Pemberdayaan Pariwisata Melalui Teater Budaya Jalawastu Berbasis Digitalisasi Sebagai Upaya Eduwisata

ghufroni ghufroni, laelia nurpratiwiningsih, Nur Ariesanto Ramdhan

Abstract


Salah satu keberadaan destinasi pariwisata di kabupaten Brebes yang sedang dikembangkan dan disosialisasikan adalah kampung budaya Jalawastu. Keberadaanya belum dikenal masyarakat Brebes dan sekitarnya karena masih rendahnya kunjungan wisata baik edukatif maupun non edukatif, hal ini akibat kurangnya perencanaan pengembangan, rendahnya sumber daya manusia dan daya saing teknologi. Melalui Kelompok Sadar Pariwisata (POKDARWIS) kabupaten Brebes yang tergabung dalam grup Seni Sandiwara “Kolak Janda” (kolaborasi aksi Seni Jawa dan Sunda) bertugas mempromosikan melalui pementasan sandiwara keliling yang hanya mengandalkan prinsip GILA (gali ide langsung action). Permasalahan mitra dalam pengabdian ini yaitu anggota Kolak Janda belum memiliki pengetahuan teater berbasis digitalisasi dan belum siap menggunakan teknologI website. Pengabdian ini sangat penting dengan tujuan memberikan pelatihan kepada mitra  sejumlah 20 peserta untuk memperoleh pengetahuan teater/kajian drama, budaya Jalawastu dan digitalisasi sebagai upaya eduwisata. Metode yang digunakan yaitu 1) perencanaan meliputi; survey dan wawancara 2) Pelaksanaan pelatihan teater berbasis digitalisasi. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan perkembangan yang signifikan, dengan data awal menunjukkan pemahaman anggota Kolak Janda sebesar 15,03% pada saat pretest. Setelah mengikuti pelatihan, pemahaman mereka meningkat menjadi 85,71% pada posttest. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan sebesar 70,68% dalam kemampuan memahami pengetahuan dan keterampilan, menerapkan teater/drama serta penggunaan website teater budaya Jalawastu.

Keywords


Pemberdayaan Pariwisata; Teater; Budaya Jalawastu; Digitalisasi; Eduwisata

Full Text:

References


K. Sofianto, D. Mahzuni, A. Kosasih, W. Nugrahanto, E. Saringendyanti, and E. W. Koeshandoyo, Simpay Saliara; Dinamika Keagamaan Masyarakat Tatar Sunda dalam Bingkai Sejarah dan Kebudayaan. Bandung: CV. Semiotika, 2023.

E. Kurniawan, “Analisis Potensi Obyek Wisata Hutan Mangrove Pandansari Sebagai Eduwisata/Wisata Edukasi di Desa Kaliwlingi Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes,” Edu Geogr., vol. 9, no. 1, pp. 78–88, 2021, [Online]. Available: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/edugeo/article/view/47238/19113.

N. Supiana, S. Maqin, S. Hasna, and N. Karyadi, “Implementasi Aplikasi Wisata Kabupaten Tangerang ( Appatar ) sebagai Media Promosi Pariwisata di Kabupaten Tangerang,” J. Abdimasn PHB, vol. 6, no. 3, pp. 835–843, 2023.

E. Susanto, M. T. Zuhri, and K. Muwuri, “Konsep Pengembangan Desa Ekowisata Pampang Berbasis Partisipasi,” Krit. J. Stud. Pembang. Interdisiplin, vol. XXVIII, no. 2, pp. 149–161, 2019.

R. Priyanto, D. Syarifuddin, and S. Martina, “Perancangan Model Wisata Edukasi di Objek Wisata Kampung Tulip,” J. Abdimas BSI J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 1, p. 15, 2018.

T. S. Lestari and T. Suminar, “Pemberdayaan sebagai Upaya Peningkatan Konservasi Budaya Lokal di Desa Menari Tanon,” J. Nonform. Educ. …, vol. 4, no. 1, pp. 1–16, 2020.

C. Umam, F. S. P. Pangesti, and E. I. Yuslistyari, “Pemberdayaan Pokdarwis Tazgk Dalam Pengembangan Desa Wisata Di Kaduengang,” Sawala J. Pengabdi. Masy. Pembang. Sos. Desa dan Masy., vol. 1, no. 1, p. 17, 2020, doi: 10.24198/sawala.v1i1.25838.

A. Manshur, U. N. Ulama, and S. Giri, “Pemberdayaan Masyarakat melalui Pengembangan Wisata Edukasi dan Rekreasi Kampung Nelayan,” MAFAZA;Jurnal Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 1, p. 2021, 2021, [Online]. Available: http://amp-kompas-com.ampproject.org/v/s/amp.kompas.com,.

J. Andini, “Pelatihan Ekstrakurikuler Teater Pada Siswa,” J. Pendidik. Sendratasik, vol. 12, no. 2, pp. 307–322, 2023.

A. Noorhayati Sutisno and A. H. idayat Afendi, “Penerapan Konsep Edu-Ekowisata Sebagai Media Pendidikan Karakter Berbasis Lingkungan,” J. Ecolab, vol. 12, no. 1, pp. 1–11, 2018, doi: 10.20886/jklh.2018.2.1.1-11.

A. Fuady, E. Agustiawan, Z. Abidin, and S. S. Faradiba, “Pelatihan Pembelajaran Media Digital Berbasis Power Point Materi Statistika pada Mahasiswa,” J. Abdimasn PHB, vol. 6, no. 3, pp. 923–929, 2023.

N. Herlina, Y. Herdrayana, I. Adhya, and A. Nurlaila, “Pemberdayaan Kelompok Masyarakat dalam Pembuatan Kompos Desa Cikondang Kabupaten Kuningan Jawa Barat,” J. Abdimas PHB, vol. 6, no. 3, pp. 970–976, 2023.

P. Studi, I. Pendidikan, and G. Sekolah, “JurnalBahasa,SastraIndonesia,danPengajarannya,” vol. 3.

G. Ghufroni and M. Ratna Dewi, “Pengembangan Bahan Ajar Bermain Drama Dengan Model Pembelajaran Savi Pada Siswa Sma,” J. Ilm. Semant., vol. 1, no. 1, pp. 31–46, 2019, doi: 10.46772/semantika.v1i1.80.

P. Y. Kurniawan, “Pengembangan Bahan Ajar Interaktif dengan Menggunakan Aplikasi Lectora Inspire untuk Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,” J. Pendidik. Bhs. dan Sastra Indones. Met., vol. 6, no. 1, pp. 37–42, 2021.




DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v6i4.5981

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Tim Redaksi Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal

Email :
abdimas@poltektegal.ac.id

   

Copyright: Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming p-ISSN:2598-9030 e-ISSN:2614-056X 

 

Flag Counter

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats