Pemanfaatan TikTok sebagai Media Digital Marketing untuk Pemasaran Produk UMKM Desa Cingebul

Muhamad Awiet Wiedanto Prasetyo, M. Yoka Fathoni, Sisilia Thya Safitri, Sandhy Fernandez, Sena Wijayanto, Yogo Dwi Prasetyo, Mahazam Afrad

Abstract


Transformasi digital di sektor UMKM perdesaan masih menghadapi berbagai tantangan, terutama dalam hal pemanfaatan media sosial sebagai sarana pemasaran. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas digital marketing pelaku UMKM di Desa Cingebul melalui pelatihan dan pendampingan pemanfaatan TikTok sebagai platform promosi. Metode pelaksanaan terdiri atas pemetaan kebutuhan, pelatihan teknis, praktik pembuatan konten, dan evaluasi performa. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam hal kepercayaan diri peserta, keterampilan membuat konten, serta konsistensi dalam membangun citra produk secara digital. Selain itu, muncul pula individu yang berperan sebagai pemimpin lokal (local leader) dalam mendampingi UMKM lain, yang menjadi indikator awal terbentuknya ekosistem digital desa. Temuan ini menguatkan pentingnya pendekatan partisipatif dan kontekstual dalam penguatan literasi digital masyarakat perdesaan.


Keywords


UMKM; Digital Marketing; TikTok; Literasi Digital

Full Text:

References


Alif, A. R. Aisy, S. N. Adetia, F. Mahrunisa, and M. Ulpah, “Pemanfaatan Hasil Perkebunan Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa Cingebul Dengan UMKM,” in Prosiding KAMPELMAS (Kampus Peduli Masyarakat), Purwokerto: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UIN Prof. Saifuddin Zuhri Purwokerto, Oct. 2022, pp. 561–571.

M. F. Kamal and R. Apriani, “Pengaruh Perkembangan Teknologi Di Era Digital Terhadap Investasi Dan Pasar Modal,” Jurnal Justitia: Jurnal Ilmu Hukum dan Humaniora, vol. 9, no. 1, 2022.

A. U. Syukri and A. N. Sunrawali, “Digital Marketing Dalam Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah,” KINERJA: Jurnal Ekonomi dan Manajemen, vol. 19, no. 1, 2022.

N. F. Awardani et al., “Sosialisasi Pemasaran Produk Melalui Platform Digital (Digital Marketing) Sebagai Optimalisasi Santripreneurship Berbasis Ekonomi Kreatif Digital,” KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 4, no. 2, 2024.

P. N. Rahmana, D. A. P. N, and R. Damariswara, “Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Edukasi Di Era Generasi Z,” Akademika: Jurnal Teknologi Pendidikan, vol. 11, no. 2, 2022.

C. Yolanda, “Peran Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Dalam Pengembangan Ekonomi Indonesia,” Jurnal Manajemen dan Bisnis, vol. 2, no. 3, 2024.

S. A. J. A. Wati, Firmansyah, and M. Layli, “Edukasi Meningkatkan Penjualan Produk Umkm Dengan Memanfaatkan Digital Marketing Melalui Sosial Media,” RESWARA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 4, no. 1, 2023.

A. Saulu, A. Kusumaningtyas, F. Y. Comako, and K. Dananti, “Pembuatan Konten Pemasaran Digital Media Sosial TikTok Sebagai Upaya Peningkatan Branding Popeneeye Kleco Solo,” Jurnal Pengabdian Masyarakat Mentari, vol. 1, no. 6, 2025.

R. Purbasari and R. Sukmadewi, “Optimalisasi Digital Marketing Melalui Tiktok Marketing Bagi Startup Bisnis Di Jawa Barat,” Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 7, no. 2, 2024.

T. D. Andayani, B. Kurniawan, and A. Y. Dewi, “Pengembangan Desain Produk dan Pemasaran Kelompok Usaha Kerajinan Tangan Berbahan Tali Kur di Desa Siwatu,” Jurnal Abdimas PHB, vol. 3, no. 1, 2020.

A. C. Lesmana, “Pengembangan Digital Marketing UMKMSepatu Rajut diKawasan Wisata Geopark Ciletuh PadaMasa Pandemi Covid-19,” Jurnal Abdimas PHB, vol. 5, no. 2, 2022.

Nopita. Akmal, Mukaira El., Sirait, Chichi., Sinaga, Theresia Agrifina., Ulina, Friska., Restiani, Desi., Sari, “Gambaran Perilaku Faking Pada Kegiatan Wawancara Kerja,” Jurnal Psikologi, vol. 18, no. 1, 2020.

M. P. Hasibuan, R. Azmi, D. B. Arjuna, and S. U. Rahayu, “Analisis Pengukuran Temperatur Udara Dengan Metode Observasi,” Jurnal Garuda Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 1, no. 1, 2023.

S. H. Sahir, Metodologi Penelitian. Bantul: Penerbit KBM Indonesia, 2021.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2021.




DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v8i3.8910

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Tim Redaksi Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal

Email :
abdimas@poltektegal.ac.id

   

Copyright: Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming p-ISSN:2598-9030 e-ISSN:2614-056X 

 

Flag Counter

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats