Upskilling Pengelolaan Keuangan Digital melalui Software Accurate Berbasis Online bagi Mahasiswa Vokasi
Abstract
Accurate adalah salah satu perangkat lunak akuntansi yang dikembangkan oleh orang Indonesia, yang menjadi salah satu faktor penting mengapa Accurate menarik perhatian para
pengusaha di Indonesia. Accurate menjadi pilihan bagi pengusaha yang membutuhkan software akuntansi untuk mempermudah pencatatan keuangan bisnis mereka dengan cara yang cepat, tepat, dan efisien. Seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna Accurate, Politeknik sebagai lembaga pendidikan yang menawarkan program vokasi perlu membekali mahasiswanya dengan pengetahuan tentang software akuntansi Accurate. Permasalahan utama yang terkait dengan pelaksanaan pengabdian masyarakat ini adalah perkembangan pesat software akuntansi di Indonesia. Metode yang diterapkan dalam pelatihan ini yaitu dengan metode ceramah, praktik, diskusi dan tanya jawab, simulasi studi kasus serta evaluasi dan penyimpanan hasil pekerjaan. Hal ini menuntut institusi atau lembaga pendidikan, khususnya Politeknik Balekambang Jepara dengan program studi Administrasi Bisnis dan Akuntansi Keuangan Publik, untuk memberikan pemahaman dan keterampilan penggunaan
software akuntansi, terutama Accurate, mengingat software ini sudah digunakan oleh ribuan perusahaan besar, menengah, dan kecil di Indonesia dan luar negeri. Hasil yang diperoleh dari pelatihan ini yaitu meningkatnya pemahaman mahasiswa vokasi dalam mengelola keuangan digital menggunakan software Accurate Online. Setelah mengikuti kegiatan ini, peserta telah mampu menerapkan pencatatan transaksi keuangan secara lebih sistematis melalui Accurate, yang terangkum dalam laporan keuangan yang dihasilkan oleh aplikasi. Oleh karena itu, rumusan masalah dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah bagaimana cara mengaplikasikan software akuntansi Accurate bagi mahasiswa sebagai upaya upskilling di bidang kompetensi pengelolaan keuangan digital.
Keywords
References
E. Khairani, H. Maksum, F. Rizal, and M. Adri, “Validitas pengembangan modul pembelajaran berbasis project based learning pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi,” JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), vol. 7, no. 2, p. 71, Feb. 2022, doi: 10.29210/30031489000.
A. H. A. Sunan, A. J. Yasmin, and K. A. Harras, “Use of smartphone as ICT literacy media and learning resources among college students,” Inovasi Kurikulum, vol. 20, no. 2, pp. 225–238, Aug. 2023, doi: 10.17509/jik.v20i2.46869.
D. N. Sitompul and P. P. Hariani, “Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Menggunakan Aplikasi Accurate Untuk Guru-Guru SMK Di Kota Binjai,” IHSAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 2, no. 1, pp. 7–13, Apr. 2020.
N. Alexander et al., “Peningkatan Kompetensi Siswa SMK dalam Bidang Akuntansi melalui Pelatihan Accurate,” SULUH: Jurnal Abdimas, vol. 6, no. 1, pp. 70–75, 2024.
H. Maulidah, A. Aryanto, I. Farida, and E. U. Sedya Utami, “Upaya Peningkatan Keterampilan Mengoperasikan Aplikasi Komputer Akuntansi Accurate Online Siswa SMK Nu 1 Slawi,” RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 4, no. 1, pp. 410–415, Jan. 2023, doi: 10.46576/rjpkm.v4i1.2432.
R. H. Yustrianthe and N. Niandari, “Pelatihan ‘ACCURATE’ sebagai Upaya Peningkatan Profesionalisme Mahasiswa dan Praktisi Akuntansi,” Jurnal TUNAS: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 4, pp. 74–80, Nov. 2022.
R. Mustika, A. Wirahadi, A. Dwiharyadi, E. Endrawati, and E. Santi, “Optimalisasi Kompetensi Akuntansi melalui Pelatihan Aplikasi Accurate bagi Siswa dan Guru di SMK Taruna 1 Padang,” Japepam: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 3, no. 2, p. 82, Oct. 2024.
Vinola Herawaty, Windhy Puspitasari, Rukmini Windiarti Soebadio, A. A. Oktaviani, Pricillia Desy Tanadi, and Irawan, “Pelatihan Mengoperasikan Accurate Software - Melakukan Entry Transaksi Bagi Tenaga Kependidikan,” JUARA: Jurnal Wahana Abdimas Sejahtera, vol. 5, no. 1, pp. 10–20, Jan. 2024, doi: 10.25105/juara.v5i1.17351.
S. Yanto and A. Alamsyah Rivai, “Optimization of Soft Skill Competencies and Student Work Readiness through the MBKM Internship Program at the KIPM Makassar Center,” vol. 16, 2024, doi: 10.37680/qalamuna.v16i2.5886.
K. Periti Sinta, K. Haidar, and R. Riyadi, “Pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan dan Soft Skill Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi,” Journal of Economic Education and Entrepreneurship Studies, vol. 5, no. 2, p. 2024, 2024, [Online]. Available: https://journal.unm.ac.id/index.php/JE3S/index
N. Retongga et al., “Sosialisasi Pentingnya Soft Skill Sebagai Dasar Menghadapi Industri Pertambangan Setelah Lulus Sarjana Bagi Mahasiswa Baru Teknik Pertambangan Universitas Teknologi Sumbawa,” Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), vol. 5, no. 2, pp. 1707–1710, 2024.
I. Farida, Aryanto, Sunandar, Hetika, and Krisdiyawati, “Ibm Pelatihan Komputer Akuntansi Menggunakan Aplikasi Accurate Pada Siswa-Siswi SMK Muhamadiyah Lebaksiu Kabupaten Tegal,” Jurnal Abdimas PHB, vol. 3, no. 2, pp. 22–29, 2020.
Sriwati, I. K. Lie, and N. E. Sutedja, “Pelatihan Software Akuntansi untuk Pencatatan Jurnal Umum bagi Siswa SMK Kristen Rahmani,” Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, vol. 7, no. 3, pp. 531–537, Nov. 2024.
DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v8i2.8535
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Tim Redaksi Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal
Email :
abdimas@poltektegal.ac.id
Copyright: Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming p-ISSN:2598-9030 e-ISSN:2614-056X
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.