Pendampingan dan Pelatihan Pengembangan Asesmen Literasi Membaca dan Numerasi Berbasis TIK

Siti Maryatul Kiptiyah, Panca Dewi Purwati, Eko Purwanti, Nursiwi Nugraheni, Aldina Eka Andriani, Galih Mahardika Christian Putra

Abstract


Asesmen merupakan komponen penting dalam pembelajaran. Kurangnya kemampuan pendidik dalam mengembangkan asesmen menjadi tantangan tersendiri. Di samping itu, keterampilan dalam penguasaan TIK di era revolusi industry 4.0 juga perlu menjadi perhatian di kalangan pendidik. Penyelenggaraan pelatihan pengembangan aesmen bagi guru menjadi salah satu solusi permasalahan tersebut. Pendampingan dan pelatihan dilakukan melalui Workshop Pengembangan Asesmen Literasi Membaca dan Numerasi Berbasis TIK yang diperuntukkan bagi guru SD di Gugus R.A. Kartini Semarang bertujuan untuk memberikan informasi dan peningkatan kompetensi yang memadai. Metode yang digunakan adalah pre-test dan post-test, ceramah, diskusi, demonstrasi, serta pendampingan dan pengarahan pengembangan asesmen literasi membaca dan numerasi kelas (Level 1 dan 2). Adapun pelaksanaan pelatihan tersebut dilakukan dengan dua cara, yaitu secara syncronus dan asyncronus. Metode asyncronus dilakukan melalui media WA grup, sedangkan metode syncronus dilaksanakan pada saat pelatihan berlangsung secara realtime melalui aplikasi zoom-meeting Hasil kegiatan ini yang juga merupakan program kemitraan berupa pengabdian masyarakat adalah sebagai berikut. Pertama, peserta workshop menunjukkan peningkatan pengetahuam dan pemahaman terkait teori konseptual asesmen literasi membaca dan numerasi. Terlihat dari hasil pre- test dan postes. Kedua, peserta workshop menunjukkan peningkatan keterampilan dan kompetensi guru dalam mengembangkan asesmen literasi membaca dan numerasi berbasis TIK melalui pengumpulan produk soal. Ketiga, peserta workshop menunjukkan respon positif setelah mengikuti pelatihan pengembangan asesmen literasi membaca dan numerasi berbasis TIK.


Keywords


Asesmen, Literasi, Membaca, Numerasi, TIK

Full Text:

References


Fauziah, Aifah., Sobari, Robandi, 2021, Analisis Pemahaman Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Mengenai Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Jurnal Ilmu Pendidikan, 3 (4): 1550-1558.

Resti Y, Kresnawati ES, 2020, Peningkatan Kemampuan Numerasi Melalui Pelatihan

Dalam Bentuk Tes Untuk Asesmen Kompetensi Minimum Bagi Guru Sdit

Auladi Sebrang Ulu II Palembang. J Pendidik. halaman:18–9.

Pellegrino, J. W., 2014, Assessment as a positive influence on 21st century

teaching and learning: A systems approach to progress. Psicologia Educativa.

https://doi.org/10.1016/j.pse.2014.11.002

Pusmenjar. Buku Saku Asesmen Diagnosis Kognitif Berkala, 2020, Available from: https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/pengantar-buku-saku-asesmendiagnosis-kognitif-berkala-1947/.

Fiangga, Shofan, dkk, 2019, Penulisan Soal Literasi Numerasi bagi Guru SD di Kabupaten Ponorogo. Jurnal Anugerah, 1(1): 9-18.




DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v5i3.3340

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Tim Redaksi Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal

Email :
abdimas@poltektegal.ac.id

   

Copyright: Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming p-ISSN:2598-9030 e-ISSN:2614-056X 

 

Flag Counter

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats