Analisis Efektifitas UI UX Aplikasi Pedulilindungi Menggunakan Pendekatan Customer Knowledge Management (CKM)

Yudi Sutanto, Nur Widjiyati

Abstract


Aplikasi pedulilindungi merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Pemerintah Indonesia – Kemenkes dalam menekan dan mengurangi tingkat penyebaran COVID19.  Banyaknya masukan dan ulasan yang cenderung bersifat .kritik terhadap aplikasi tersebut di Google Play Store, membuat penulis tertarik untuk melakukan penelitian terhadap aplikasi tersebut dengan melakukan review terhadap sisi konten/informasi, sisi layout dan sisi fitur tambahan aplikasi tersebut, menggunakan metode pendekatan CKM.  CKM merupakan sebuah metode pendekatan berbasis Usabillity, yang digunakan untuk mengelola, memanajemen dan mengidentifikasi insight dan pemahaman pengguna terhadap sebuah produk.  Hasil dari penelitian didapatkan review bahwa, aplikasi pedulilindungi sudah cukup bagus dan baik, namun dengan beberapa masukan yang penulis berikan terhadap aplikasi tersebut untuk pembaca, didalam nantinya pemerintah terus mengembangkan aplikasi tersebut.  Seperti perubahan halaman home, dengan menambahkan pintasan fitur – fitur utama aplikasi ini seperti CheckIn dan lihat sertifikat ke dalam sebuah tabLayoutMenu, tentunya akan memperbaiki sisi performa dari aplikasi tersebut.

Full Text:

References


Kebijakan Privasi - PeduliLindungi. (n.d.). Pedulilindungi.Id. Retrieved February 12, 2023, from https://www.pedulilindungi.id/kebijakan-privasi-data

Kominfo, P. (n.d.). Aplikasi Pedulilindungi Jadi Syarat Utama Bepergian. Website Resmi Kementerian Komunikasi Dan Informatika RI. Retrieved February 12, 2023, from http:///content/detail/36596/aplikasi-pedulilindungi-jadi-syarat-utama-bepergian/0/artikel

Setiawan, H., Susilo, E., Kristianto, R. P., Arif Firdaus, M., & Gunawan, D. (2016). Analisis fitur dengan metode customer knowledge managemet (ckm) Pada situs kpu (kpu.Go.Id). SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, 4(1), 2-11–55. https://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/view/1309

Hasan, A., Nadhroh, F., & Fithri, P. (2021). Usulan Customer Knowledge Management (CKM) Di Fitur Aplikasi Logistik di PT. X. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 7(1), 27–34. https://doi.org/10.25077/teknosi.v7i1.2021.27-34

Erlangga, B. (n.d.). Beri Jempol Transformasi Digital Kemenkes, Menteri PANRB: Lompatan Signifikan Sektor Kesehatan RI. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi. Retrieved February 12, 2023, from https://www.menpan.go.id/site/berita-terkini/beri-jempol-transformasi-digital-kemenkes-menteri-panrb-lompatan-signifikan-sektor-kesehatan-ri

Kominfo, P. (n.d.). Transformasi Digital Kemenkes Jadi Lompatan Signifikan Sektor Kesehatan RI. Website Resmi Kementerian Komunikasi Dan Informatika RI. Retrieved February 12, 2023, from http:///content/detail/46990/transformasi-digital-kemenkes-jadi-lompatan-signifikan-sektor-kesehatan-ri/0/berita

Sedighi, M. M., Mokfi, T., Golrizgashti, S., Naaranoja, M., Chasanah, N., Sensuse, D., Lusa, S., Shang, K.-C., Lu, C.-S., Hadi, W., Alwidian, J., Alhawari, S., & Li, M. (n.d.). CKM process model. ResearchGate. Retrieved February 12, 2023, from https://www.researchgate.net/figure/CKM-process-model_fig1_263325119

Customer Relationship Management (CRM). (n.d.). Ub.Ac.Id. Retrieved February 12, 2023, from http://muwafikcenter.lecture.ub.ac.id/2014/05/customer-relationship-management-crm/




DOI: https://doi.org/10.30591/smartcomp.v12i2.5139

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SMART COMP INDEXED OR REGISTERED BY

  
Flag Counter

View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

 

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET