Pemanfaatan Literasi Digital Terhadap Pengajaran Membaca Bahasa Inggris Pada Anak, Guru dan Orang Tua

Yuli Rohmiyati, Rosita Rosita

Abstract


Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memberikan pengaruh dalam pengajaran bahasa. Sehingga diperlukan kegiatan literasi digital yaitu  kemampuan seseorang untuk menggunakan teknologi digital secara efektif, termasuk dalam konteks pengajaran. Akan tetapi, banyak siswa sekolah dasar yang menggunakan gadgetnya untuk mencari hiburan dan bermain games  dari pada informasi. Oleh karena itu, penyelenggaraan pengabdian masyarakat ini berupa  pelatihan dalam pemanfaatan literasi digital. Tujuannya untuk  meningkatkan minat dan mengembangkan keterampilan membaca teks bahasa Inggris pada siswa sekolah dasar dengan melibatkan guru, dan orang tua dalam proses pengajaran baik disekolah maupun dirumah dengan menggunakan website https://www.letsreadasia.org/. Kegiatan ini di laksanakan di SDIT Birrul Walidain kabupaten Serang provinsi Banten pada  siswa kelas 5 dan kelas 6 berjumlah 88 peserta, dengan melakukan pendampingan. Hasil dari kegiatan PKM menggunakan Literasi Digital  dalam Pengajaran Membaca Bahasa Inggris untuk Siswa Tingkat Sekolah Dasar, menunjukkan  bahwa teks dalam bentuk buku audio merupakan cara yang menarik, menyenangkan dan efektif bagi siswa untuk mengembangkan keterampilan membaca bahasa Inggris. Hal ini menunjukkan respon positif untuk dilakukan pelatihan yang lebih mendalam untuk meningkatkan kemampuan membaca teks bahasa Inggris siswa sekolah dasar.


Keywords


Literasi Digital, Letsreadasia.Org , Membaca Teks Bahasa Inggris, Siswa Sekolah Dasar

Full Text:

References


KBBI., 2008, Arti kata gadget - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. https://kbbi.web.id/gadget

KPAI., 2021. PENGASUHAN ANAK DI ERA DIGITAL PADA MASA PANDEMI.

Nikmawati, N., Bintoro, H. S., & Santoso, S.,2021, Dampak Penggunaan Gadget terhadap Hasil Belajar dan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 254-259. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22310

Andriyani, I. N., 2018. Pendidikan anak dalam keluarga di era digital. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam, 7(1), 789-802. https://doi.org/10.32806/jf.v7i1.3184

Hasanah, U., & Deiniatur, M., 2019, Membangun Budaya Membaca PadaAnak Usia Dini Di Era Digital. AtTajdid, 03(01), 10–24. http://dx.doi.org/10.24127/att.v3i01.973

Hidayatuladkia, S. T., Kanzunnudin, M., & Ardianti, S. D. (2021). Peran orang tua dalam mengontrol penggunaan gadget pada anak usia 11 tahun. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 363-372. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38996

Al Hakim, M. F., & Azis, A. (2021). Peran guru dan orang tua: Tantangan dan solusi dalam pembelajaran daring pada masa pandemic COVID-19. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 4(1), 16-25. https://doi.org/10.24815/jr.v4i1.19677

Sayekti, R., & Mardianto. ( 2019 ). Perpustakaan Digital: Mengukur Penerimaan Inovasi Teknologi. Medan: Perdana Publishing

Al Hakim, M. F., & Azis, A., 2021, Peran guru dan orang tua: Tantangan dan solusi dalam pembelajaran daring pada masa pandemic COVID-19. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 4(1), 16-25. https://doi.org/10.24815/jr.v4i1.19677

Sayekti, R., & Mardianto., 2019. Perpustakaan Digital: Mengukur Penerimaan Inovasi Teknologi. Medan: Perdana Publishing

Farhani, F., Prasetyawan, A., & Widyartono, D., 2022, Persepsi orang tua terhadap aplikasi let’s read digital library. BIBLIOTIKA: Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 6(1), 108-123. http://dx.doi.org/10.17977/um008v6i12022p108-123

Rahayu, T., Mayasari, T., & Huriawati, F.,2019. Pengembangan Media Website Hybrid Learning berbasis Kemampuan Literasi Digital dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 130. http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v7i1.1567

Zahro, I. F., Atika, A. R., & Westhisi, S. M., 2019. Strategi Pembelajaran Literasi Sains Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 121–130. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.121-130

Ediati, A., Rahmandani, A., Kahija, Y. F. La, Sakti, H., & Kaloeti, D. V. S.,2018. Seminar Nasional Kolaborasi Pengabdian Pada Masyarakat. Program Peningkatan Literasi Media Digital Terintegrasi Pada Siswa Melalui Psikoedukasi Orangtua Dan Guru Di SD Negeri Tembalang Semarang, 1, 424–428. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snkppm/article/view/45/34

Khasanah, U., & Herina., 2019. Prosiding seminar nasional pendidikan program pascasarjana universitas PGRI palembang. Membangun Karakter Siswa Melalui Literasi Digital Dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21 (Revolusi Industri 4.0), 2, 999–1015. http://dx.doi.org/10.24127/att.v3i01.973

Utami, T. W. P., Nasirun, M., & Ardina, M., 2019. Studi Deskriptif Kemandirian Anak Kelompok B di PAUD Segugus Lavender. Junal Ilmiah Potensia, 4(2), 151–160. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.151-160




DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v6i4.5414

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Tim Redaksi Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal

Email :
abdimas@poltektegal.ac.id

   

Copyright: Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming p-ISSN:2598-9030 e-ISSN:2614-056X 

 

Flag Counter

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats