Workshop Pembuatan Video Ajar Menggunakan Aplikasi A Power Soft

Kartina Diah Kusuma Wardani, Wenda Novayani, Dini Nurmalasari, Mardhiah Fadhli, Memen Akbar

Abstract


Pada masa pandemi seperti saat ini ini, banyak perihal yang terdampak serta merubah kelaziman manusia. Bidang Pembelajaran ialah salah satu yang sangat terdampak akibat keadaan ini. Saat sebelum pandemi proses belajar mengajar dilakukan secara tatap muka disatu tempat ataupun ruangan yang sama antara pengajar serta penuntut ilmu, namun disaat ini mesti dilakukan secara jaringan (daring). Segera menyesuaikan diri dengan cara yang pas sangat diperlukan untuk menyikapi pergantian keadaan untuk aktivitas belajar mengajar. Salah satunya yakni supaya siswa tidak merasa bosan, modul bisa tersampaikan dengan efektif, serta lain sebagainya. Pastinya perihal ini jadi tantangan untuk guru bagaimana membuat media ajar yang efektif. Media ajar yang diduga sangat efektif pada masa pandemic serta pendidikan daring ini salah satunya ialah Video Ajar. Tetapi guru- guru pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Taruna Persada Dumai hanya mengetahui media untuk membuat video ajar yang terbatas. Bersumber pada kasus tersebut, serta hasil dialog yang sudah dilakukan antara pihak sekolah spesialnya Sekolah Menengah Kejuruan(SMK) Taruna Persada Dumai serta Dosen Prodi Teknik Komputer, maka pada aktivitas pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan Workshop pembuatan video ajar memakai A Power Soft untuk guru- guru Sekolah Menengah Kejuruan(SMK) Taruna Persada Dumai sebagai salah satu alternatif media ajar yang bisa digunakan oleh guru- guru dalam membuat video ajar dalam penyampaian modul. 

Keywords


Media Ajar, Video Ajar, Guru, Murid

Full Text:

References


H. A. Rigianti, “Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Banjarnegara,” Akrab Juara, vol. 7, no. 2, pp. 297–302, 2020.

O. I. Handarini and S. S. Wulandari, “Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH).,” J. Pendidik. Adm. Perkantoran, vol. 8, no. 3, pp. 465–503, 2020.

F. Hadi, A. Syafi’i, and Y. Isgandi, “Pelatihan Penerapan Pembelajaran Daring Interaktif Bagi Guru-Guru SD Al Islam Morowudi, Gresik,” To Maega J. Pengabdi. Masy., vol. 3, no. 2, p. 142, 2020, doi: 10.35914/tomaega.v3i2.420.

N. Nafiah, S. Ghufron, and S. Hartatik, “Pelatihan Dan Pendampingan Manajemen Pembelajaran Daring Ditengah Pandemi Covid 19 Bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah,” SELAPARANG J. Pengabdi. Masy. Berkemajuan, vol. 4, no. 3, p. 540, 2021, doi: 10.31764/jpmb.v4i3.4324.

A. S. Syarifudin, “Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing,” J. Pendidik. Bhs. dan Sastra Indones. Met., vol. 5, no. 1, pp. 31–34, 2020, doi: 10.21107/metalingua.v5i1.7072.




DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v5i3.3169

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Tim Redaksi Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal

Email :
abdimas@poltektegal.ac.id

   

Copyright: Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming p-ISSN:2598-9030 e-ISSN:2614-056X 

 

Flag Counter

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats