile Laboratory Bagi Guru-Guru Fisika

Infianto Boimau, Yabes Olbata

Abstract


Kegiatan ini bertujuan untuk mentransfer pengetahuan dan keterampilan kepada guru-guru terkait pemanfaatan smartphone sebagai mobile laboratory dengan memanfaatkan aplikasi phyphox. Selain itu, kegiatan ini bermanfaat bagi proses pembelajaran pada sekolah-sekolah yang memiliki keterbatasan laboratorium maupun peralatan praktikum. Kegiatan workshop bertempat di SMA Kristen 2 Soe dengan jumlah guru yang terlibat sebanyak 4 orang. Kegiatan ini melatih guru fisika untuk mengembangkan percobaan sains dan fisika sesuai dengan materi yang dipelajari tanpa menggunakan peralatan yang mahal. Disamping itu, kegiatan ini akan memudahkan siswa dalam belajar dan melakukan eksperimen di rumah secara sederhana dan efektif. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu, perancangan dan pelatihan. Metode perancangan digunakan untuk mengembangkan percobaan/ eksperimen sesuai dengan kebutuhan pembelajaran, sedangkan metode pelatihan digunakan untuk melatih guru dalam mengembangkan dan melakukan eksperimen berbasis smartphone. Kegiatan yang telah dilakukan memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mitra untuk mengembangkan percobaan/ eksperimen fisika berbasis smarphone. Hasil yang diperoleh dalam kegiatan ini adalah semua peserta yang mengikuti kegiatan workshop mampu memanfaaatkan smartphone sebagai mobile laboratory untuk melakuikan kegiatan percobaan. Selain itu, peserta pelatihan termotivasi dan berkomitmen untuk mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dalam pembelajaran di kelas masing-masing.

Keywords


eksperimen, laboratorium, phyphox, smartphone

Full Text:

References


Nuryantini, A. Y., Yudhiantara, R. A., (2019), The Use of Mobile Application as a Media in Physics Learning, Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 5(1): pp. 72-78.

Nuryantini, A. Y., Zakwandi, R., Ariayuda, M. A., (2021), Home-Made Simple Experiment to Measure Sound Intensity using Smartphones, Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 10(1): pp. 159–166.

Sukariasih, L., Erniwati, Sahara, L., Hariroh, L., Fayanto, S., (2019), Studies the use of smartphone sensor for physics learning, Int. J. Sci. Technol. Res., 8(10): pp. 862–870.

Carroll, R., Lincoln, J., (2020), Phyphox app in the physics classroom, Phys. Teach., 58(8), pp. 606–607.

S. S, H. S, H. H, and S. C, (2018), Advanced tools for smartphone- based experiments : phyphox, Phys. Educ. 54.

Malik, A., Ubaidillah, M., (2021), The Use of Smartphone Applications in Laboratory Activities in Developing Scientific Communication Skills of Students, Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(1): pp. 76–84.

Boimau, I., Boimau, A. Y., Liu, W., (2021), Eksperimen Gerak Jatuh Bebas Berbasis Smartphone Menggunakan Aplikasi Phyphox, Seminar Nasional Fisika, Program Studi Fisika, Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Nusa Cendana, Kupang, 30 Oktober.

Dorsel, D., Hutz, S., Staacks, S., (2019), Phyphox-Teaching Physics With Smartphone Experiments, The 10th International Conference on Physics Teaching in Engineering Education PTEE, The Hague University of Applied Science, Delft, The Netherlands, May 23-24.

Slipukhina, I., Chernetckiy, I., Kurylenko, N., Mieniailov, S., Podlasov, S., (2020), Applied aspects of instrumental digital didactics: M-learning with the use of smartphone sensors, CEUR Workshop Proc., 2740: pp. 173–187.




DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v6i3.4893

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Tim Redaksi Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal

Email :
abdimas@poltektegal.ac.id

   

Copyright: Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming p-ISSN:2598-9030 e-ISSN:2614-056X 

 

Flag Counter

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats