Desain UI/UX Aplikasi Reservasi Restoran Dafam Fortuna Malioboro Menggunakan Metode Design Thinking
Abstract
Banyak restoran masih menggunakan sistem pencatatan manual hingga saat ini, yang menempatkan mereka pada risiko kehilangan data dan dapat merusak reputasi mereka. Membuat reservasi dan memilih menu melalui telepon atau secara langsung bisa menjadi tantangan bagi pelanggan.Pembuatan sistem reservasi online berbasis aplikasi ponsel adalah solusi yang diusulkan untuk masalah-masalah ini. Dengan teknologi ini, pelanggan dapat memesan meja tanpa harus mengunjungi restoran secara fisik, yang meningkatkan kenyamanan dan efisiensi pelanggan. Metode Design Thinking diterapkan dalam menciptakan sistem yang efektif. Dengan menggunakan kombinasi kreativitas, empati, dan rasionalitas, Design Thinking menghasilkan solusi inovatif yang memenuhi kebutuhan pengguna.Temuan penelitian menunjukkan bahwa penerapan Design Thinking pada desain UI/UX aplikasi reservasi restoran dapat menghasilkan produk akhir yang lebih baik dan lebih menarik bagi pelanggan. Penerimaan teknologi yang semakin meningkat di Yogyakarta didukung oleh konektivitas internet yang lebih baik, penggunaan smartphone yang meningkat, dan peningkatan penggunaan teknologi. Restoran dapat merancang menu khusus, menawarkan layanan yang lebih personal, dan mengurangi risiko kehilangan data reservasi dengan sistem reservasi online yang efektif. Secara keseluruhan, inovasi ini dapat meningkatkan pengalaman makan bagi pelanggan dan membuat restoran lebih kompetitif di pasar yang semakin ramai.
References
D. R. Kusnadi, "ANALISIS DAN PERANCANGAN APLIKASI RESERVASI DAN ORDER MENU BERBASIS WEB," Universitas Komputer Indonesia, pp. 129-140, 2016.
Binus, "Design Thinking," Design Thinking: Pengertian, Tahapan dan Contoh Penerapannya., 2020.
M. Telaumbanua, "Medium," Minggu Februari 2019. [Online]. Available: https://medium.com/@murnitelaumbanua98/5-tahap-design-thinking-menurut-stanford-d-school-e06f871c45c9.
G. Tambunan, "Prototype," Prototype, 2019.
W. E. Ambaritha, "Prototyping," Prototyping Dalam Proses Design, 2019.
J. Warisan and A. Harianto, "FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMILIH RESTORAN “ALL YOU CAN EAT” DI SURABAYA," Publication Petra Manajemen Perhotelan, 2010.
N. Hasti, "ANALISIS DAN PERANCANGAN APLIKASI RESERVASI DAN ORDER MENU BERBASIS WEB," Universitas Komputer Indonesia, pp. 129-140, 2016.
Khadijah, “STUDI PERBANDINGAN METODOLOGI UIUX (STUDI KASUSPROTOTYPEAPLIKASI PDBI ACADEMIC INFORMATION SYSTEM),” Jurnal Inovasi Hasil Penelitian dan Pengembangan, vol. 2, 2022, Accessed: May 19, 2024. [Online]. Available: https://www.jurnalp4i.com/index.php/knowledge/article/view/1808/1706
A. Fatwa and M. Candra, “PENERAPAN METODE DESIGN THINKING DALAM RANCANG PROTOTIPE APLIKASI BERBASIS WEB SISTEM PEMINJAMAN DOKUMEN ARSIP DI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA PROVINSI JAWA TIMUR,” 2022.
B. Nisa, “PEMODELAN USER EXPERIENCE PEMBELAJARAN TATA SURYA MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING,” 2024.
N. Thomas, “How To Use The System Usability Scale (SUS) To Evaluate The Usability Of Your Website - Usability Geek.” Accessed: Jun. 27, 2024. [Online]. Available: https://usabilitygeek.com/how-to-use-the-system-usability-scale-sus-to-evaluate-the-usability-of-your-website/
J. Mifsud, “Usability Metrics - A Guide To Quantify The Usability Of Any System - Usability Geek.” Accessed: Jun. 26, 2024. [Online]. Available: https://usabilitygeek.com/usability-metrics-a-guide-to-quantify-system-usability/
J. Sauro and J. R. Lewis, “Quantifying The User Experience: Practical Statistics For User Research – MeasuringU.” Accessed: Jun. 28, 2024. [Online]. Available: https://measuringu.com/book/quantifying-the-user-experience-practical-statistics-for-user-research/
DOI: https://doi.org/10.30591/smartcomp.v13i3.7197
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
SMART COMP INDEXED OR REGISTERED BY
View My Stats