PENINGKATAN KAPASITAS PEMASARAN PRODUK PERTANIAN MELALUI PENYULUHAN DI DESA BOBA, KECAMATAN GOLEWA SELATAN, KABUPATEN NGADA

Marten Umbu Kaleka, Maria Alfonsa Ngaku, Victoria Ayu Puspita, Theodorus Mawo, Igniosa Taus

Abstract


Produk ini banyak diproduksi dan digunakan oleh masyarakat Kabupaten Ngada dan sekitarnya. Namun, produk ini mengalami penurunan penjualan akibat lemahnya aspek pemasaran. Petani cenderung menggunakan metode pemasaran tradisional yang kurang efisien dan belum mampu menjangkau pasar yang lebih luas. Oleh karena itu, program ini bertujuan untuk memberikan pelatihan strategi pemasaran dan komunikasi bisnis kepada petani. Program ini meliputi penyuluhan dan pendampingan untuk mengkaji pasar potensial sebagai basis utama pemasaran produk dan membangun komunikasi bisnis untuk menjamin rantai pasok produk kelapa secara berkelanjutan. Dengan demikian, petani dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam memasarkan produk, sehingga meningkatkan pendapatan dan keuntungan ekonomi. Metode yang digunakan dalam program ini adalah ceramah, demonstrasi, diskusi, dan tanya jawab. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa kegiatan penyuluhan pemasaran produk pertanian yang telah diselenggarakan di Desa Boba berhasil dilaksanakan dengan antusiasme peserta yang tinggi. Peserta memperoleh pengetahuan tentang pemilihan strategi pemasaran produk pertanian yang baik dan efektif, serta penentuan segmen dan target pasar produk pertanian. Dengan demikian, petani dapat menerapkan strategi pemasaran yang lebih baik dan meningkatkan penjualan produk.


Keywords


Penyuluhan; Strategi; Pemasaran; Produk; Pertanian

Full Text:

References


Seo, A.Y. dan Kaleka, M.U. (2024). Peran Sektor Pertanian Terhadap Perekonomian Dan Pembangunan Kabupaten Ngada. Jurnal Agribisnis Unisi, 13(1): 28-36.

Ramadhan, G. R., Salsabila, A. K., Simanjuntak, A. G., Balqis, A. N., Richman, M. E., Syamtah, P. P. S., Putra, S. F., Azka, M., & Nugraheni, K. (2024). Pelatihan Pemasaran Penjualan Hasil Tani Menggunakan Platform E-Commerce, Media Sosial, Dan Marketplace Pada Kelompok Tani Sumber Makmur Kariangau. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (SEPAKAT), 3. Retrieved from https://journal.itk.ac.id/index.php/sepakat/article/view/965

Saripi, A., Antu, Y. dan Nusu, O. S. (2024). Pemasaran Hasil Petani Cengkeh Dalam Meningkatkan Pendapatan Petani Di Desa Tolutu Kecamatan Tomini Kabupaten Bolaang Mongondow. Jurnal Pemasaran Bisnis, 6(4) : 195-205.

Harahap, A., dan Nugroho, T. (2019). Strategi Pemasaran Pertanian Berbasis Teknologi Digital. Jurnal Pemasaran, 12(2), 56-67.

Wirabumi, R. (2020). Metode Pembelajaran Ceramah. Annual Conference on Islamic Education and Thought, 1(1) : 105-113.

Djamarah, S. B. dan Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Rianto, M. (2006). Pendekatan, Strategi, dan Metode Pembelajaran. Malang: Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidikan.

Zain, L. (2009). Pembelajaran Fiqih. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Departemen Agama Republik Indonesia.

Annisa Retno Utami, A. R., Giyatmi., dan Batubara, S.C. (2024). Edukasi Penggunaan Teknologi Informasi Pemasaran Digital Kepada UMKM. Abdimas Unwahas, 9(1) : 35-42.

Rahmatika, Z., Nugraha, P.T., Hasibuan, F. Y., Lestari, K., Istiqomah, Pratiwi, L.P., Qat, Q.D., Rismawati, S., dan Ardana, T. V. (2024). Peran Akses Jalan Dalam Meningkatkan Daya Saing Umkm Di Daerah Terpencil. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(9):1-14. https://doi.org/10.62281/v2i9.748

Hartono, H., Hutomo, K., dan Mayangsari, M. (2012). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Perusahaan” Dengan Menetapkan Alumni Dan Mahasiswa Universitas Bina Nusantara Sebagai Objek Penelitian. Binus Business Review, 3(2), 882-897.

Hardiansyah, R. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran (Product, Price, Place, Promotion) Terhadap Penjualan Produk Hasil Produksi Petani Pada Pasar Tani Mekar Jaya Kelurahan




DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v8i2.8655

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Tim Redaksi Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal

Email :
abdimas@poltektegal.ac.id

   

Copyright: Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming p-ISSN:2598-9030 e-ISSN:2614-056X 

 

Flag Counter

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats