Peningkatan Mutu Pembelajaran TPA melalui Optimalisasi Kurikulum di Kecamatan Siman

Riza Ashari, Syamsuddin Arif, Umi Isnatin, Salman Alfarizi, Abdul Hafidz Zaid, Nazia Dinia, Jaudat Iqbal Harris

Abstract


Pendidikan Al-Qur’an di Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) memiliki peran penting dalam membentuk generasi muda yang memiliki pemahaman agama yang baik. Namun, di Kecamatan Siman, Ponorogo, masih ditemukan banyak TPA yang menggunakan metode pembelajaran tradisional, sehingga kurang efektif dalam meningkatkan kemampuan mengaji anak-anak. Kurangnya standar kurikulum yang konsisten menjadi salah satu faktor utama dalam permasalahan ini. Oleh karena itu, tim Pengabdian Masyarakat Universitas Darussalam Gontor melakukan pendampingan implementasi kurikulum TPA sebagai upaya peningkatan kualitas pendidikan Al-Qur’an.Metode yang digunakan dalam program pendampingan ini meliputi observasi, wawancara, penyusunan, pemutakhiran, sosialisasi, monitoring, dan evaluasi kurikulum. Tim melakukan observasi langsung terhadap proses pembelajaran di TPA dan wawancara dengan para pengajar untuk mengidentifikasi kendala yang dihadapi. Selanjutnya, tim bekerja sama dengan kepala Pesantren Anak Sholeh Baitul Qur’an (PAS-BQ) untuk menyusun kurikulum yang lebih terstruktur dan sesuai dengan perkembangan zaman. Kurikulum yang telah disusun kemudian disosialisasikan kepada para pengajar TPA guna memastikan penerapannya secara efektif. Monitoring dilakukan untuk menilai implementasi kurikulum, sementara evaluasi dilaksanakan melalui ujian akhir, wisuda, dan pentas seni santri.Hasil dari pendampingan ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam proses pembelajaran di TPA. Sebanyak 85% pengajar merasa terbantu dengan kurikulum baru dalam menyusun materi ajar secara lebih sistematis. Selain itu, 78% pengajar melaporkan adanya peningkatan keterlibatan santri dalam proses belajar, yang ditandai dengan meningkatnya kehadiran dan partisipasi aktif mereka. Evaluasi juga menunjukkan bahwa 90% santri mengalami peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan tajwid yang lebih baik. Dengan adanya pendampingan ini, diharapkan implementasi kurikulum yang lebih terstruktur dapat terus berlanjut dan menjadi model bagi TPA lainnya dalam meningkatkan kualitas pendidikan Al-Qur'an.


Keywords


Kurikulum, TPA, Pembelajaran

Full Text:

References


N. Saleh, R. Djibu, dan U. A. T. A. Duludu, “Efektivitas Pembelajaran Taman Pendidikan Al-Qur’an Di Desa Biluhu Timur Kecamatan Batudaa Pantai,” Stud. J. Community Educ., hlm. 1–11, Feb 2022, doi: 10.37411/sjce.v1i2.909.

I. Syah, “MADRASAH: PEMBAHARUAN METODE DAN SISTEM PENDIDIKAN ISLAM MODERN,” SYATTAR, vol. 3, no. 2, hlm. 66–75, Mei 2023.

M. Astuti, H. Herlina, I. Ibrahim, J. Juliansyah, R. Febriani, dan N. Oktarina, “Pentingnya Pendidikan Islam Dalam Membentuk Karakter Generasi Muda,” Faidatuna, vol. 4, no. 3, hlm. 140–149, Jul 2023, doi: 10.53958/ft.v4i3.302.

R. N. Anwar, “Pendidikan Alquran (TPQ) Sebagai Upaya Membentuk Karakter Pada Anak,” J. Pendidik. Dan Konseling JPDK, vol. 3, no. 1, hlm. 44–50, Feb 2021, doi: 10.31004/jpdk.v3i1.1342.

M. F. Viana dan F. El-Faradis, “PERAN GURU TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPQ) DALAM PEMBINAAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI MUSHOLLA AL-QUSHAIRIYAH PRENDUAN,” INDOPEDIA J. Inov. Pembelajaran Dan Pendidik., vol. 1, no. 2, hlm. 290–298, Jun 2023.

A. Fauzi, “Pendampingan Tata Kelola Kelembagaan bagi Guru Taman Pendidikan al-Qur’an (TPQ) Tarbiyatul Mubtadi’in Desa Kencong Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri,” J. Pengabdi. Kpd. Masy. Desa JPMD, vol. 1, no. 1, hlm. 22–37, Apr 2020.

S. Untung, “Masjid dan Aktivitas Dakwah di Era Revolusi Industri 4.0,” Religia, vol. 22, no. 2, Art. no. 2, Okt 2019, doi: 10.28918/religia.v22i2.6815.

E. N. Faizah, M. Ramli, dan M. Muthma’innah, “Pendampingan Implementasi Kurikulum Pembelajaran Alquran Di Taman Pendidikan Al Quran Se-Kecamatan Batu Aji,” SIGMA J. Sinergi Mengabdi, vol. 1, no. 1, hlm. 39–46, Jul 2023.

E. Purnomo, “KURIKULUM BADAN KOORDINASI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN UNTUK PENDIDIKAN ANAK DI KOTA SEMARANG,” Universitas Islam Negeri Walisongo, Semarang, 2018. Diakses: 24 Januari 2024. [Daring]. Tersedia pada: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8404/1/1500118015_Tesis.pdf

R. Ashari, S. B. Lahuri, J. I. Harris, N. F. Alafianta, dan A. Nurcholis, “Pendampingan Guru dalam Membangun Minat Baca Al-Qur’an di Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo,” J. Pengabdi. Masy. Pemberdaya. Inov. Dan Perubahan, vol. 5, no. 1, Jan 2025, doi: 10.59818/jpm.v5i1.1167.




DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v8i1.8382

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Tim Redaksi Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal

Email :
abdimas@poltektegal.ac.id

   

Copyright: Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming p-ISSN:2598-9030 e-ISSN:2614-056X 

 

Flag Counter

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats