Pengenalan dan Implementasi Matlab Untuk Siswa SMK Walisongo Semarang

Elfira Nureza Ardina, Erlinasari Erlinasari, Supari Supari

Abstract


Dunia pendidikan dan pekerjaan saling berhubungan terutama dalam sebuah keterampilan pada perangkat lunak. Keterampilan perangkat lunak berupa keterampilan dalam penggunaan software. Beberapa macam software yang sering digunakan dalam pekerjan seperti matlab, autocad, SPSS, dan lain-lainnya. Selain itu software tersebut merupakan software yang populer dan sering digunakan di dunia pekerjaan dan pendidikan.  Untuk matlab digunakan untuk membuat sebuah analisa perhitungan dalam bidang telekomunikasi maupun elektronika dan kelistrikan. Matlab ada dua tipe yaitu matlab offline dan online. Untuk matlab offline dengan cara menginstal program matlab di komputer maupun di laptop, sedangkan untuk matlab online dengan cara memasukkan akun matlab secara online di situs matlab. Matlab juga dapat digunakan menggunakan smartphone, karena matlab tersedia di play store yang ada di smartphone. Dari hal tersebut matlab sangat dibutuhkan di dunia pendidikan. Matlab sudah lama digunakan di bidang industri dan pendidikan, tetapi untuk pengenalan dan implementasi matlab di dunia pendidikan belum ada yang memberikan pelajaran matlab. Sekolah SMK Walisongo di Semarang adalah sekolah yang belum mengenalkan matlab ke para siswa dan siswinya. Saat ini sekolah SMK Walisongo di Semarang akan mengenalkan matlab ke para siswa dan siswinya untuk dapat menggunakan matlab tersebut. Pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan berupa kegiatan untuk pengenalan dan implementasi matlab bagi siswa di SMK Walisongo Semarang. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat adalah memperkenalkan serta melakukan implementasi kepada siswa dan siswi SMK Walisongo Semarang agar dapat memahami dan mengetahui secara langsung bagaimana menggunakan matlab terutama matlab dalam dunia pekerjaan. Pengenalan dan implementasi matlab memiliki manfaat untuk memberikan pengetahuan kepada siswa dan siswi SMK Walisongo tentang penggunaan matlab baik secara offline maupun online dan memberikan wawasan dalam penggunaan software matlab seperti penggunaan cara menulis script di matlab, selain itu dari kegiatan pengabdian tersebut membuat siswa dan siswi SMK Walisongo Semarang mengetahui variabel dari penggunaan fungsi pada matlab.

Keywords


Matlab; Smartphone; SMK Walisongo Semarang

Full Text:

References


Handani. I., 2022, Pengaruh Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Software MatLab Pokok Bahasan Matriks Terhadap Hasil Belajar Siswa Tahun Pelajaran 2020/2021, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Hidayat. F., Manik. R.E., dan Waruwu. O., 2022, Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Software Matlab sebagai Visualisasi pada Materi Gerak Parabola, Unnes Physics Education Journal.

Qurohman. M.T., Afriliana. I., dan Rokhma. N., 2022, Peningkatan Kemampuan Komputasi Matematika Siswa Man 1 Brebes Menggunakan Softaware Matlab Mobil.

Sobiruddin. D., 2015, Penerapan Software Matlab terhadap kemampuan Menyelesaikan Masalah Numerik Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika, Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA, Vol. 8 (1), pp: 24-32.

Lastya, H.A, Kurniawan, H., dan Irawanda, S. 2022. Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Dengan Aplikasi Matlab Simulink Di SMK N 2 Sigli. Jurnal Ilmiah Didaktika.

Sahid. 2004. Aplikasi Komputer dengan MATLAB. Petunjuk Praktekum MATLAB, Edisi Revisi, Laboratorium Komputer Jurusan Pendidikan Matematika, UNY. http://www.limitedbookstore.com/buku/pengantar-komputasi-numerikdengan-matlab-drs-sahid-msc.htm.

Cahyono, B. 2013. Penggunaan Software Matrix Laboratory (Matlab) dalam Pembelajaran Aljabar Linier”, Jurnal Phenomenon, vol. 1, 45-62.

Firmansyah, A. 2007. Dasar-Dasar Pemrograman MATLAB. http:// ilmukomputer. org/2006/08/25/pengantar-pemrograman-berbasis-aspek/.

Asmara,T., Rahmawati, M., dkk. 2018. Strategi Pembelajaran Pemrograman Linier Menggunakan Metode Grafik dan Simpleks. Jurnal Teknologi Pembelajaran Sekolah Pascasarjana IPI Garut, vol. 3, 506-514.

Utami, G., Julian, F., dkk. 2019. Pembelajaran Mengenai Penyelesaian Pengolahan Data Statistika secara Efektif Menggunakan Speq Mathematics. Jurnal Teknologi Pembelajaran. vol. 4, 846-851.




DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v8i1.8074

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Tim Redaksi Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal

Email :
abdimas@poltektegal.ac.id

   

Copyright: Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming p-ISSN:2598-9030 e-ISSN:2614-056X 

 

Flag Counter

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats