Pelatihan Brand Awareness untuk UMKM sebagai Upaya Meningkatkan Ekuitas Produk

Freddy Yakob

Abstract


UMKM Pangan Kota Bogor memiliki keunikan dari produk yang menggunakan tepung talas sebagai bahan utama dalam produk pangan yang diproduksinya. Namun, pemasaran produk saat ini masih terbatas pada metode mulut ke mulut dan pemasaran online sederhana. Oleh karena itu, tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan brand awareness sebagai strategi pemasaran yang efektif di tengah ketatnya persaingan pasar digital, sehingga dapat mendorong peningkatan penjualan produk UMKM. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini mencakup presentasi materi, studi kasus, simulasi, dan diskusi kelompok. Selain itu, peserta juga mengikuti simulasi praktis yang memungkinkan mereka mengaplikasikan teori ke dalam skenario dunia nyata, memberikan pengalaman langsung dalam mengelola brand awareness secara efektif. Hasil dari pelatihan ini menunjukkan peningkatan pemahaman peserta terkait strategi brand awareness, yang terlihat dari jawaban-jawaban peserta atas prtanyaan-pertanyaan yang ditanyakan secara langsung selama kegiatan berlangsung. Secara keseluruhan, rangkaian kegiatan berjalan dengan lancar dan mencapai tujuan yang diharapkan.

Keywords


UMKM Pangan; Brand Awareness; Pelatihan

Full Text:

References


Purwanto, Y. S., & Veranita, M. (2018). Pelatihan Fotografi Dasar bagi Pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kecamatan Lengkong Kota Bandung

Rahmayanti, H. D. (2022). Pendampingan foto produk umkm komunitas saung taleus di kota bogor menggunakan ponsel cerdas. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 79-83.

Ardiani, S., Rahmayanti, H. D., Akmalia, N., & Nulhakim, L. (2024). Pelatihan Pembuatan Cangkang Kerang Menjadi Kerajinan Tangan (Bros) Di Muara Angke, Jakarta Utara. Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, 7(4), 964-971.

Irawan, I. N., Lestari, T. P., Lubis, R. B. F. F., & Rahimullah, M. F. (2024). Pelatihan Peningkatan Kesadaran Brand Awareness Digital Marketing bagi Siswa Pemasaran SMK Budi Warman II Jakarta. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(4), 492- 498.

Pickton, David, 2005, “Integrated Marketing Communications”, 2nd edition.

Randall, Geoffrey, 2001, “The Art of marketing: Branding”, Vol 7.

Schultz, Don E., & Schultz, Heidi F. 2004, “How to Sell More Stuff!: Promotional Marketing That Really Works”.

Wheeler, Alina. (2006). Designing Branding Identity : AComplete Guide to Creating, Building, and Maintaning Strong Brands. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Semuel, H., & Setiawan, K. Y. (2018). Promosi MelaluiSosial Media, Brand Awareness,Purchase Intention Pada Produk Sepatu Olahraga. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(1),47–52.

Yakob, F., Kartika, T. R., Akmalia, N., Ardiani, S., & Rahmayanti, H. D. (2024). Perancangan Desain Kemasan sebagai Upaya Rebranding Promosi Produk UMKM. Kreator, 11(2), 29-38.




DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v8i1.7864

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Tim Redaksi Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal

Email :
abdimas@poltektegal.ac.id

   

Copyright: Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming p-ISSN:2598-9030 e-ISSN:2614-056X 

 

Flag Counter

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats