Pelatihan Menumbuhkan Kreativitas Anak Sejak Usia Dini di PG Paud Lae Lak-Lak
Abstract
Masa-masa pembelajaran yang sangat penting adalah dari usia PAUD karena pada masa tersebut anak usia dini akan mengalami proses pertumbuhan, perkembangan dan pembentukan karakter anak. Pengalaman- pengalaman anak usia dini sangat berpengaruh besar terhadap kreativitas anak, kemandirian anak dan perkembangan anak usia dini. Bedasarkan observasi dan wawancara, bahwasannya anak PG Paud Lae Lak-lak masih belum memiliki kreativitas dan kesulitan untuk berkreasi, belum terlihatnya bakat yang dimiliki anak. Kurangnya tenaga pengajar juga membuat guru tersebut sering kewalahan menghadapi anak sehingga pembelajaran tentang kreativitas anak sering terabaikan. Tujuan dari kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan dan menumbuhkan kreativitas siswa PG Paud Lae Lak-Lak. Metode yang dilakukan adalah sosialisasi dan permainan yang diikuti 15 peserta. Berdasarkan hasil pengamatan kreativitas anak PG Paud memiliki kreativitas berkembang sesuai harapan,(53,33%) dan kreativitas mulai berkembang (40 %) dan 0.67% berkembang sangat baik.
Keywords
References
S. Mulyati and A. A. Sukmawijaya, “Meningkatkan kreativitas pada anak,” J. Inov. dan Kewirausahaan, vol. 2, no. 2, pp. 124–129, 2013.
Kemendikbud, PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI Direktorat. 2020.
T. Ariyanti, “The Importance of Childhood Education for Child Development,” Din. J. Ilm. Pendidik. Dasar, vol. 8, no. 1, pp. 50–58, 2016.
A. R. Syahbania et al., “Positif Di Rumah Bermain Ceria Serpong,” pp. 1–4, 2022.
A. R. P. Ardiana Puspitasari, “Pengembangan Kreativitas Anak Usia 6 – 9 Tahun Melalui Kegiatan Mewarnai Di Desa Carangrejo,” vol. 1, no. 1, pp. 1–14, 2004.
Darmi, “PERKEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN MENGGAMBAR DI TAMAN KANAK KANAK ISLAM NURHASANAH SUKABUMI BANDAR LAMPUNG,” 2019.
A. Aulia and D. Setiawan, “Pentingnya Pembelajaran Musik untuk Anak Usia Dini,” Univ. Hamzanwadi, vol. 6, no. 01, pp. 160–168, 2022, [Online]. Available: https://doi.org/10.29408/goldenage.v6i01.4693
R. Dini Pebrianty and J. Pamungkas, “Menggambar sebagai Alternatif Pendekatan Konsepsi Pendidikan Seni Rupa Anak Usia Dini,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 7, no. 1, pp. 536–547, 2023, doi: 10.31004/obsesi.v7i1.3696.
Eko Raharjo, “Musik sebagai media terapi,” Harmon. J. Arts Res. Educ., vol. 8, no. 3, 2007.
Maita and Subhan, “Peningkatan Ketrampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Kerajinan Tangan,” Tunas Cendekia J. Progr. Stud. Pendidik. Islam Anak Usia Dini, vol. 1, no. 1, pp. 1–14, 2018.
DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v6i4.6020
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Tim Redaksi Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal
Email :
abdimas@poltektegal.ac.id
Copyright: Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming p-ISSN:2598-9030 e-ISSN:2614-056X
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.