Pelatihan Pembuatan Presentasi Menggunakan Media Canva Di SDN Ploso III/174 Surabaya

Slamet Slamet, Abel Indra, Bagaskara Gita Dewanta, Fredriex Pramana Putra, David Julius Sanjaya, Enrico Richie

Abstract


Dengan semakin majunya teknologi dan digitalisasi, dunia pendidikan pun juga harus ikut dalam kemajuan zaman ini. Sekolah Dasar Negeri Ploso III/174 menjadi tempat tujuan dalam melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat. Terdapat masalah sedikitnya tenaga pendidik yang mengajar mata pelajaran TIK dan siswa-siswi tidak mampu membuat presentasi visual yang menarik saat presentasi. Selain itu, cara untuk menyelesaikan tugas tersebut masih individualis dan kurang menyenangkan juga menjadi masalah lain. Pengabdian ini dilakukan untuk mengenalkan dan melatih siswa-siswi SDN Ploso III/174 menggunakan aplikasi Canva. Aplikasi ini merupakan sebuah aplikasi desain grafis yang bisa digunakan berbagai hal yang berhubungan dengan desain, dengan memfokuskan penggunaan aplikasi Canva untuk membuat presentasi. Pelatihan dikhususkan untuk kelas lima dan enam, dikarenakan sedang disiapkan untuk masuk jenjang pendidikan lebih tinggi yaitu Sekolah Menengah Pertama. Pelatihan dibagi dalam dua sesi pertemuan bagi masing-masing kelas, pertemuan pertama mengenalkan dan melatih siswa-siswi secara individu, pertemuan kedua digunakan untuk penguatan ilmu dengan cara membagi siswa dalam beberapa kelompok dan melakukan presentasi di depan kelas. Hasil dari pelatihan ini adalah siswa-siswi dapat menggunakan aplikasi Canva untuk membuat presentasi visual yang lebih kreatif, menarik dan dapat meningkatkan pola belajar secara berkelompok serta membuat pembelajaran lebih menyenangkan.


Keywords


Aplikasi Canva, Desain Grafis, Presentasi, SDN Ploso III/174.

Full Text:

References


U. S. Winataputra, “Landasan Pendidikan Sekolah Dasar,” Universitas Terbuka, pp. 1–1, 2018.

S. Xo, “Pengertian Siswa Sekolah Dasar,” https://www.infomase.com/pengertian-siswa/#Pengertian_Siswa_Sekolah_Dasar.

K. Pendidikan, D. Kebudayaan, B. Penelitian, D. Pengembangan, P. Kurikulum, and D. Pembelajaran, “MUATAN/MATA PELAJARAN INFORMATIKA KURIKULUM 2013,” 2019.

S. Suratni, R. Yuliana, and H. A. U. Husna, “Pendampingan Penulisan Buku Kenangan Sekolah Dasar dengan Teknik Narasi,” Jurnal Abdimas PHB: Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, vol. 6, no. 4, pp. 1265–1273, 2023.

R. Yanuarti, H. A. Al-Faruq, and C. B. Ramadhani, “Flashcard Digital Berbasis Android Kosa Kata Bahasa Inggris Bagi Anak Usia Dini,” Jurnal Abdimas PHB: Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, vol. 6, no. 4, pp. 1215–1228, 2023.

SMA 13 Semarang, “Memanfaatkan Canva sebagai Alat Bantu Pembelajaran,” https://sma13smg.sch.id/2022/10/19/memanfaatkan-canva-sebagai-alat-bantu-pembelajaran/.

H. Himawan and W. Ghozi, “Pengenalan Financial Technology Kepada Petani Bawang Desa Selo Boyolali dengan Media Film,” Jurnal Abdimas PHB: Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, vol. 6, no. 4, pp. 1023–1030, 2023.

M. Nashrullah, “Penggunaan Media Google Form Dalam Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab (Pilihan Ganda),” Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab, vol. 3, no. 1, pp. 30–40, 2021.

P. Pujiati, F. Fanni Rahmawati, and R. Rahmawati, “Pentingnya e-module pembelajaran peserta didik di era revolusi industri 4.0,” 2019.

M. Leku, “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Teknik Presentasi Dalam Pembelajaran PAK di SDN Palsatu Manutapen,” Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), vol. 4, no. 1, 2019.




DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v7i2.6507

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Tim Redaksi Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal

Email :
abdimas@poltektegal.ac.id

   

Copyright: Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming p-ISSN:2598-9030 e-ISSN:2614-056X 

 

Flag Counter

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats