Pemanfaatan Literasi Digital Terhadap Pengajaran Membaca Bahasa Inggris Pada Anak, Guru dan Orang Tua
Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memberikan pengaruh dalam pengajaran bahasa. Sehingga diperlukan kegiatan literasi digital yaitu kemampuan seseorang untuk menggunakan teknologi digital secara efektif, termasuk dalam konteks pengajaran. Akan tetapi, banyak siswa sekolah dasar yang menggunakan gadgetnya untuk mencari hiburan dan bermain games dari pada informasi. Oleh karena itu, penyelenggaraan pengabdian masyarakat ini berupa pelatihan dalam pemanfaatan literasi digital. Tujuannya untuk meningkatkan minat dan mengembangkan keterampilan membaca teks bahasa Inggris pada siswa sekolah dasar dengan melibatkan guru, dan orang tua dalam proses pengajaran baik disekolah maupun dirumah dengan menggunakan website https://www.letsreadasia.org/. Kegiatan ini di laksanakan di SDIT Birrul Walidain kabupaten Serang provinsi Banten pada siswa kelas 5 dan kelas 6 berjumlah 88 peserta, dengan melakukan pendampingan. Hasil dari kegiatan PKM menggunakan Literasi Digital dalam Pengajaran Membaca Bahasa Inggris untuk Siswa Tingkat Sekolah Dasar, menunjukkan bahwa teks dalam bentuk buku audio merupakan cara yang menarik, menyenangkan dan efektif bagi siswa untuk mengembangkan keterampilan membaca bahasa Inggris. Hal ini menunjukkan respon positif untuk dilakukan pelatihan yang lebih mendalam untuk meningkatkan kemampuan membaca teks bahasa Inggris siswa sekolah dasar.
Keywords
References
KBBI., 2008, Arti kata gadget - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. https://kbbi.web.id/gadget
KPAI., 2021. PENGASUHAN ANAK DI ERA DIGITAL PADA MASA PANDEMI.
Nikmawati, N., Bintoro, H. S., & Santoso, S.,2021, Dampak Penggunaan Gadget terhadap Hasil Belajar dan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 254-259. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22310
Andriyani, I. N., 2018. Pendidikan anak dalam keluarga di era digital. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam, 7(1), 789-802. https://doi.org/10.32806/jf.v7i1.3184
Hasanah, U., & Deiniatur, M., 2019, Membangun Budaya Membaca PadaAnak Usia Dini Di Era Digital. AtTajdid, 03(01), 10–24. http://dx.doi.org/10.24127/att.v3i01.973
Hidayatuladkia, S. T., Kanzunnudin, M., & Ardianti, S. D. (2021). Peran orang tua dalam mengontrol penggunaan gadget pada anak usia 11 tahun. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 363-372. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38996
Al Hakim, M. F., & Azis, A. (2021). Peran guru dan orang tua: Tantangan dan solusi dalam pembelajaran daring pada masa pandemic COVID-19. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 4(1), 16-25. https://doi.org/10.24815/jr.v4i1.19677
Sayekti, R., & Mardianto. ( 2019 ). Perpustakaan Digital: Mengukur Penerimaan Inovasi Teknologi. Medan: Perdana Publishing
Al Hakim, M. F., & Azis, A., 2021, Peran guru dan orang tua: Tantangan dan solusi dalam pembelajaran daring pada masa pandemic COVID-19. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 4(1), 16-25. https://doi.org/10.24815/jr.v4i1.19677
Sayekti, R., & Mardianto., 2019. Perpustakaan Digital: Mengukur Penerimaan Inovasi Teknologi. Medan: Perdana Publishing
Farhani, F., Prasetyawan, A., & Widyartono, D., 2022, Persepsi orang tua terhadap aplikasi let’s read digital library. BIBLIOTIKA: Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 6(1), 108-123. http://dx.doi.org/10.17977/um008v6i12022p108-123
Rahayu, T., Mayasari, T., & Huriawati, F.,2019. Pengembangan Media Website Hybrid Learning berbasis Kemampuan Literasi Digital dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 130. http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v7i1.1567
Zahro, I. F., Atika, A. R., & Westhisi, S. M., 2019. Strategi Pembelajaran Literasi Sains Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 121–130. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.121-130
Ediati, A., Rahmandani, A., Kahija, Y. F. La, Sakti, H., & Kaloeti, D. V. S.,2018. Seminar Nasional Kolaborasi Pengabdian Pada Masyarakat. Program Peningkatan Literasi Media Digital Terintegrasi Pada Siswa Melalui Psikoedukasi Orangtua Dan Guru Di SD Negeri Tembalang Semarang, 1, 424–428. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snkppm/article/view/45/34
Khasanah, U., & Herina., 2019. Prosiding seminar nasional pendidikan program pascasarjana universitas PGRI palembang. Membangun Karakter Siswa Melalui Literasi Digital Dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21 (Revolusi Industri 4.0), 2, 999–1015. http://dx.doi.org/10.24127/att.v3i01.973
Utami, T. W. P., Nasirun, M., & Ardina, M., 2019. Studi Deskriptif Kemandirian Anak Kelompok B di PAUD Segugus Lavender. Junal Ilmiah Potensia, 4(2), 151–160. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.151-160
DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v6i4.5414
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Tim Redaksi Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal
Email :
abdimas@poltektegal.ac.id
Copyright: Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming p-ISSN:2598-9030 e-ISSN:2614-056X
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.