Workshop Model Permainan Olahraga Untuk Anak Disabilitas Tunagrahita di SLB C Tunas Harapan Karawang
Abstract
Pengabdian ini hasil dari penelitian kami yang akan di implementasikan ke daerah-daerah setempat, dengan harapan pengabdian kepada masyarakat ini sebagai pendorong untuk bangkit dari masa-masa sulit ditengah pandemi Covid-19 ini.Dengan ini kami membuat acara“Workshop Model Permainan Olahraga Untuk Anak Disabilitas Tunagrahita”. Dilaksanakan di SLB C Tunas Harapan Karawang dan Pengcab Special Olimpics Indonesia Kabupaten Karawang (SOINA). Tujuan Workshop ini yaitu untuk melatih keterampilan gerak dasar bagi anak disabilitas tunagrahita serta bertujuan untuk meningkatkan kebugaran jasmani anak-anak tunagrahita. Proses penerapan model permainan olahraga ini sudah dilakukan di sekolah dengan cara membuat lintasan yang terdiri dari 5 item permainan yang harus dilakukan oleh anak-anak tunagrahita disekolah dan untuk atlet-atlet SOINA. Hasil yang dicapai dari pelaksanaan workshop di SLB C Tunas Harapan dan atlet di SOINA yaitu dapat melatih gerak dasar bagi anak-anak disabilitas tunagrahita sehingga dapat meningkatkan proses tumbuh kembang anak, serta dapat meningkatkan kebugaran jasmani si anak agar anak bisa .melakukan kegiatan sehari-hari. dengan tubuh yang bugar dan sehat.Dan menambah pengetahuan dan kreatifitas bagi guru, pelatih dan orang tua dalam memberikan permainan kepada anak disabilitas tunagrahita.
Keywords
References
Desmita D. Psikologi perkembangan peserta didik. Remaja Rosdakarya; 2009.
Gallagher JJ. Inisiatif kebijakan baru: Bayi dan balita dengan kondisi cacat. Psikolog Amerika. 1989 Februari;44(2):387.
Gerak, K., Anak, D., & Grahita, T. (2012). Keterampilan Gerak Dasar Anak Tuna Grahita Ringan. Active - Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 1(1). https://doi.org/10.15294/active.v1i1.265
LPPM UNSIKA. (2021). Buku Panduan Kuliah Kerja Nyata . Karawang: LPPM UNSIKA.
Intani, A. D. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Motorik Berbasis Permainan Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Anak Tunagrahita. Motion, 7(1), 73–88.
Rismayanthi, C. (2013). Mengembangkan Keterampilan Gerak Dasar Sebagai Stimulasi Motorik Bagi Anak Taman Kanak-Kanak Melalui Aktivitas Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 9(1), 64–72. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji/article/view/3065
Satria, M. H., & Wijaya, M. A. (2020). Permainan Gerak Dasar Lokomotor Untuk Anak Tunagrahita Sedang. Jurnal Penjakora, 7(1), 49–56.
Sri, Y. (2012). Kajian implementasi tri dharma perguruan tinggi sebagai fenomena pendidikan tinggi di Indonesia. Widya, 29(318), 28–33.
Triana, M. (2018). Pengaruh Pembelajaran Dengan Model Bermain Terhadap Kemampuan Melempar Bola Pada Anak Tunagrahita Dalam Permainan Bocce. SpoRTIVE, 1((1)), 581–590.
DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v5i3.3866
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Tim Redaksi Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal
Email :
abdimas@poltektegal.ac.id
Copyright: Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming p-ISSN:2598-9030 e-ISSN:2614-056X
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.