Pelatihan Augmented Reality sebagai Alat Bantu Pembelajaran untuk Guru TK di Banyumas

Devi Astri Nawangnugraeni, Dicky Satria Ramadhan, Abdul Hakim Prima Yuniarto

Abstract


Minimnya pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran menjadi kendala yang dihadapi guru TK di Banyumas. Metode konvensional masih mendominasi, sementara potensi teknologi seperti Augmented Reality (AR) belum dimanfaatkan secara optimal. Kegiatan pengabdian ini bertujuan memperkenalkan dan melatih penggunaan teknologi AR sebagai alat bantu pembelajaran interaktif bagi guru TK. Pelatihan dilaksanakan pada 31 Januari 2025 dengan melibatkan 55 peserta dari Forum Kelompok Kerja Guru TK PNS Kabupaten Banyumas. Metode yang digunakan meliputi penyuluhan, demonstrasi, dan praktik langsung penggunaan aplikasi AR berbasis smartphone. Untuk mengevaluasi efektivitas kegiatan, digunakan metode observasi langsung untuk menilai partisipasi dan keterlibatan peserta, serta penyebaran kuesioner evaluasi kepuasan mitra pada akhir kegiatan menggunakan skala Likert. Hasil observasi menunjukkan peserta antusias dan aktif dalam mengikuti kegiatan, meskipun beberapa mengalami kendala teknis akibat keterbatasan perangkat. Evaluasi melalui survei kepuasan mitra menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi, dengan persentase respons positif di atas 85% untuk seluruh indikator. Secara spesifik, 87,3% peserta menerima dan mengharapkan program ini kembali dilaksanakan, 94,6% merasa nyaman dan terbantu dengan sikap fasilitator, 90,9% merasa program sesuai dengan kebutuhan mitra, dan 92,8% menyatakan pelaksanaan kegiatan telah sesuai dengan tujuan. Kegiatan ini berhasil meningkatkan pemahaman dan keterampilan peserta dalam memanfaatkan teknologi pembelajaran digital, serta membuka peluang pengembangan pelatihan lanjutan secara berkelanjutan.

Keywords


Augmented Reality, Banyumas, Guru TK, Pelatihan, Teknologi Pembelajaran

Full Text:

References


A. H. P. Yuniarto, I. Nurhidayati, and N. Andreansyah, “Workshop Penggunaan Software Electronics Workbench Untuk Guru SMK Nusantara 1 Comal,” J. Pengabdi. Masy. Progresif Humanis Brainstorming, vol. 6, no. 3, pp. 690–696, 2023.

P. D. Nurhasana et al., “Pelatihan Inovasi Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality (Ar) Melalui Aplikasi Assemblr Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar [Training on Learning Media Innovation Based on Augmented Reality (Ar) Through the Assemblr Application for Study Program of Elementary School Teacher Education],” J. Sinergitas PKM CSR, vol. 6, no. 1, p. 1, 2022.

N. Nasution, Y. Darmayunata, and S. Wahyuni, “Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini berbasis Augmented Reality,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 6, no. 6, pp. 6462–6468, 2022.

R. Hafidah, N. K. Dewi, and V. Sholeha, “PELATIHAN PENGGUNAAN MEDIA AUGMENTED REALITY ( AR ) FLASHCARD DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS ANAK USIA DINI,” GERVASI J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 09, no. 01, pp. 418–432, 2025.

K. Murdy and N. Wilyanita, “Media Interaktif Augmented Reality untuk Peningkatan Kemampuan Financial Literacy Anak Usia Dini,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 7, no. 1, pp. 211–224, 2023.

A. S. Cahyaningtyas, “Pembelajaran Menggunakan Augment Reality Untuk Anak Usia Dini Di Indonesia,” J. Teknol. Pendidik. J. Penelit. dan Pengemb. Pembelajaran, vol. 5, no. 1, p. 20, 2020.

R. D. A. Rais, Abdul Saman, and Herman, “Pengembangan Media Interaktif Augmented Reality Berbasis Smartphone untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini,” Didakt. J. Kependidikan, vol. 13, no. 2, pp. 1595–1608, 2024.

S. Basri, N. Alimuddin, and S. M. Nur, “Pelatihan Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality dalam Meningkatkan Kemampuan Pra Literasi Anak Usia Dini,” PMSDU Pengabdi. Masy. Sumber Daya Unggul, vol. 2, no. 1, pp. 1–7, 2024.

L. Puspitasari, H. P. Pradana, and H. Hasanah, “Penerapan Media Augmented Reality Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini,” J. Kumara Cendekia, vol. 12, no. 2, pp. 115–126, 2024.

L. S. Fauziyah, S. Sugiman, and D. N. Munahefi, “Transformasi Pembelajaran Matematika melalui Media Augmented Reality: Keterlibatan Siswa dan Pemahaman Konseptual,” Prism. Pros. Semin. Nas. Mat., vol. 7, pp. 936–943, 2024.




DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v8i3.8859

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Tim Redaksi Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal

Email :
abdimas@poltektegal.ac.id

   

Copyright: Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming p-ISSN:2598-9030 e-ISSN:2614-056X 

 

Flag Counter

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats