Evaluasi Usability Website E-Katalog Lokal Lkpp dengan Menggunakan Metode Usability Testing

Kiki Emyrasari, Purwono Hendradi, Setiya Nugroho

Abstract


Salah satu metode pengadaan barang/jasa pada pemerintah adalah menggunakan e-purchasing. E-purchasing dapat dilaksanakan dengan aplikasi marketplace yang dibuat oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Pemerintah (LKPP). Pada Tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Temanggung melalui Bagian Pengadaan Barang/Jasa menghimbau kepada 103 Perangkat Daerah untuk berbelanja barang/jasa menggunakan e-katalog LKPP. Karena hal tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah mengevaluasi usability website e-katalog LKPP dengan metode usability testing. Metode yang digunakan adalah metode campuran yaitu metode kualitatif dan kuantitatif. Lokasi penelitian di Kabupaten Temanggung pada bulan April tahun 2023. Populasi pada penelitian ini sebanyak 27 orang. Sampel yang digunakan menggunakan total sampling sehingga terdapat 27 responden. Instrumen yang digunakan adalah angket dan wawancara. Hasil yang didapatkan secara analisis deskripsi secara kuantitatif adalah penggunaan e-katalog masih tergolong sedang. Namun pada hasil kualitatif masih banyak pengguna baik pembeli maupun penjual masih mengeluhkan aplikasi yang kurang user friendly

Full Text:

References


D. Wu, D. W. Rosen, L. Wang, and D. Schaefer, “Cloud-based design and manufacturing: A new paradigm in digital manufacturing and design innovation,” CAD Computer Aided Design, vol. 59, pp. 1–14, 2015, doi: 10.1016/j.cad.2014.07.006.

R. Yustiani, R. Yunanto, P. Studi Manajemen, and P. Studi Komputerisasi Akuntansi, “Peran Marketplace Sebagai Alternatif Bisnis Di Era Teknologi Informasi,” Ilmiah Komputer dan, vol. 6, no. 2, 2017.

D. S. Rachmad, “Usability Evaluation Application Sentuh Tanahku Using Heuristic Method,” Indonesian Journal on Information System, vol. 5, no. 1, pp. 34–43, 2020.

S. Berbasis, W. Intan, S. Y. Saputri, M. Fadhli, and I. Surya, “Penerapan Metode UCD (User Centered Design) Pada E-Commerce Putri Intan Shop Berbasis Web,” Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi, vol. 3, no. 2, pp. 269–278, Sep. 2017, doi: 10.25077/TEKNOSI.V3I2.2017.269-278.

D. A. Rusanty, A. Dara, and F. Lutfi, “Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Lelenesia (Marketplace Penjualan Lele) Menggunakan Metode Design Thinking | Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer,” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 11, pp. 10484–10493, 2019, Accessed: May 22, 2023. [Online]. Available: https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6700

T. A. Purnomo, R. A. Widyanto, A. Setiawan, P. Hendradi, and P. Suksmasetya, “Usability analysis of disaster information systems using usability testing,” in Journal of Physics: Conference Series, Institute of Physics Publishing, May 2020. doi: 10.1088/1742-6596/1517/1/012089.

N. Rafianto, “Penerapan Metode Scrum Pada Pembuatan User Experience Landing Page Sistem Informasi Lentera,” Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi, vol. 3, no. 2, p. 492081, 2021, doi: 10.31326/SISTEK.V3I2.979.




DOI: https://doi.org/10.30591/smartcomp.v12i3.5223

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SMART COMP INDEXED OR REGISTERED BY

  
Flag Counter

View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

 

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

slot Online

slot777

postoto787 link alternatif

postoto787 login

Slot Gacor

Slot Maxwin

Slot88

SUNDA787

SITUS SUNDA787

SUNDA787 Login

SUNDA787 Daftar

SUNDA787

Slot Gacor

Slot Maxwin

SUNDA787 Daftar

SUNDA787 Login