Pelatihan Fotografi Produk Untuk Meningkatkan Daya Jual Produk UMKM Yayasan Tumpi Indonesia
Abstract
Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) grup riset DKV Media Interaktif dilaksanakan bersama mitra Yayasan Tumpi Indonesia di desa Pentur, Boyolali, Jawa Tengah yang dilaksanakan pada 19 Mei 2023 yang beranggotakan dari unsur dosen, mahasiswa dari Program Studi Diploma Tiga Desain Komunikasi Visual Sekolah Vokasi UNS. Metode pengabdian yang di gunakan adalah pelatihan kepada mitra Yayasan Tumpi Indonesia. Yayasan Tumpi Indonesia merupakan yayasan nirlaba yang bertujuan untuk meningkatkan potensi di wilayah Desa Pentur. Peserta pelatihan dan workshop fotografi berjumlah 20 orang pelaku UMKM dengan berbagai jenis usaha yang berbeda di bawah binaan Yayasan Tumpi Indoneisa. Kegiatan pengabdian masyarakat memiliki beberapa tahapan, 1) Perencanaan, 2) Observasi, 3) Pelaksanaan kegiatan pelatihan, dan 4) Evaluasi kegiatan pelatihan. Peserta diberikan pelatihan terkait teknik memotret produk UMKM di dalam ruang (mini studio) dan di luar ruangan dengan menggunakan kamera DSLR dan smart phone. Dari hasil pelatihan peserta memahami dan mengerti cara mengatur pencahayaan baik di dalam ruangan (studio) maupun di luar ruangan, mampu memilih posisi (angle) yang menarik dan teknik penggunaan camera sehingga dapat menghasilkan foto produk menarik. Hasil evaluasi dari tim penilai menunjukkan bahwa foto produk yang dihasilkan sangat baik dan layak sebagai konten media promosi produk UMKM. Kegiatan pelatihan memberikan dampak positif kepada pelaku UMKM dan peserta kegiatan memberikan penilian sangat puas kepada Tim PKM DKV Media Interaktif.
Keywords
References
R. Setyowati and A. N. Rohmah, “Peningkatan Promosi Melalui Fotografi Produk Dengan Smartphone Pada Bukuan Fried Chicken (BFC),” J. Pengabdi. Masy. Akad., vol. 1, no. 3, pp. 75–82, Aug. 2022, doi: 10.54099/jpma.v1i3.236.
E. D. Nurcahya, C. R. Prameswari, M. S. Munir, and G. W. Intyanto, “PELATIHAN FOTO PRODUK UMKM KABUPATEN PACITAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PROMOSI DI MEDIA SOSIAL,” Adimas J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 6, no. 1, pp. 79–86, Jul. 2022, doi: 10.24269/adi.v6i1.4474.
D. Nugraheny et al., “Pendampingan dan pelatihan cara pengambilan foto produk UMKM untuk pemasaran di media sosial,” KACANEGARA J. Pengabdi. Pada Masy., vol. 5, no. 1, Jan. 2022, doi: 10.28989/kacanegara.v5i1.1017.
I. Yunianto, Teknik Fotografi. Semarang: Yayasan Prima Agus Teknik, 2021.
A. P. Gunawan, “Pengenalan Teknik Dasar Fotografi,” Humaniora, vol. 4, no. 1, p. 518, Apr. 2013, doi: 10.21512/humaniora.v4i1.3460.
I. middleton, A PRACTICAL GUIDE TO PHOTOGRAPHY. Britain: Schmetterling Productions, 2016.
M. Merliyana et al., “Pelatihan Fotografi Produk untuk Menambah Ketrampilan Berpromosi,” PROGRESIF J. Pengabdi. Komunitas Pendidik., vol. 1, no. 2, pp. 96–103, Nov. 2021, doi: 10.36406/progresif.v1i2.415.
I. Wekke, Metode Pengabdian Masyarakat : Dari Rancangan ke Publikasi. Penerbid Adab, 2022.
T. Rusli, Pengantar Metodologi Pengabdian Masyarakat. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, 2022.
G. A. Hanindito, A. P. Pirdianto, M. Ibadurrahman, and T. Pranoto, “Pendampingan Digital Marketing pada UKM Kuliner di Kotawaringin Barat untuk Meningkatkan Daya Saing,” vol. 7, no. 4, 2024.
DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v8i1.7792
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Tim Redaksi Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal
Email :
abdimas@poltektegal.ac.id
Copyright: Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming p-ISSN:2598-9030 e-ISSN:2614-056X
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.