Optimalisasi Penggunaan GeoGebra sebagai Media Pembelajaran Geometri di SMP Muhammadiyah Sokaraja
Abstract
Pembelajaran geometri tiga dimensi di tingkat SMP, khususnya materi Bangun Ruang Kubus dan Balok, seringkali menghadapi kendala akibat rendahnya kemampuan siswa dalam memahami konsep spasial seperti volume dan luas permukaan. Berdasarkan identifikasi kebutuhan mitra di SMP Muhammadiyah Sokaraja, ditemukan bahwa para guru mengalami kesulitan dalam menyampaikan materi secara konkret karena keterbatasan media visual dan rendahnya pemanfaatan teknologi pembelajaran. Salah satu solusi potensial adalah penggunaan perangkat lunak GeoGebra yang memungkinkan visualisasi bangun ruang secara interaktif. Namun, mayoritas guru belum memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai dalam mengoperasikan aplikasi tersebut. Untuk menjawab kebutuhan tersebut, tim pengabdian dari Universitas Muhammadiyah Purwokerto menyelenggarakan pelatihan GeoGebra kepada 22 guru matematika. Kegiatan ini mencakup teori, praktik, serta evaluasi melalui pre-test dan post-test. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan rata-rata skor sebesar 25,3 poin, yang mencerminkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan kesiapan guru menggunakan GeoGebra dalam pembelajaran. Kegiatan ini menjadi solusi nyata atas permasalahan mitra dan memiliki potensi untuk direplikasi di sekolah lain guna memperkuat integrasi teknologi dalam pembelajaran matematika.
Keywords
References
L. Latri, A. Juhari, B. P. F. Hermuttaqien, and H. Hartoto, “Efektivitas Media Pembelajaran Geogebra dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Geometri Calon Guru Sekolah Dasar,” J. Inspirasi Pendidik., vol. 10, no. 2, pp. 169–179, 2020, doi: 10.21067/jip.v10i2.5106.
F. Jabnabillah and M. Reza Fahlevi, “Efektivitas Penggunaan Aplikasi Geogebra Pada Pembelajaran Matematika,” J. Pembelajaran Mat. Inov., vol. 6, no. 3, pp. 983–990, 2023, doi: 10.22460/jpmi.v6i3.15262.
S. Nurhalisa, Sirwanti, and N. Paronda, “Efektivitas penggunaan geogebra untuk membantu siswa SMP memahami konsep bangun ruang,” J. Penelit. Pembelajaran Mat. Sekol., vol. 9, no. 1, pp. 138–144, 2025.
D. S. Pambudi, I. K. Budayasa, and A. Lukito, “The Role of Mathematical Connections in Mathematical Problem Solving,” Math. Educ. J., vol. 14, no. 2, pp. 129–144, 2020, doi: 10.22342/jpm.14.2.10985.129-144.
Husnawati, Anwar, and M. Ikhsan, “The efforts to develop the geometry teaching and learning tools based on acehnese culture through problem based learning in junior high school students,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1470, no. 1, 2020, doi: 10.1088/1742-6596/1470/1/012056.
H. Hermawati, J. Jumroh, and E. F. P. Sari, “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Materi Kubus dan Balok di SMP,” Mosharafa J. Pendidik. Mat., vol. 10, no. 1, pp. 141–152, 2021, doi: 10.31980/mosharafa.v10i1.874.
R. Annisa, Y. Roza, and M. Maimunah, “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Berdasarkan Gender,” J. Kependidikan J. Has. Penelit. dan Kaji. Kepustakaan di Bid. Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, vol. 7, no. 2, p. 481, 2021, doi: 10.33394/jk.v7i2.3688.
Romika and Y. Amalia, “Analisis Tingkat Kemampuan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Menggunakan Media Visual dan Non Visual pada Materi Bangun Runag Sisi Datar di SMP dengan Teori Van Hiele,” Maju, vol. 1, no. 2, pp. 18–32, 2014.
L. Sati, R. Firdaus, and Herpratiwi, “Efektivitas Penggunaan Software GeoGebra dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Geometri pada Siswa di Sekolah Dasar,” DIDAKTIKA, vol. 4, no. 4, pp. 404–414, 2024.
Lainufar, M. Mailizar, and R. Johar, “Exploring the potential use of GeoGebra augmented reality in a project-based learning environment: The case of geometry,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1882, no. 1, 2021, doi: 10.1088/1742-6596/1882/1/012045.
R. H. Simanungkalit, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Negeri 12 Pematangsiantar,” MUST J. Math. Educ. Sci. Technol., vol. 1, no. 1, p. 39, 2016, doi: 10.30651/must.v1i1.96.
J. T. Asare and E. Atteh, “The Impact of Using GeoGebra Software in Teaching and Learning Transformation (Rigid Motion) on Senior High School Students’ Achievement,” Asian J. Educ. Soc. Stud., no. September, pp. 36–46, 2022, doi: 10.9734/ajess/2022/v33i130784.
J. Pendidikan et al., “A Systematic Review: Use of GeoGebra in Mathematics Learning at Junior High School in Indonesia and Japan,” J. Pendidik. Mat., vol. 7, no. 1, pp. 1–20, 2024, [Online]. Available: https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/jmtk/article/view/26201
N. A. Sutopo and N. Ratu, “Pengembangan Media Pembelajaran GeoGebra Classroom Sebagai Penguatan Pemahaman Konsep Materi Translasi Siswa SMP Kelas IX,” J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 6, no. 1, pp. 10–23, 2021, doi: 10.31004/cendekia.v6i1.971.
M. R. Ridha, E. E. Pramiarsih, and Widjajani, “The Use of Geogebra Software in Learning Geometry Transformation to Improve Students’ Mathematical Understanding Ability,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1477, no. 4, 2020, doi: 10.1088/1742-6596/1477/4/042048.
B. Tamam and D. Dasari, “The use of Geogebra software in teaching mathematics,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1882, no. 1, pp. 0–6, 2021, doi: 10.1088/1742-6596/1882/1/012042.
J. Junaidi and N. Pramestie Wulandari, “Usability Media Pembelajaran Geometri Berbasis GeoGebra untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Mahasiswa,” Mandalika Math. Educ. J., vol. 6, no. 1, pp. 293–303, 2024, doi: 10.29303/jm.v6i1.7249.
DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v8i3.8579
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Tim Redaksi Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal
Email :
abdimas@poltektegal.ac.id
Copyright: Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming p-ISSN:2598-9030 e-ISSN:2614-056X
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.