Peningkatan Literasi Digital Kelompok Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Terhdap Teknologi di Era Artificial Intelligence (AI)

Helmi Roichatul Jannah, Devi Astri Nawangnugraheni, Nur Tulus Ujianto, Munadi -

Abstract


Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital anggota kelompok Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Desa Cimohong, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes. Literasi digital menjadi penting dalam menghadapi era digital, terutama bagi kelompok yang berperan penting dalam peningkatan kesejahteraan keluarga. Melalui kegiatan ini, anggota PKK diberi pemahaman mengenai dasar-dasar literasi digital, termasuk pengenalan teknologi informasi, penggunaan media sosial secara bijak, keamanan digital, serta pemanfaatan aplikasi untuk keperluan sehari-hari. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah kombinasi antara ceramah, diskusi interaktif, dan praktek langsung. Evaluasi dilakukan melalui kuis sederhana untuk mengukur peningkatan pemahaman dan keterampilan digital peserta. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan dalam literasi digital, ditunjukkan dengan banyaknya skor yang diterima oleh peserta. Selain itu, terdapat perubahan positif dalam penggunaan media sosial dan aplikasi digital untuk kegiatan produktif sehari-hari. Diharapkan program ini dapat meningkatkan keterampilan digital anggota PKK secara berkelanjutan utamanya dalam menggunakan media sosial untuk hal positif seperti berdagang melalui e-commerce dan melakukan pemasaran menggunakan media sosial sehingga mereka mampu memanfaatkan teknologi untuk mendukung kesejahteraan keluarga dan berpartisipasi aktif dalam masyarakat yang semakin terhubung secara digital.

Keywords


Literasi digital, PKK, teknologi, informasi

Full Text:

References


I. Badan Pusat Statistik, “Statistik Telekomunikasi Indonesia 2022,” Jakarta, 2023.

Tatiek Mariyati, “Public Policy Implementation Strategy in Encouraging Acceleration of Internet Users Development,” Bul. Pos dan Telekomun., vol. 11, no. Public Policy, pp. 147–158, 2013, [Online]. Available: https://media.neliti.com/media/publications/41134-ID-strategi-implementasi-kebijakan-publik-dalam-mendorong-percepatan-pengembangan-p.pdf

Y. Rohmiyati and R. Rosita, “Pemanfaatan Literasi Digital Terhadap Pengajaran Membaca Bahasa Inggris Pada Anak, Guru dan Orang Tua,” J. Pengabdi. Masy. Progresif Humanis Brainstorming, vol. 6, no. 4, pp. 1396–1403, 2023, doi: 10.30591/japhb.v6i4.5414.

R. I. M. Yemmardotillah, “Literasi Digital Bagi Keluarga Milenial Dalam Mendidik Anak Di Era Digital,” Contin. Educ. J. Sci. Res., vol. 2, no. 2, pp. 1–13, 2021, doi: 10.51178/ce.v2i2.223.

F. S. Rahayu, “Cyberbullying Sebagai Dampak Negatif Penggunaan Teknologi Informasi,” J. Sist. Inf., vol. 8, no. 1, p. 22, 2013, doi: 10.21609/jsi.v8i1.321.

D. Setiawan, “Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Budaya,” J. SIMBOLIKA Res. Learn. Commun. Study, vol. 4, no. 1, p. 62, 2018, doi: 10.31289/simbollika.v4i1.1474.

A. Giddens, M. Duneier, R. P. Appelbaum, and D. Carr, IntroductIon to Sociology. New York: Norton & Company, Inc, 2016.

J. S. Coleman, Dasar - Dasar Teori Sosial (Edisi Revisi). Yogyakarta: Nusamedia, 2017.

A. R. Sabrina, “Literasi Digital Sebagai Upaya Preventif Menanggulangi Hoax,” Commun. J. Commun. Stud., vol. 5, no. 2, p. 31, 2019, doi: 10.37535/101005220183.

T. Setiawan, D. Priyo Susetyo, and E. Pranajaya, “Edukasi LLiterasi Digital: Pendampingan Transformasi Digital Pelaku UMKM Sukabumi Pakidulan,” J-Abdi J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 2, pp. 1599–1605, 2021, doi: 10.1080/10941665.2020.1859057.

Sugiarto and A. Farid, “Literasi Digital Sebagai Jalan Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0,” Cetta J. Ilmu Pendidik., vol. 6, no. 3, pp. 580–597, 2023, doi: 10.37329/cetta.v6i3.2603.

W. N. Annisa, C. W. Agustina, and D. Puspitasari, Wahyuningtyas, “Peran Literasi Digital untuk Mencegah Penyebaran Hoaks bagi Masyarakat Indonesia,” J. Educ. Technol., vol. 1, no. 2, pp. 113–118, 2021, [Online]. Available: http://jurnalilmiah.org/journal/index.php/jet/article/view/68%0Ahttp://jurnalilmiah.org/journal/index.php/jet/article/download/68/61

D. L. Kirkpatric and J. D. Kirkpatric, Evaluating Training Programmes. Oakland: Berrett-Koehler Publishers, 2006. doi: 10.4324/9780080455839-10.




DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v7i4.7576

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Tim Redaksi Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal

Email :
abdimas@poltektegal.ac.id

   

Copyright: Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming p-ISSN:2598-9030 e-ISSN:2614-056X 

 

Flag Counter

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats