Optimalisasi Penerapan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Pada Tema Kewirausahaan Bagi Guru MGMP Ekonomi Jawa Tengah

Joko Widodo, Ahmad Sehabuddin

Abstract


Projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) merupakan perwujudan dari kompetensi global dan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai pancasila. Tema kewirausahaan pada projek profil pelajar pancasila untuk satuan pendidikan sekolah mengah atas yang bertujuan untuk menciptakan wiarausahawan muda yang didasarkan pada nilai-nilai Pancasila. Permasalahan utama mitra mencakup beberapa asppek yakni kesulitan dalam mengidentifikasi sub tema projek kewirausahaan dan kegiatan pelaksanaan projek P5 masih mengadopsi dari guru lainya sesuai dengan modul tanpa diperbaharui. Penerapan daya kreatifitas dan adopsi teknologi masih belum optimal. Metode pelaksanaan pengabdian yakni sosialisasi, pelatihan pendampingan, evaluasi dan monitoring. Kegiatan pengabdian pada mitra anggota MGMP Ekonomi Jawa Tengah memberikan dampak positif dan berhasil dalam hal a) 86% mitra mampu secara mandiri memetakan potensi daerah masing-masing yang relevan dengan tema kewirausahaan. b) 80% mitra mampu menyusun modul projek P5 secara mandiri. c) 83% mitra juga berhasil mendesain kegiatan projek P5 yang dapat direalisasikan dengan baik. Dengan adanya pengabdian yang dilakukan oleh tim pengabdian kepada anggota MGMP Ekonomi Jawa Tengah sangat membantu bagi guru dalam mengimplementasikan projek P5 tema kewirausahaan di sekolah masing-masing.


Keywords


Merdeka belajar, MGMP Ekonomi, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)

Full Text:

References


Prihantini, P., & Rustini, T. (2020). Dasar teori dan penerapannya pada satuan pendidikan jenjang Dikdasmen. Bogor: Pustaka Amma Alamia.

Alhamuddin, A. (2014). Sejarah Kurikulum Di Indonesia (Studi Analisis Kebijakan Pengembangan Kurikulum). Nue El-Islam, 1(2), 48–58

Manalu, J. B., Sitohang, P., & Henrika, N. H. (2022). Pengembangan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka belajar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 80-86.

Kholidah, L. N., Winaryo, I., & Inriyani, Y. (2022). Evaluasi Program Kegiatan P5 Kearifan Lokal Fase D di Sekolah Menengah Pertama. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(6), 7569–7577.

Suryadien, D., Dini, R., & Dewi, A. A. (2022). Rencana Implementasi Kurikulum Prototipe Pada Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia. Jurnal Pgmi Uniga, 1(01), 27-34

Inayati, U. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Abad-21 di SD/MI. In ICIE: International Conference on Islamic Education, (2), 293-304).

Dewi, W. S., & Nawawi, E. (2023). Penanaman Nilai Bhinneka Tunggal Ika dan Nilai Pancasila di SMA Negeri 2 Palembang. Jurnal Pengabdian West Science, 2(1), 87-97

Fatah, M. A., & Zumrotun, E. (2023). Implementasi Projek P5 Tema Kewirausahaan terhadap. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6 (2), 365–377

Amelia, L., Khoirunnisa, R., & Putri, S. K. (2024). Problematika Implementasi Proyek P5 di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusi, 8(1), 1469–1475

Maharani, A. I., Isharoh, & Putri, P. A. (2023). Program P5 sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka: Faktor Penghambat dan Upayanya. Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, Dan Sosial Humaniora, 1(2), 176–187.

Yumiantika, & Atmaja, T. S. (2025). Implementasi Program P5 sebagai Bentuk Penguatan Karakter Gotong‑Royong Siswa Melalui Tema Kewirausahaan di SMP Negeri 16 Pontianak. Jurnal Kewarganegaraan, 9(1).

Handayani, T. (2023). Implementasi Projek P5 Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish.




DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v8i3.8734

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Tim Redaksi Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal

Email :
abdimas@poltektegal.ac.id

   

Copyright: Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming p-ISSN:2598-9030 e-ISSN:2614-056X 

 

Flag Counter

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats