PERANCANGAN APLIKASI MOBILE PEMANTAUAN DAN KONSULTASI MAHASISWA MENGGUNAKAN METODE USER-CENTERED DESIGN
Abstract
Sebagai upaya dalam optimalisasi media konsultasi dalam membantu Perguruan Tinggi dalam mendeteksi permasalahan mahasiswanya serta mendukung program pemerintah dalam mengatasi 3 dosa besar dunia pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang program aplikasi sebagai media interaktif dalam memantau permasalahan mahasiswa sekaligus sebagai media konsultasi dalam membantu Dosen Pembimbing Akademik (PA). Metode perancangan aplikasi yang digunakan menggunakan metode user-centered design (UCD) sampai menghasilkan prototype sebagai gambaran aplikasi mobile yang dibuat. Kelebihan menggunakan metode user-centered design (UCD) adalah pengalaman pengguna yang lebih baik, solusi yang dapat dipercaya, mereduksi resiko kesalahan, tingkat kepuasan pengguna yang lebih tinggi, inovasi lebih baik, serta mengurangi peluang aplikasi gagal. Aplikasi yang dirancang terdiri dari 6 modul yaitu login aplikasi, profil pengguna, percakapan mahasiswa, daftar permasalahan mahasiswa, informasi mahasiswa, dan deteksi permasalahan mahasiswa. Berdasarkan penilaian terhadap perancangan terhadap aplikasi didapatkan hasil 85% responden menganggap prototype aplikasi sangat baik.
References
A. Bastian, M. A. Solihin, A. A. Irdan, and N. M. Jalal, “Design and Build Chatroom Application as Student Consultation Media Based on Android,” INTEK J. Penelit., vol. 8, no.2, p.151, 2021, doi: 10.31963/intek.v8i2.2975.
A. Bastian, R. F. Simamora, Muh Taufiqurahman, and Muh Ahyar, “Rancang Bangun Aplikasi Penanganan dan Pendampingan Penyintas Kekerasan Seksual Berbasis Android,” in Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat (SNP2M), 2022, pp. 1–6.
B. Priyatna, “Penerapan Metode User Centered Design (Ucd) Pada Sistem Pemesanan Menu Kuliner Nusantara Berbasis Mobile Android,” AIMS J. Account. Inf. Syst., vol. 2, no. 1, pp. 1–14, 2019, doi: 10.32627/aims.v2i1.55.
Y. Apridiansyah and G. Gunawan, “Rancang Bangun Aplikasi Bimbingan Skripsi Menggunakan Metode User Centered Design (Ucd),” J. Technopreneursh. Inf. Syst., vol. 2, no. 2, pp. 74–80, 2019, doi: 10.36085/jtis.v2i2.373.
R. Aditya, V. H. Pranatawijaya, and P. B. A. A. Putra, “Rancang Bangun Aplikasi Monitoring Kegiatan Menggunakan Metode Prototype,” J. Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 1, no. 1, pp. 47–57, 2021.
M. Shania, T. Raharjo, and A. Nur Fitriani, “Implementation User-Centered Design in Agile Software Development: Systematic Literature Review,” Indones. J. Multidiscip. Sci., vol. 2, no. 7, pp. 2812–2831, 2023, doi: 10.55324/ijoms.v2i7.480.
C. Colceriu, B. Leichtmann, S. Brell-Cokcan, W. Jonas, and V. Nitsch, “From Task Analysis to Wireframe Design: An Approach to User-Centered Design of a GUI for Mobile HRI at Assembly Workplaces,” RO-MAN 2022 - 31st IEEE Int. Conf. Robot Hum. Interact. Commun. Soc. Asoc. Antisocial Robot., pp. 876–883, 2022, doi: 10.1109/RO-MAN53752.2022.9900679.
I. S. Widiati, W. Hadi, M. Setiyawan, and Widada, “User Experience Evaluation of Egrang Traditional Game Application,” 2020, doi: 10.1109/ICORIS50180.2020.9320832.
I. A. Astuti, L. D. Farida, and T. Hidayat, “Measuring the UX of Mobile Application Attendance Lectures Feature Using Short-User Experience Questions (UEQ-S),” in 3rd 2021 East Indonesia Conference on Computer and Information Technology, EIConCIT 2021, 2021, pp. 286–291, doi: 10.1109/EIConCIT50028.2021.9431891.
H. Elmunsyah, G. R. Kusumo, U. Pujianto, and D. D. Prasetya, “Development of mobile based educational game as a learning media for basic programming in VHS,” in International Conference on Electrical Engineering, Computer Science and Informatics (EECSI), 2018, vol. 2018-Octob, pp. 416–420, doi: 10.1109/EECSI.2018.8752658.
DOI: https://doi.org/10.30591/polektro.v13i1.6159
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.