Pendampingan Penelitian Tindakan Kelas PTK Bagi Guru SMAN 2 Rahong 2 Utara, Manggarai, Flores, NTT
Abstract
Guru memainkan peran penting dalam mentransfer pengetahuan kepada siswa. Namun, guru sering menghadapi kesulitan dalam menangani kompleksitas pembelajaran, khususnya terkait pemilihan metode dan strategi pembelajaran yang tepat. Hasil wawancara dengan seorang guru di SMAN 2 Rahong Utara, Manggarai, NTT, menunjukkan bahwa guru menghadapi banyak masalah dalam metode pembelajaran. Tantangan ini dapat berdampak pada kualitas pendidikan secara keseluruhan, terutama kualitas output sekolah tersebut. Berpijak pada masalah tersebut, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang merupakan bentuk refleksi proses pembelajaran harus dilakukan. Guru dapat menjalankan PTK untuk menganalisis masalah secara sistematis, membuat eksperimen untuk menguji alternatif strategi pembelajaran yang lebih baik. Oleh karena itu, tujuan kegiatan pengabdian ini adalah melakukan pendampingan guru guru di SMAN 2 Rahong Utara, Manggarai, NTT, terkait PTK. Hasil dari kegiatan ini membantu guru dalam penggunaan metode pembelajaran, dan proses penilaian yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Selain itu, pendampingan ini meningkatan kemampuan guru untuk mengatasi masalah dan kompleksitas pembelajaran di kelas. Jadi, pendampingan guru-guru dalam PTK mampu mengatasi kesulitan proses pembelajaran.
Keywords
References
D. Blazar and M. A. Kraft, “Teacher and Teaching Effects on Students ’ Attitudes and Behaviors,” Educ. Eval. Policy Anal., vol. 39, no. 1, 2017, doi: 10.3102/0162373716670260.
N. Nasrah and E. Elihami, “The Importance of Awareness and Education in Muhamadiyah University of Enrekang,” J. Edukasi Non Form., vol. 2, no. 1, pp. 120–125, 2021.
N. Wijayanti and F. A. Wicaksana, “Freedom of Learning (Kurikulum Merdeka) in The View Ki Hadjar Dewantara and Relevance to the Character Education,” J. Suluh Pendidik., vol. 11, no. 2, pp. 190–198, 2023.
N. Nizaruddin, M. Muhtarom, A. E. P. Nugraha, Y. H. Murtianto, D. Nuvitalia, and S. Sutrisno, “Penulisan Artikel Ilmiah Berbasis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi Guru SD di Kabupaten Demak,” Indones. J. Community Serv., vol. 5, no. 1, pp. 123–130, 2023, doi: 10.30659/ijocs.5.1.123-130.
T. A. Santosa, Z. Zulyusris, A. Suwars, and K. N. Amalia, “The Educational and Learning Problematic at Senior High School,” Tarb. J. Ilm. Kependidikan, vol. 10, no. 1, pp. 18–24, 2021, doi: 10.18592/tarbiyah.v10i1.4124.
M. N. S. Syah, “Classroom Action Research As Professional Development of Teachers in Indonesia,” J. Tarbawi, vol. 13, no. 1, pp. 1–16, 2016, [Online]. Available: https://ejournal.unisnu.ac.id/JPIT/article/view/526
R. Herdlein and E. Zurner, “Student Satisfaction , Needs , and Learning Outcomes : A Case Study Approach at a European University,” 2015, doi: 10.1177/2158244015580373.
T. Ulfatun, “Good Teachers: Indonesia’s Perspective,” JPP (Jurnal Pendidik. dan Pembelajaran), vol. 28, no. 1, pp. 23–29, 2021, doi: 10.17977/um047v27i12021p023.
M. Afrizal, “A Classroom Action Research: Improving Speaking Skills through Information Gap Activities,” English Educ. J., vol. 6, no. 3, pp. 342–355, 2015.
W. A. Saputra, “A Classroom Action Research in SMA Muhammadiyah 7 Makassar: The effect of Simulation Technique in Speaking Accuracy,” Expo. J. Pendidik. Bhs. Dan Sastra Ingg., vol. 6, no. 2, pp. 173–183, 2018, doi: 10.26618/exposure.v6i2.1070.
R. Tung, “Performance-Based Assessment: Meeting the Needs of Diverse Learners,” Voices Urban Educ., no. 46, pp. 3–5, 2017, [Online]. Available: https://search.proquest.com/docview/1941340117?accountid=14723%0Ahttps://resolver.library.uq.edu.au/?&genre=article&sid=ProQ:&atitle=Performance-Based+Assessment%3A+Meeting+the+Needs+of+Diverse+Learners&title=Voices+in+Urban+Education&issn=1553541X&date=2
H. C. Darong, Stanislaus Guna, Yosefina Helenora Jem, and Erna mena Niman, “In- Service Training: English Teacher’S Assessment for Learning (AFL) Practice at Smpn 9 Ruteng, Flores,” Randang Tana - J. Pengabdi. Masy., vol. 5, no. 2, pp. 133–150, 2022, doi: 10.36928/jrt.v5i2.1111.
H. Canggung Darong, E. M. Niman, F. Fatwamati, and F. Nendi, “Implementasi Penilaian Otentik Oleh Guru Bahasa Inggris Di Flores,” J. Pendidik. dan Kebud., vol. 7, no. 1, pp. 65–77, 2022, doi: 10.24832/jpnk.v7i1.2639.
Muhamad Afandi, “Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar,” J. Ilm. “ Pendidik. Dasar ,” vol. 1, no. 1, pp. 1–19, 2014.
S. Sukanti, “Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas,” J. Pendidik. Akunt. Indones., vol. 6, no. 1, pp. 1–11, 2014, doi: 10.21831/jpai.v6i1.1786.
D. Prasetya, “Philosophy Education for Children,” J. Filsafat Indones., vol. 3, no. 3, pp. 109–114, 2020, doi: 10.23887/jfi.v3i3.24973.
DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v7i2.6826
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Tim Redaksi Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal
Email :
abdimas@poltektegal.ac.id
Copyright: Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming p-ISSN:2598-9030 e-ISSN:2614-056X

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




