Digital Marketing UMKM Batik Sleker Asri Gandusari Bandongan untuk Memperluas Pasar

R Arri Widyanto, Riki Subagio, Rizki Ferdiansyah, Gilang Satria Putra Ramadhan, Zahsa Okna Andaresti, Lailia Jannatun Na'im

Abstract


Gandusari merupakan salah satu wilayah terluas di Kecamatan Bandongan. Luas wilayah Gandusari 1,06 km2, dengan jumlah penduduk 4.0708 jiwa yang terdiri dari laki-laki berjumlah 2.413 dan perempuan 2.295. Potensi utama desa Gandusari adalah pertanian dan UMKM. Salah satu UMKM yang terdapat di Gandusari adalah industri batik yang bernama Sleker Asri. Usaha ini dirintis mulai tahun 2010 bertujuan meberdayakan masyarakat sekitrnya. Produksi dan pemasaran batik fluktuatif karena produksinya berdasarkan pesanan dan pemasaran yang dilakukan berdasarkan platform whatsapp dan melalui pameran yang diadakan oleh Dinas Perindustrian. Permasalahan lain Batik Sleker Asri belum memiliki papan nama, sehingga keberadaannya tidak dikenali oleh calon pelanggannya. Catatan pembukuan kurang terstruktur pencatatan arus kas, biaya produksi dan pelaporan keuangannya sering tidak sesuai. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah Participation Rural Appraisal (PRA) yang menuntut peran aktif dari mitra. Mitra berpartisipasi dalam menyediakan tempat, mengikuti kegiatan secara aktif, menyediakan konsumsi dan mendukung keberlanjutan program. Hasil kegiatan ini berupa pemanfaatan platform e comerce dengan peningkatan jangkauan pasar. Pemahaman konsep pemasaran digital meningkat 20% dan pemahaman tentang manajemen usaha meningkat menjadi 25%. 


Keywords


Batik, Digital Marketing, E Commerce, PRA, UMKM

Full Text:

References


K. Bandongan and B. Pusat Statistik Kabupaten Magelang, “Kecamatan Bandongan Dalam Angka 2022,” 2022.

A. A. Trixie, “FILOSOFI MOTIF BATIK SEBAGAI IDENTITAS BANGSA INDONESIA,” Folio, vol. 1, no. 9, 2020, Accessed: Nov. 26, 2023. [Online]. Available: https://journal.uc.ac.id/index.php/FOLIO/article/view/1380

Informasi Publik, “Batik Sleker Asri Bandongan.” Accessed: Nov. 26, 2023. [Online]. Available: https://kecamatanbandongan.magelangkab.go.id/home/detail/batik-sleker-asri-bandongan/34

R. A. Widyanto, A. K. R. Hidayati, D. I. Mahendra, L. Wahyu, N. G. Saputri, and I. H. Normawati, “Marketing development of SMEs assisted by Lazismu Bandongan with digital marketing,” Community Empowerment, vol. 7, no. 1, pp. 23–27, Jan. 2022, doi: 10.31603/ce.5579.

R. A. Widyanto, R. S. Ribowo, N. Gufron, A. Adams, P. Agustina, and D. S. Rini, “Business development for Bakpia SMEs using digital marketing in Kojor Hamlet, Bojong Village,” Community Empowerment, vol. 7, no. 6, pp. 1013–1019, Jun. 2022, doi: 10.31603/ce.6684.

R. M. Ilmi, R. A. Widyanto, D. Sasongko, A. D. Agustina, A. Setiawan, and B. Pujiarto, “Developing a Website for Durian Seed Marketing: Alternative Business Media During a Pandemic,” Proceedings of the 2nd Borobudur International Symposium on Science and Technology (BIS-STE 2020), vol. 203, pp. 362–367, 2021, doi: 10.2991/aer.k.210810.063.

R. A. Widyanto et al., “Pengabdian Pada Masyarakat Terpadu E-Commerce untuk Pemasaran Bibit Buah Warung Bibit Sriwedari,” 2023.

T. Intan, B. Revia, and A. Erwita, “Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat/ Community Services Peningkatan daya saing produsen minuman herbal melalui pembuatan konten kreatif media sosial berbasis pemasaran e-marketing English Title: Improvement of manufactures herbal drinks through making creative content of social media based on e-marketing”, [Online]. Available: http://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jkp

B. Hudayana et al., “Participatory Rural Appraisal ( PRA ) untuk Pengembangan Desa Wisata di Pedukuhan Pucung, Desa Wukirsari, Bantul,” Bakti Budaya, vol. 2, no. 2, pp. 99–112, 2019.

P. Ferdiansyah, Subektiningsih, I. Rofni Wulandari, A. Anindya Sekarningrum, D. Wening Astari, and R. Indrayani, “Peningkatan Kompetensi Digital Marketing Siswa SMK Muhammadiyah Imogiri dalam Penerapan Teknik Copywriting dan Desain Konten,” vol. 2, no. 4, Dec. 2023, doi: 10.58835/nawadeepa.v2i4.256.

W. Novita, Y. Fitriadi, P. Rama Nopiana, and Gusnafitri, “Pelatihan Laporan Keuangan dengan Google Spreadsheet dalam Rangka Meningkatkan Pengetahuan UMKM,” Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sosial dan Humaniora , vol. 2, no. 2, pp. 217–225, Jun. 2023, doi: 10.55123/abdisoshum.v2i2.2052.

A. Asyifah, A. Syafi’i, and S. Ispiyani, “PENGEMBANGAN APLIKASI E-COMMERCE UNTUK PENINGKATANPENJUALAN ONLINE,” Action Reseach Literate, vol. 7, no. 1, pp. 1–6, 2023.




DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v7i2.6549

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Tim Redaksi Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal

Email :
abdimas@poltektegal.ac.id

   

Copyright: Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming p-ISSN:2598-9030 e-ISSN:2614-056X 

 

Flag Counter

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats