Workshop Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka di UPT SD Negeri 85 Gresik
Abstract
UPT SD Negeri 85 Gresik menghadapi masalah dalam pengembangan modul ajar Kurikulum Merdeka. Banyak guru yang masih kesulitan memahami dan mengimplementasi konsep Kurikulum Merdeka dalam modul ajar mereka. Hal ini berpengaruh pada kualitas pembelajaran yang kurang optimal. Tujuan pengabdian ini adalah untuk membantu meningkatkan kemampuan dan pengetahuan guru dalam mengembangkan modul ajar Kurikulum Merdeka melalui serangkaian kegiatan workshop. Mitra dalam kegiatan pengabdian ini adalah para guru di UPT SD Negeri 85 Gresik yang berjumlah 11 orang. Metode pengabdian dimulai dengan penyuluhan untuk memberikan pemahaman awal tentang Kurikulum Merdeka. Dilanjutkan dengan pelatihan intensif tentang pembuatan modul ajar, sosialisasi paradigma baru kepada seluruh staf pengajar, workshop penyusunan modul ajar dengan pendampingan langsung dari tim pengabdian, dan pendampingan berkelanjutan. Akhirnya, dilakukan monitoring dan evaluasi untuk menilai keberhasilan dan efektivitas program. Hasil pengabdian menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan (hardskill) dan pengetahuan (softskill) para guru. Kemampuan guru dalam menyusun modul ajar meningkat sebesar 40%, dan pengetahuan mereka mengenai modul ajar berbasis Kurikulum Merdeka meningkat sebesar 20%, berdasar hasil pre-test dan post-test. Program ini juga diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas pembelajaran di UPT SD Negeri 85 Gresik, meskipun peningkatan nilai ekonomis tidak menjadi fokus utama dalam pengabdian ini.
Keywords
References
BSAKP, Capaian Pembelajaran Kurikulum Medeka. 2022.
W. S. Lestari, W. Munawaroh, Y. M. Kondomburan, M. Aprianti, and A. M. Anggawirya, “Analisis Kesulitan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Matematika pada Buku Berbasis Kurikulum 2013,” vol. 4, no. 1, pp. 15–25, 2017.
A. L. Nurmaya and H. Aswat, “Analisis Kendala Guru Sekolah Dasar di Kota Baubau dalam Implementasi Kurikulum 2013,” 2020.
N. L. G. K. Widiastuti, Pendidikan Matematika SD. Denpasar: Universitas Dwijendra., 2017.
T. Y. E. Siswono, “Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika,” in “Pengembangan Desain Pembelajaran Matematika Berkarakter, 2012.
Mendiknas, “Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006,” 2006.
L. Kusumastuti, A. D. Indah Sari, and I. Alfiansyah, “Efektivitas Metode Penugasan melalui Aplikasi Whatsapp Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik di Sekolah Dasar,” IJPSE : Indonesian Journal of Primary Science Education, vol. 3, no. 2, pp. 1–10, Apr. 2023, doi: 10.33752/ijpse.v3i2.3361.
A. Suaryo, R. O. Lurina, and H. Isnaini, “Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Kurikulum Merdeka Di SMA Negeri 1 Pamanukan, Kabupaten Subang,” Jurnal Bintang Pendidikan dan Bahasa, vol. 1, no. 3, pp. 2962–8687, 2023, doi: 10.59024/bhinneka.v1i3.187.
J. Holst, A. Brock, M. Singer-Brodowski, and G. de Haan, “Monitoring progress of change: Implementation of Education for Sustainable Development (ESD) within documents of the German education system,” Sustainability (Switzerland), vol. 12, no. 10, May 2020, doi: 10.3390/su12104306.
Oktavia, D. Maharani, and K. Qudsiyah, “Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada Pembelajaran Matematika DI SMK NEGERI 2 Pacitan,” 2023.
DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v7i2.6861
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Tim Redaksi Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal
Email :
abdimas@poltektegal.ac.id
Copyright: Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming p-ISSN:2598-9030 e-ISSN:2614-056X

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



