Edukasi Pemasaran dan Branding Pada UMKM di Paguyuban Ulam Raos Sejahtera Semarang

C Tri Widiastuti, Nuria Universari, Rr Lulus Prapti N.S.S

Abstract


Pengabdian kepada Masyarakat pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Paguyuban Ulam Raos Sejahtera Semarang difokuskan pada permasalahan mitra yaitu lemahnya pengetahuan pemasaran dan branding, solusi yang diberikan dengan edukasi pemasaran dan branding agar pelaku usaha mendapatkan pengetahuan yang baik tentang pemasaran dan branding. Sehingga dapat melakukan pemasaran produk dan memperkuat branding produk bandeng presto. Tujuan kegiatan PkM meningkatkan pengetahuan pemasaran dan branding. Dengan pemasaran dan penguatan branding pelaku UMKM dapat meningkatkan penjualan, daya saing, dan kelangsungan usaha. Kegiatan ini diikuti oleh 15 anggota paguyuban Ulam Raos Sejahtera. Metode kegiatan PkM ini dilakukan dengan tahapan pra survey, memberikan edukasi pemasaran, branding produk bandeng presto, pendampingan dan evaluasi dengan preetest dan posttest. Hasil Kegiatan PkM menunjukkan bahwa Mitra UMKM Bandeng Presto yang tergabung dalam paguyuban Ulam Raos Sejahtera mengalami peningkatan pengetahuan pemasaran dan branding sebesar 82,05%. Mitra mampu menyerap dan memahami ilmu pemasaran dan branding yang diberikan dengan baik serta menciptakan branding yang unik dan menarik. Pemasaran dan branding sangat penting bagi pelaku UMKM dalam rangka meningkatkan efektivitas penjualan dan pendapatan, mempertahankan usaha, serta meningkatkan daya saing.


Keywords


Branding Edukasi, Pemasaran, UMKM

Full Text:

References


Kasali (2017). Manajemen Public Relations. Jakarta: PT Pustaka UtamaGrafiti.

Kotler, P. & Armstrong, G. (2017), Prinsip- Prinsip Pemasaran Edisi 12. Penerbit

Erlangga.

Nugraha, H., S., & Darwanto, F., A. (2017). Penerapan Branding Pada UKM Makanan Ringan di Kabupaten Jepara. Jurnal Administrasi Bisnis. 6(1). 16-21. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/janis/article/view/16602/12123

Sukmasetya, P., Rochiyanto, A., Hidayat, C. N., Nafiah, A., & Sari, N. I. (2021). Implementasi Digital Branding sebagai Upaya Peningkatan Mutu Produksi Industri Kreatif Rumah Tangga. Community Empowerment, 6(3), 336-342. https://journal.unimma.ac.id/index.php/ce/article/view/3793.

Rejeki, S., Agustini, A., W., Ariyati, R., W., Widowati, & Susilowati. 2022. Penambahan Nilai Pasca Panen Dalam Pengolahan Hasil Tambak si.stem Leisa dan Imta. Jurnal Pasopati. 4(4).231-239. https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/pasopati/article/view/16063/0

Siswati, A., Kusuma, G., I. & Rofiq, M., (2022). Improving the quality and production capacity of Bandeng Presto Business Posdaya ASLI, Malang City. Community Empowerment. 7-11. 1888-1897. https://journal.unimma.ac.id/index.php/ce/article/view/8154

Ishak. (2005). Akuntansi Keprilakuan. Medan: FE Universitas Muslim Indonesia

Hasan, A. (2008). Marketing. Yogyakarta. Media Pressindo.

Feriyana. (2020). Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Pemasaran “Tempe Kriuk” Ibu Yus Di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur. Jurnal Budimas. 3(1). DOI :10.29040/budimas.v3i1.1629.

Kertajaya, H. (2009). MarkPlus on Strategy: 12 Tahun Perjalanan MarkPlus & Co Membangun Strategi Perusahaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Nicolino, Patricia F. (2014). Brand Management: The Complete Ideal’s Guides. Prenada Media, Jakarta.

Widiastuti, C., T., Widayat, G., M., Kharisma, D., Prasetyani, E., T., & Fatkhur. D., F., I. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Pemasaran Online bagi UMKM di Kelurahan Mlatibaru Semarang. Jurnal Budimas. 4(1). 1-8. https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/JAIM/article/view/3261.

Pratikto, H., Ichsani, S. A., & Prabawati, K. (2019). Edukasi Membuat Kerajinan Tangan Tempat Alat Tulis Dari Botol Bekas. Jurnal Abdikarya: Jurnal Karya Pengabdian Dosen dan Mahasiswa, 3(1). 18-20.

Krisdiana, I., Ismarisa, A., & Fachmi, R., F., M. (2022). Pelatihan Pembuatan Branding Pada Usaha Krupuk Puli “Sopo Nyono” Ngepeh Kabupaten Madiun. Jurnal Abdimas PHB. 5(4). 662-667. https://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/abdimas/article/view/3445

Fadhliana, N.R., et al. (2023). Pelatihan Digital Marketing dan Branding Produk UMKM di Kelurahan Baru Ilir Balikpapan. Jurnal Abdimas PHB. 6(3). 825-834. https://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/abdimas/article/view/4867/pdf_269




DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v6i4.5268

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Tim Redaksi Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal

Email :
abdimas@poltektegal.ac.id

   

Copyright: Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming p-ISSN:2598-9030 e-ISSN:2614-056X 

 

Flag Counter

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats