Analisis Perbandingan Rendering Animasi 3D Menggunakan Metode Workbench dan Eevee Pada Blender
Abstract
Pada masa sekarang, kebutuhan akan grafik tiga dimensi sangat tinggi di berbagai sektor industri kreatif, termasuk dalam pembuatan film animasi dan film yang memanfaatkan efek visual. Animasi 3D, sebagai contoh, merupakan jenis animasi di mana objek bergerak dalam dunia digital tiga dimensi. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Metode MDLC terdiri dari enam tahapan yaitu konsep, desain, pengumpulan material, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Kemudian penulis melakukan wawancara kepada 10 responden untuk mengetahui perbandingan hasil rendering dari kedua teknik rendering yang digunakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan teknik rendering Workbench dan Eevee pada software Blender. Adapun yang dibandingkan adalah kecepatan rendering, ukuran file output rendering, dan kualitas gambar yang dihasilkan dari dua teknik rendering tersebut. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa Workbench mengungguli Eevee dalam perbandingan kecepatan rendering, ukuran file output rendering, dan kualitas render yang dihasilkan oleh Eevee lebih diunggulkan dibandingkan dengan Workbench.
References
I. N. B. Hartawan and A. M. Dirgayusari, “Analisis Rendering Video Animasi 3D Menggunakan Aplikasi Blender Berbasis Network Render,” J. Resist. (Rekayasa Sist. Komputer), vol. 1, no. 1, pp. 25–33, 2018, doi: 10.31598/jurnalresistor.v1i1.223.
Aryanto, T. Hisyam Muhammad Umar, and D. Winarso, “Analisis Perbandingan Teknik 3D Rendering Cycles Dan Eevee Pada Software Blender,” J. Fasilkom, vol. 10, no. 1, pp. 11–19, 2020, doi: 10.37859/jf.v10i1.1902.
I. A. Astuti, I. H. Purwanto, T. Hidayat, D. A. Satria, Haryoko, and R. Purnama, “Comparison of Time, Size and Quality of 3D Object Rendering Using Render Engine Eevee and Cycles in Blender,” in 2022 5th International Conference of Computer and Informatics Engineering (IC2IE), IEEE, Sep. 2022, pp. 54–59. doi: 10.1109/IC2IE56416.2022.9970186.
R. Purnama, “Pengujian Efisiensi Waktu, Ukuran dan Kualitas Hasil Render Terhadap Render Engine Eevee dan Cycles Menggunakan Aplikasi Blender.” 2021.
B. Nusa Bhakti, Y. Nurfaizal, and T. Anwar, “Analisis Komparasi Teknik Rendering Blender Render Dan Cycles Render Pada Video Animasi 3d Tentang Alat Pencernaan Manusia,” Technomedia J., vol. 6, no. 2, pp. 188–196, Nov. 2021, doi: 10.33050/tmj.v6i2.1723.
A. Sari, A. Usman, and D. Handoko, “Comparison Analysis of 3D Animation Rendering With Cycles Methods and Workbench in Blender,” Int. J. DATA Sci. Vis., vol. 1, no. 1, 2022.
J. Putra, “Perancangan Animasi 3D Simulasi Bandar Udara Menggunakan Software 3DS Max,” J. Ilm. Core IT Community Res. …, vol. 8, no. 2, pp. 18–24, 2020, [Online]. Available: http://www.ijcoreit.org/index.php/coreit/article/view/188
A. A. Murtopo, “Aplikasi Multimedia Wisata Kesehatan Jamu Berbasis Android,” Smart Comp Jurnalnya Orang Pint. Komput., vol. 10, no. 2, pp. 112–117, 2021.
J. Pratama, A. Ramadhansyah, and U. I. Batam, “Hydroponic Vegetable Product Advertisement Video Analysis and Development with MDLC Model,” vol. 6, no. 158, pp. 618–628, 2023.
W. Jimmy Pratama, “Perancangan Augmented Reality Dalam Media Pembelajaran Sistem Anatomi Tumbuhan Sekolah Dasar Berbasis Android,” J. Inf. Syst. Technol., vol. 1, no. 2, pp. 1–15, 2020.
D. Deslianti, R. Anugrah, and Pahrizal, “Pembuatan Video 3D Kampus IV Universitas Muhamadiyah Bengkulu Menggunakan Blender,” Jusibi - (Jurnal Sist. Inf. Dan E-Bisnis), vol. 2, no. 1, pp. 289–297, 2020.
R. Novi and S. Ginanjar, “Pembuatan Animasi 3D Usaha Kecil Menengah (Bengkel),” J. Sci. Soc. Res., vol. 4307, no. 3, pp. 256–262, 2021.
Muhammad Rofi’ Nur Assidiqi Haryanto and Charles De Haan, “Penerapan Visual Efek 2D Dalam Produksi Film Animasi 3D ‘Neos Desert Ambush,’” J. Ris. Rumpun Seni, Desain Dan Media, vol. 1, no. 2, pp. 29–42, 2022, doi: 10.55606/jurrsendem.v1i2.499.
DOI: https://doi.org/10.30591/smartcomp.v13i1.6077
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
SMART COMP INDEXED OR REGISTERED BY
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
| ![]() | ![]() |
View My Stats
![]() |






















