Request Administrasi Servis Tower BTS Telkomsel Kantor Wilayah Karawang
Abstract
Perkembangan teknologi setiap tahunnya berkembang sangat pesat, teknologi semakin memudahkan manusia dalam beraktivitas, teknologi saat ini menjadi lebih mudah, terbaru dan cepat. Peran informasi menjadi sangat vital bagi sebuah perusahaan. Dengan semakin cepatnya arus informasi di dunia, maka setiap perusahaan maupun instansi saat ini dituntut untuk dapat menyampaikan setiap informasi yang mereka miliki dengan cepat. Pada sistem berjalan PT Telkomsel Karawang pengolahan data administrasi permintaan perbaikan BTS tower masih dilakukan secara manual sehingga memungkinkan terjadinya kesalahan terutama pada proses pencatatan. Data masih berupa pencatatan manual yang disimpan dalam lemari arsip hal tersebut mengakibatkan kesulitan dalam pencarian data dan memungkinka arsip dapat rusak bahkan hilang. Selain itu juga kesulitan dalam pembuatan surat perintah kerja dan laporan tidak akurat dan lambat. Penulis membuat sistem informasi mengenai Pengolahan Data Administrasi Request Perbaikan BTS Tower pada PT.Telkomsel Karawang, yang sebelumnya telah dilakukan pengamatan terhadap kegiatan yang berjalan disana, wawancara dengan beberapa staff dan studi Pustaka. Dengan Menggunakan Waterfall sebagai metode pengembangan perangkat lunak dengan tahap awal yaitu Analisa Kebutuhan Perangkat Lunak dan tahap akhir yaitu Desain, sistem ini telah peneliti analisa mengenai apa saja yang dibutuhkan oleh pengguna sehingga sistem ini dapat bermanfaat untuk pengguna. Dengan menggunakan sistem informasi yang dibuat user dengan mudah melakukan pencarian data, memasukan dan menyimpan kedalam sistem, selain itu untuk melakukan surat tugas kerja dan laporan dengan cepat dan akurat.
References
Admin, “Pentingnya Sitem Informasi Manajemen Bagi Perusahaan,” Universitas Medan area, 2020. [Online]. Available: https://manajemen.uma.ac.id/2020/12/pentingnya-sitem-informasi-manajemen-sbagi-perusahaan/. [Accessed: 01-Oct-2022].
D. A. Herman, U. I. Batam, V. Penjualan, and T. H. Kamar, “Meningkatkan Kemampuan Strategi Pemasaran dengan Menggunakan Teknologi Informasi Pada Bisnis Perhotelan di kota Batam,” vol. 10, no. 3, 2021.
Y. Akbar, U. Surapati, E. Poerwandono, and R. Franido, “Rancang Bangun Sistem Informasi Pengolahan Data Berbasis Web,” pp. 516–522.
F. Emasriani and R. Rahmadewi, “Analisa Efektifitas Perbaikan Perangkat BTS Telkomsel Karawang dengan iManager u2000 software,” vol. 5, no. 2, pp. 148–154, 2021.
A. Sucipto, H. David, Wiliam, S. Ahdan, and Sampurna, “SISTEM PEMELIHARAAN MENARA BTS (BASE TRANSCEIVER STATION) BERBASIS MOBILE,” vol. 1770, pp. 12–22.
uceo, “Metode Pengumpulan Data dalam Penelitian,” https://informatika.uc.ac.id/, 2019. [Online]. Available: https://informatika.uc.ac.id/id/2016/02/2016-2-18-metode-pengumpulan-data-dalam-penelitian/. [Accessed: 10-Oct-2022].
abdussomad, M. Tabrani, and R. Sopandi, “PENERAPAN SISTEM INFORMASI PADA MONITORING PELANGGARAN SISWA,” vol. VIII, no. 2, 2020.
N. Ichsan, S. Alfarizi, D. Gunawan, A. R. Mulyawan, and H. Basri, “Sistem Informasi Pendaftaran Santri Baru Berbasis WEB dengan Pemanfaatan UML Pada PONPES Daarun Nizham,” vol. 1, no. 1, pp. 1–11, 2021.
R. A. Sukamto and M. Salahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak. INFORMATIKA, 2018.
adminlp2m, “Metode Waterfall – Definisi dan Tahap-tahap Pelaksanaannya,” LP2M Universitas Medan Area. [Online]. Available: https://lp2m.uma.ac.id/2022/06/07/metode-waterfall-definisi-dan-tahap-tahap-pelaksanaannya/. [Accessed: 10-Oct-2022].
Suendri, “Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) Pada Perancangan Sistem Informasi Remunerasi Dosen Dengan Database Oracle (Studi Kasus: UIN Sumatera Utara Medan),” J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 3, no. 1, pp. 1–9, 2018.
A. Anisah and K. Kuswaya, “Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data Pengeluaran, Penggunaan Bahan Dan Hutang Dalam Pelaksanaan Proyek Pada Pt Banamba Putratama,” Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 8, no. 2, p. 507, 2017.
agnitia L. Mita, T. Muhamad, and A. Surtika, “Sistem Informasi Pengolahan Data Administrasi Kependudukan Pada Kantor Desa Pucung Karawang,” J. Interkom Vol. 13 No. 3, vol. 13, no. 3, pp. 14–21, 2018.
Kuryanti and J. K. Sandra, “Rancang Bangun Sistem E-Learning sebagai Sarana Pemberlajaran Sandra,” J. Khatulistiwa Inform., vol. 4, no. 1, pp. 84–92, 2016.
DOI: https://doi.org/10.30591/smartcomp.v12i3.4381
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
SMART COMP INDEXED OR REGISTERED BY
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
| ![]() | ![]() |
View My Stats
![]() |






















