Pemanfaatan Media Sosial Digital Marketing Guna Meningkatkan Kompetensi UMKM Desa Cingebul

Muhamad Awiet Wiedanto Prasetyo, Sisilia Thya Safitri, Khairun Nisa Meiah Ngafidin, M. Yoka Fatoni, Toni Anwar, Sandhy Fernandez

Abstract


Desa Cingebul memiliki 23 UMKM yang aktif produksi untuk memperkenalkan produk mereka. Namun, minimnya pengetahuan platform media sosial sebagai Digital Marketing belum merata secara keseluruhan. Hanya 5 UMKM saja yang mengetahui media sosial dapat digunakan sebagai Digital Marketing, sehingga diperlukan kegiatan pelatihan dan pendampingan tema Digital Marketing. Bagi UMKM, Digital Marketing telah menjadi kunci untuk meningkatkan visibilitas, mengembangkan basis pelanggan, dan meningkatkan penjualan. Salah satu permasalahan utama adalah kurangnya pemahaman dan keterbatasan akses terhadap teknologi digital. Banyak UMKM di Desa Cingebul belum memahami sepenuhnya potensi dan manfaat Digital Marketing. Pelaku UMKM belum memiliki pengetahuan atau keterampilan yang cukup untuk merancang dan menjalankan promosi secara digital yang efektif. Tim pengabdian masyarakat memberikan solusi dengan tujuan untuk menyelenggarakan program pelatihan Digital Marketing bagi UMKM di Desa Cingebul, dan diberikan akses ke para ahli Digital Marketing yang dapat memberikan pendampingan serta konsultasi tentang cara mengembangkan strategi pemasaran digital yang efektif sesuai dengan kebutuhan bisnis mereka. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat adalah memiliki dampak yang cukup signifikan sebesar 70% hingga 87% terhadap pengetahuan pentingnya penggunaan Digital Marketing sosial media.

Keywords


Desa Cingebul, Media Sosial, UMKM

Full Text:

References


D. Permatasari, Y. P. Febrialdy, I. K. Isabella, and Wulansari Islamiah, “Pelatihan Digital Marketing Sebagai Upaya Pengembangan Strategi Pemasaran Produk Umkm Batik,” Transformasi dan Inovasi, vol. 2, no. 1, 2022.

H. Irfani, F. Yeni, and R. Wahyuni, “Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Pada Ukm Dalam Menghadapi Era Industri 4.0,” JCES: Journa of Character Education Society, vol. 3, no. 3, 2020.

S. Asiyah and K. R. Rachmadi, “Digitalisasi Pemasaran Melalui Sosial Media Marketing Pada Pelaku Umkm Guna Peningkatan Pendapatan,” Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 3, no. 2, 2022.

R. Y. Rahmadieni, “Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan Pemasaran Berbasis Teknologi Pada Umkm Di Desa Bulusulur,” Wahyuni, Eka Idar, vol. 2, no. 1, 2022.

E. Susanti, “Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan Usaha Berbasis Teknologi Pada Umkm Di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor,” Sawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat, vol. 1, no. 2, 2020.

M. Tabrani, W. Apriliah, D. Ardiansyah, and E. Ernawati, “Pemanfaatan Media Sosial Dalam Peningkatan Branding Yayasan Rumah Harapan Karawang,” Prawara Abdimas, vol. 1, no. 1, 2022.

T. A. Setiyono, M. Vestari, M. Yusuf, M. Hamdani, and K. Attiq, “Pendampingan Pembuatan Media SosialUMKM Di Kelurahan Lamper Lor Kecamatan Semarang Selatan Kota Semarang,” Jurnal Abdimas PHB, vol. 6, no. 4, 2023.

D. A. Susanti, Z. M. Delima, and D. Soegiarto, “Pemberdayaan UMKMRefasa Hijab Pada Aspek Pemasaran, Manajerial Dan Produksi Melalui Teknologi Informasi Berbasis Digital Marketing,” Jurnal Abdimas PHB, vol. 4, no. 3, 2021.

I. Farida, Aryanto, N. Hanum, N. Ardi, and S. Mutoati, “Digital Marketing Sebagai Strategi Meningkatkan Konsumen UMKM di Kota Tegal,” Jurnal Abdimas PHB, vol. 5, no. 3, 2022.

Akhsani. Wijaya, Novan., Irsyad, Hafiz., Taqwiym, “Pelatihan Pemanfaatan Canva Dalam Mendesain Poster,” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Fordicate, vol. 2, no. 1, 2022.

A. C. Lesmana, “Pengembangan Digital Marketing UMKMSepatu Rajut diKawasan Wisata Geopark Ciletuh PadaMasa Pandemi Covid-19,” Jurnal Abdimas PHB, vol. 5, no. 2, 2022.




DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v7i4.7506

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

slot777