Penerapan Forecasting Menggunakan Metode Time Series Untuk Menentukan Proyeksi Sales di Perusahaan Manufacturing Furniture

Lukito Angga Prasakti, Christina Juliane

Abstract


Jumlah penduduk yang tidak sedikit tentu mendorong para perusahaan termasuk perusahaan nanufaktur untuk terus mengembangkan produksinya baik secara kualitas dan kuantitas, apalagi jumlah perusahaan dengan fokus yang sama cukup banyak. Hal ini dikarenakan, setiap perusahaan  terntu ingin memperoleh keuntungan yang banyak dan minim adanya keluhan konsumen atau pelanggan. Salah satu cara yang dianggap dapat mengatasi hal tersebut ialah dengan melakukan kebijakan perusahaan mengacu pada peramalan penjualan produk di masa mendatang. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui lebih lanjut mengenai penerapan forecasting untuk menentukan  proyeksi sales perbulan pada tahun berikutnya di Perusahaan Manufacturing Furniture. Tujuannya untuk mengetahui peran forecasting dalam membuat kebijakan atas produksi perusahaan pada waktu berikutnya dengan mempertinbangkan proyeksi sales yang didasari hasil forecasting perusahaan. Metode yang digunakan ialah Time Series dengan pengumpulan data melalui dokumentasi pada reguler local market tahun 2022 tepatnya 12 bulan. Setelah data terkumpul maka akan dianalisis secara mendalam sehingga diketahui hasil penelitian bahwa penetapan forecasting secara teliti maka akan menghasilkan peramalan yang tidak jauh dari kenyataan dan dapat membantu dalam menghitung proyeksi sales perusahaan manufacture bidang furnitur pada waktu berikutnya, dengan nilai MAPE 0,06

Full Text:

References


Simon Kemp, 5 April 2022, Digital 2022 Indonesia :Internet use in Indonesia 2022, https://datareportal.com/reports/digital-2022 indonesia?rq=indonesia%202022.

N. Rohman, R. Luviana Musyarofah, E. Utami, and S. Raharjo, “Natural Language Processing on Marketplace Product Review Sentiment Analysis,” in 2020 2nd International Conference on Cybernetics and Intelligent System (ICORIS), 2020, pp. 1–5, doi: 10.1109/ICORIS50180.2020.9320827.

X. Wang, T. Zhou, X. Wang, and Y. Fang, “Harshness-aware sentiment mining framework for product review,” Expert Systems with Applications, vol. 187, p. 115887, 2022, doi: https://doi.org/10.1016/j.eswa.2021.115887.

J.-W. Bi, Y. Liu, and Z.-P. Fan, “Representing sentiment analysis results of online reviews using interval type-2 fuzzy numbers and its application to product ranking,” Information Sciences, vol. 504, pp. 293–307, 2019, doi: https://doi.org/10.1016/j.ins.2019.07.025.

Q. Wang, W. Zhang, J. Li, F. Mai, and Z. Ma, “Effect of online review sentiment on product sales: The moderating role of review credibility perception,” Computers in Human Behavior, vol. 133, p. 107272, 2022, doi: https://doi.org/10.1016/j.chb.2022.107272.

Kevin, V. et al. (2020) “Analisis Sentimen Transportasi Online Menggunakan Support Vector Machine Berbasis Particle Swarm Optimization ( Online Transportation Sentiment Analysis Using Support Vector Machine Based on Particle Swarm Optimization ),” Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, 9(2), hal. 162–170FLEXChip Signal Processor (MC68175/D), Motorola, 1996.

Y. Yennimar and R. Rizal, “Comparison of Machine Learning Classification Algorithms in Sentiment Analysis Product Review of North Padang Lawas Regency,” SinkrOn, vol. 4, p. 268, 2019, doi: 10.33395/sinkron.v4i1.10416

Sihombing, L., Hannie, H. dan Dermawan, B. (2021) “Sentimen Analisis Customer Review Produk Shopee Indonesia Menggunakan Algortima Naïve Bayes Classifier,” Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 5, hal. 233–242. doi: 10.29408/edumatic.v5i2.4089

M. T. Akter, M. Begum, and R. Mustafa, “Bengali Sentiment Analysis of E-commerce Product Reviews using K-Nearest Neighbors,” in 2021 International Conference on Information and Communication Technology for Sustainable Development (ICICT4SD), 2021, pp. 40–44, doi: 10.1109/ICICT4SD50815.2021.9396910

S. F. N. H. R. JAYADI, “Sentiment Analysis Of Indonesian E-Commerce Product Reviews Using Support Vector Machine Based Term Frequency Inverse Document,” vol. 99, no. 17, pp. 4316–4325, 2022




DOI: https://doi.org/10.30591/smartcomp.v12i2.5165

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SMART COMP INDEXED OR REGISTERED BY

  
Flag Counter

View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

 

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET