Aplikasi Augmented Reality Pengenalan Sistem Musculoskeletal Pada Tubuh manusia Berbasis Android
Abstract
Sistem musculoskeletal merupakan salah satu sistem alat gerak tubuh manusia dengan menggunakan media pembelajaran dalam bentuk aplikasi. Sistem muskuloskeletal terdiri dari otot, jaringan ikat, saraf, serta tulang dan sendi. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk memperkenalkan sistem muskuloskeletal dengan lebih interaktif menggunakan teknologi augmented reality. Pada penelitian ini menampilkan tulang manusia dalam bentuk 3D dan menampilkan deskripsi singkat tentang tulang. Penelitian ini memanfaatkan teknologi Komputer, untuk pembuatan objek 3D menggunakan Blender dan untuk pembuatan aplikasi sistem musculoskeletal pada tubuh manusia menggunakan Unity3D. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode UML (Unified Modeling Language) merupakan metode pemodelan dengan cara visual yang digunakan sebagai tujuan perancangan sistem yang mengarah ke objek. Penelitian ini, menghasilkan aplikasi pengenalan sistem musculoskeletal pada tubuh manusia sebagai media peraga 12 jenis tulang yang terdapat pada tubuh manusia yang berbasis android. Selain itu, penelitian ini juga menghasilkan pengujian terhadap aplikasi tersebut, metode yang digunakan dalam pengujian adalah pengujian blackbox. Hasil dari pengujian blackbox yang telah dilakukan di seluruh halaman aplikasi AR Musculoskeletal menunjukkan bahwa, baik menu maupun kamera AR berfungsi dengan baik.
References
M. Arsyad dkk., “ANIMASI AUGMENTED REALITY UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI BERBASIS ANDROID INTISARI (in Indonesia),” vol. 4, no. 1, 2023.
A. Hidayat dan A. Mujahiduddien, “PEMBELAJARAN BENTUK SENDI TULANG MANUSIA MENGGUNAKAN KONSEP AUGMENTED REALITY,” vol. 3, no. 1, 2017, [Daring]. Tersedia pada: www.developer.voforia.com.
M. Jamil, “Pemanfaatan Teknologi Virtual Reality (VR) Di Perpustakaan...(M Jamil) Pemanfaatan Teknologi Virtual Reality (VR) di Perpustakaan”.
L. Kanti, S. F. Rahayu, E. Apriana, dan E. Susanti, “Analisis Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality dengan Model POE2WE Pada Materi Teori Kinetik Gas: Literature Review,” Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, vol. 2, no. 1, hlm. 75, Jun 2022, doi: 10.52434/jpif.v2i1.1731.
J. Ilmiah Kesehatan Sandi Husada dan D. Yudha Prakasa, “Dirga Yudha Prakasa, Musculoskeletal Complications in Diabetes Mellitus Patients Komplikasi Muskuloskeletal pada Pasien Diabetes Melitus Musculoskeletal Complications in Diabetes Mellitus Patients Artikel info Artikel history”, doi: 10.35816/jiskh.v10i2.454.
L. U. Tesis dkk., “Hubungan antara Kekuatan Otot dan Daya Tahan Otot Anggota Gerak Bawah dengan Kemampuan Fungsional.”
I. Hadi Purwanto, A. Gusa Dewa, S. Dwi Kurniawan, F. Ilmu Komputer, dan U. Amikom Yogyakarta, “Implementasi Augmented Reality sebagai Media Pendukung Pembelajaran menggunakan Multimedia Development Life Cycle (MDLC).”
DOI: https://doi.org/10.30591/smartcomp.v13i1.6080
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
SMART COMP INDEXED OR REGISTERED BY
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
| ![]() | ![]() |
View My Stats
![]() |






















