Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Tujuan Wisata Di Cilacap Menggunakan Metode Weighted Product
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi permasalahan yang sering muncul untuk wisatawan yaitu masih merasa kurang puas karena pemilihan obyek wisata kurang sesuai dengan keinginan. Akibatnya, calon wisatawan hanya mengunjungi obyek-obyek wisata yang menurut orang lain bagus padahal belum tentu kriteria sesuai yang diinginkan. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat sebuah sistem pendukung keputusan yang mampu memberikan rekomendasi wisata terbaik di Kabupaten Cilacap sesuai keinginan pengguna. Kriteria yang digunakan adalah harga tiket masuk, kelengkapan fasilitas, jarak wisata dengan terminal kota Cilacap dan Nilai review wisata. Metode yang digunakan adalah Weight Product dengan proses awal pemberian bobot pada tiap kriteria dan bobot tersebut kemudian di normalisasi untuk selanjutnya mencari nilai Vektor S dan Vektor V. Penelitian ini akan berbentuk web. Hasil dari perhitungan sistem dan perhitungan manual mengeluarkan rekomendasi wisata yang sesuai. Sistem ini menghasilkan kesimpulan dari hasil perankingan sistem tersebut, maka didapatkan hasil 5 wisata terbaik dengan inputan bobot kepentingan Harga Tiket Masuk Murah, Kelengkapan Fasilitas Cukup Lengkap, Jarak dari Terminal Kota Sangat Dekat dan Nilai Review Baik adalah 1. Benteng Pendem sebesar 5,243%, 2. Hutan Manggroove/ Payau Kampung laut sebesar 5,209%, 3. Pantai Pasir Putih Nusakambangan sebesar 5,093%, 4. Wisata Hutan Payau sebesar 4,926% dan Pantai Teluk Penyu sebesar 4,673%.
DOI: https://doi.org/10.30591/smartcomp.v12i3.5234
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
SMART COMP INDEXED OR REGISTERED BY
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
| ![]() | ![]() |
View My Stats
![]() |






















