Pendampingan Membaca Buku Cerita Bergambar dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak

Yuni Awalaturrohmah Solihah, Lena Magdalena, Viar Dwi Kartika, Aan Kanivia

Abstract


Pendampingan membaca anak-anak dapat dijadikan solusi untuk meningkatkan kemampuan literasi anak di era yang modern ini. Dikarenakan perkembangan teknologi, anak-anak lebih condong untuk bermain telepon genggam dibandingkan membaca buku cetak. Salah satunya anak-anak di lingkungan RW. 04 Sitimulya Kelurahan Kasepuhan Kecamatan Lemahwungkuk Kota Cirebon yang mana mereka belum menerapkan gemar membaca untuk mengembangkan kemampuan literasi. Metode yang diterapkan dalam kegiatan pengabdian ini adalah kegiatan pendampingan membaca dan pengembangan soft skill selama dua kali. Dalam kegiatan ini, setiap anak diberikan pendamping masing-masing supaya lebih intensif dalam program kegiatan ini dalam membaca cerita bergambar. Evaluasi kegiatan ini didapat dari hasil pretest dan postest kemampuan literasi dan wawancara kepada anak-anak tersebut. Terdapat kenaikan nilai rata-rata anak-anak sebelum dan sesudah kegiatan pendampingan ini dalam peningkatan kemampuan literasi melalui buku cerita bergambar. Selain itu, hasil dari wawancara menunjukkan persepsi positif terhadap kelangsungan pendampingan membaca ini menunjukkan bahwa kegiatan pendampingan ini memberikan dampak positif kepada anak-anak. Anak-anak merasa senang dan mengharapkan diadakan kegiatan pendampingan di kemudian hari karena kegiatan ini menumbuhkan gemar membaca cerita yang berkaitan dengan peningkatan kemampuan literasi anak.

Keywords


Buku Cerita Bergambar, Literasi, Membaca, Pendampingan

Full Text:

References


Samsiyah, N, Maruti, E, Suharto, T.V., Hanif, M. 2022. Pelatihan Literasi Baca Berbasis Android Bagi Guru Sekolah Dasar di Kota Madiun, JMM: Jurnal Masyarakat Mandiri, No. 3, Vol. 6, 1808-1816, :https://doi.org/10.31764/jmm.v6i3.7785.

Kemendikbud. (2017). Modul dan pedoman pelatihan fasilitator gerakan literasi nasional. https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads/2017/08/modul-pedoman-pelatihan-fasilitator-gln.pdf

Priyatni, E. T., 2014. Desain pembelajaran bahasa Indonesia dalam kurikulum 2013. Bumi Aksara, Jakarta.

Mulyaningtyas, R., & Setyawan, B. W. (2021). Aplikasi Let’s Read Sebagai Media Membaca Nyaring Untuk Anak Usia Dini, Estetika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia., No.1, Vol. 3, 33–46, :https://doi.org/10.36379/estetika.v3i1.150.

Marwati, M.B. 2018. Pengaruh Penggunaan Media Buku Cerita Terhadap Kemampuan Membaca Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD, JKPD: Jurnal kajian Pendidikan Dasar., No. 1, Vol. 3, 451-461, :https://doi.org/10.26618/jkpd.v3i1.1174.

Apriliani, S.W., Radia, W. H. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Basicedu., No. 4, Vol. 4, 994-1003, ;https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.492.

Afnida, M., Fakhriah & Fitriani, D. (2016). Penggunaan Buku Cerita Bergambar Dalam Pengembangan Bahasa Anak, Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 53–54.

Tarigan, N. T. (2018). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Baca, Jurnal Curere., Vol. 2, 141–150, ;http://dx.doi.org/10.36764/jc.v2i2.157.

Kiptiyah, S.M., Purwati, P.D., Purwanti, E., Nugraheni, N., Andriani, A.E., Putra, G.M.C. 2022. Pendampingan dan Pelatihan Asesmen Literasi Membaca dan Numerasi Berbasis TIK, Jurnal Abdimas PHB, No. 3, Vol. 5, 545-552, ; https://doi.org/10.30591/japhb.v5i3.3340.

Syaefudin, M., & Wijayanti, R.I. 2022. Literasi Media Sosial di Kalangan Ibu-Ibu Pengajian Muslimat NU dalam Menghindari Hoax, Jurnal Abdimas PHB, No. 3, Vol. 5, 597-605, ; https://doi.org/10.30591/japhb.v5i3.3106.

Putri, M., Ajahari, Marsiah, Anshari, M.R. 2023. Peningkatan Hafalan Surat Pendek dengan Metode One Day One Ayat pada Anak-anak, Jurnal Abdimas PHB, No. 1, Vol. 6, 273-279, ; https://doi.org/10.30591/japhb.v6i1.3887.

Almasyhari, A.K., Sari, Y.P., Sukesti, F. 2022. Edukasi Literasi Digital: Peningkatan Kesadaran Masyarakat dalam Perlindungan Data Pribadi dan Kaitannya Terhadap Financial Technology, Jurnal Abdimas PHB, No. 3, Vol. 5, 449-453, ; https://doi.org/10.30591/japhb.v5i3.3849.




DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v6i4.5107

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Tim Redaksi Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal

Email :
abdimas@poltektegal.ac.id

   

Copyright: Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming p-ISSN:2598-9030 e-ISSN:2614-056X 

 

Flag Counter

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats