Learning Management System Menggunakan Edmodo Pada SMK Ma’arif NU 1 Cilongok

M Yoka Fathoni, Dwi Mustika Kusumawardani, Sena Wijayanto, Yogo Dwi Prasetyo, Sandhy Fernandez, Muhammad Awiet Wiedanto, Toni Anwar

Abstract


Kegiatan pengabdian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya mengoptimalkan pembelajaran menggunakan teknologi di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 yang mengharuskan pembelajaran berkonversi dari manual menuju digital. Tantangan guru menghadapi keterbatasan situasi pandemi Covid-19 untuk berlatih pembelajaran secara daring. Pengembangan Learning Management System (LMS) berbasis website bertujuan untuk membantu guru-guru dalam metode pengajaran, kepraktisan berdasarkan angket respon peserta didik serta keefektifan modul berdasarkan ketuntasan belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan desain berdasarkan  hasil  observasi  pada  tenaga  pengajar  di  SMK Ma’arif NU 1 Cilongok  dapat  diketahui  bahwa guru masih belum dapat membangun pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi yang ada yaitu komputer dan internet. Sehingga hasil pembelajaran dirasa kurang maksimal. Oleh karena itu, perlu kiranya dikembangkan Tutorial Edmodo untuk Tenaga Pengajar yang berisi tutorial penggunaan dan pemanfaatan Edmodo dalam pembelajaran agar dapat digunakan tenaga pengajar untuk untuk memecahkan masalah tersebut.

Keywords


Learning Management System, Edmodo, Pembelajaran

Full Text:

References


M. Y. Fathoni, D. Darmansah, S. Wijayanto, and D. Aldo, “Pengenalan E-Commerce Pada Pokdarwis Desa Cikakak Dalam Hal Upaya Pengembangan UMKM,” IJCOSIN Indones. J. Community Serv. Innov., vol. 2, no. 2, pp. 112–118, 2022.

M. Y. Fathoni, S. Wijayanto, S. Fernandez, and D. Aldo, “Strategi Pemasaran Produk UMKM Desa Cikakak Berbasis Teknologi,” vol. 6, no. 1, pp. 167–172, 2023.

F. Hidayat and M. Nizar, “Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam,” J. Inov. Pendidik. Agama Islam, vol. 1, no. 1, pp. 28–38, 2021.

N. Sugihartini and K. Yudiana, “Addie Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (Mie) Mata Kuliah Kurikulum Dan Pengajaran,” J. Pendidik. Teknol. dan Kejuru., vol. 15, no. 2, pp. 277–286, 2018.

T. D. Kurnia, C. Lati, H. Fauziah, and A. Trihanton, “Model ADDIE Untuk Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Berbantuan 3D,” Semin. Nas. Pendidik. Mat., vol. 1, no. 1, pp. 516–525, 2019.

R. Rossi, “Data Science Education Based on ADDIE Model and the EDISON Framework,” Proc. - 2021 Int. Conf. Big Data Eng. Educ. BDEE 2021, pp. 40–45, 2021.

R. Agustien, N. Umamah, and S. Sumarno, “Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dua Dimensi Situs Pekauman di Bondowoso Dengan Model Addie Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS,” J. Edukasi, vol. 5, no. 1, p. 19, 2018.

F. G. Constancio et al., “Extended ADDIE Model for improved Distance Learning Courses,” Proc. - Front. Educ. Conf. FIE, vol. 2018-October, no. 1, pp. 1–5, 2019.

W. Ma and L. Zhang, “The Development and Practice of Course Building Information Modeling Based on ADDIE Model,” Proc. - 2021 3rd Int. Conf. Internet Technol. Educ. Informization, ITEI 2021, pp. 248–251, 2021.

L. Min, L. Xiaohong, and M. Yan, “Research on the Blended Teaching Design of Wisdom Classroom under the ADDIE Model,” Proc. - 2022 4th Int. Conf. Comput. Sci. Technol. Educ. CSTE 2022, pp. 87–91, 2022.




DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v6i3.5295

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Tim Redaksi Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal

Email :
abdimas@poltektegal.ac.id

   

Copyright: Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming p-ISSN:2598-9030 e-ISSN:2614-056X 

 

Flag Counter

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats