Optimalisasi Aplikasi Renpy untuk Pembuatan Webflow Berbasis Game Bergenre Visual Novel
Abstract
Saat ini game sudah dapat dimainkan dimanapun dan kapanpun selama memiliki peralatan untuk memainkan game itu sendiri seperti smartphone, komputer, console dan lain-lain. Selain sebagai sarana hiburan, game juga memiliki kegunaan lain dalam kehidupan sehari-hari seperti sebagai media pembelajaran bagi pelajar, sarana pengenalan, maupun sebagai simulasi dari pencerminan kehidupan sehari-hari di dunia nyata. Banyak lulusan teknologi dan informasi pada bidang programming yang masih kesulitan dalam membuat aplikasi khususnya pada pengembangan website, banyak mahasiswa yang mengeluhkan sulitnya dalam membuat website karena tidak bisa coding, padahal saat kuliah telah dipelajari bagaimana membuat sebuah website dari struktur html dasar, css, javascript, hingga framework. Dari permasalahan tersebut penulis ingin membuat sebuah game edukasi untuk memperkenalkan webflow yang dapat digunakan untuk membuat sebuah website tanpa perlu memiliki kemampuan coding yang luas. Game ini akan dibuat dengan genre visual novel agar penyamapaian materi dari penulis dapat tersampaikan dengan baik kepada pemain, gami ini dibuat menggunakan aplikasi RenPy yang menggunakan bahasa pemrogramman Python, sehingga dapat digunakan pada berbagai macam platform seperti IOS, Android, Windows, bahkan Website. Dengan adanya game tersebut diharapkan mahasiswa atau masyarakat umum yang ingin membuat sebuah website dapat membuat sebuah website yang diinginkan dengan mudah tanpa harus terkendala oleh kesulitan coding, karena dasar dari webflow sendiri adalah codeless.
References
Mukhtar, H. (2018). Perancangan Dan Pembuatan Visual Novel Sejarah Kh. Ahmad Dahlan
Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Android. Rabit : Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi
Univrab, 3(2), 69–82. https://doi.org/10.36341/rabit.v3i2.444
Falah, R. N., & Jaya, S. M. (2020). Penerapan Cerita Rakyat Tangkuban Perahu Menggunakan
Visual Novel ( Vn ) Dengan Menggunakan Ren ’ Py. X(2).
Ramadyanta, A. N., Sanjaya, A., & Widodo, D. W. (2021). Aplikasi Game Visual Novel Sebagai
Alternatif Belajar Bahasa Inggris Menggunakan Media Aplikasi Ren’py. Prosiding SEMNAS
INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 5(1), 111–118.
https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/914
Nimda. (2019, Januari 31). Mengenal Jurusan Teknik Informatika. Diambil kembali dari
Fakultas Teknik Universitas Pasundan: https://www.teknik.unpas.ac.id/blogs/mengenaljurusan-teknik-informatika/
Rahmalia, N. (2021, Mei 18). Webflow, Tool yang Mudahkan Desain Web Tanpa Coding.
Diambil kembali dari Glints: https://glints.com/id/lowongan/webflowadalah/#.Ywb2NHFBxD8
Siambaton, M. Z., & Fakhriza, M. (2016). Aplikasi Content Management System (Cms) Pada
Joomla Untuk Membuat Web Service. InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika Dan Teknologi
Jaringan), 1(1), 11–13. https://doi.org/10.30743/infotekjar.v1i1.32
Kusuma, M. R., Djamil, H., B., & I., & Kardian, A. R. (2017). Pembuatan Visual Novel dengan
Tujuan Edukasi Berbasis Android. Prosiding SeNTIK, 1(1), 21–28.
Nurajizah, S. (2016). Implementasi Multimedia Development Life Cycle Pada Aplikasi
Pengenalan Lagu Anak-Anak. Jurnal PROSISKO, 3(2), 15.
Hanifah, U., Alit, R., & Sugiarto. (2016). Penggunaan Metode Black Box Pada Pengujian Sistem
Informasi Surat Keluar Masuk. SCAN - Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 11(2), 33–
http://ejournal.upnjatim.ac.id/index.php/scan/article/view/643
Christian, H., Agus, M. P., & Suhartono, D. (2016). Single document automatic text
summarization using term frequency-inverse document frequency (TF-IDF). ComTech:
Computer, Mathematics and Engineering Applications, 7(4), 285–294.
DOI: https://doi.org/10.30591/smartcomp.v13i1.4272
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
SMART COMP INDEXED OR REGISTERED BY
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
| ![]() | ![]() |
View My Stats
![]() |























