Pelatihan Digital Marketing di Golden Ways Arum Manis Desa Pendem Kota Batu

Iradhad Taqwa, Asep Nurjaman, Salahudin Salahudin, Hevi Kurnia Hardini

Abstract


RW 07 Desa Pendem Kecamatan Batu merupakan salah satu sentra UMKM startegis yang memiliki beberapa unit usaha seperti olahan makanan yang salah satunya bernama Golden Ways Arum Manis. Mulai bergeliat dalam beberapa tahun terakhir namun disebabkan Covid-19 mengakibatkan penurunan omset penjualan yang cukup signifikan. Selain karena Covid-19 yang membuat arus penjualan dan transaksi barang dan jasa jadi terhambat, penurunan ini juga karena minimnya pemanfaatan media sosial sebagai bagian dari marketing digital yang sebetulnya jika dioptimalkan akan efektif dalam pengembangan unit usaha mikro. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah memberikan pemahaman mengenai  pemanfaatan digital marketing melalui pemanfaatan media sosial dalam pengelolaan bisnis. Metode pelaksanaan yang digunakan dalam kegiatan ini  berjenjang dimulai dari observasi, seminar dan pendampingan (evaluasi) kepada mitra. Hasilnya  pengabdian ini mampu meningkatkan pemahaman dan kesadaran untuk memanfaatkan media sosial khususnya instagram dan facebook dalam memasarkan hasil usaha. Dengan memahami kegunaan media sosial timbul keinginan untuk segera memaksimalkan pemasaran dengan menggunakan instagram dan facebook.

     

Keywords


Digital Marketing, Media Sosial, UMKM

Full Text:

References


D. A. Fadhilah and T. Pratiwi, “Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing Studi Kasus Usaha Kremes Desa Cibunar Kecamatan Rancakalong,” Coopetition J. Ilm. Manaj., vol. XII, no. 1, pp. 17–22, 2021.

Suandoyo doni, “Pentingnya Digital Marketing,” J. Graha Pengabdi., vol. 4, no. 2, pp. 154–162, 2022, [Online]. Available: https://www.viva.co.id/vstory/lainnya-vstory/1412100-pentingnya-digital-marketing?page=2&utm_medium=page-2.

E. M. Olson, K. M. Olson, A. J. Czaplewski, and T. M. Key, “Business strategy and the management of digital marketing,” Bus. Horiz., vol. 64, no. 2, pp. 285–293, 2021, doi: 10.1016/j.bushor.2020.12.004.

A. Goldfarb and C. Tucker, Chapter 5 - Digital marketing, vol. 1. Elsevier B.V., 2019.

M. Mehmet, R. Roberts, and T. Nayeem, “Using digital and social media for health promotion: A social marketing approach for addressing co-morbid physical and mental health,” Aust. J. Rural Health, vol. 28, no. 2, pp. 149–158, 2020, doi: 10.1111/ajr.12589.

M. T. P. M. B. Tiago and J. M. C. Veríssimo, “Digital marketing and social media: Why bother?,” Bus. Horiz., vol. 57, no. 6, pp. 703–708, 2014, doi: 10.1016/j.bushor.2014.07.002.

C. Drummond, T. O’Toole, and H. McGrath, “Digital engagement strategies and tactics in social media marketing,” Eur. J. Mark., vol. 54, no. 6, pp. 1247–1280, 2020, doi: 10.1108/EJM-02-2019-0183.

Y. K. Dwivedi, N. P. Rana, E. L. Slade, N. Singh, and H. Kizgin, “Editorial introduction: Advances in theory and practice of digital marketing,” J. Retail. Consum. Serv., vol. 53, no. xxxx, 2020, doi: 10.1016/j.jretconser.2019.101909.

Y. Nagar, “A Critical Review of Digital Marketing,” vol. 8, no. 10, pp. 321–339, 2018.

P. K. Kannan and H. “Alice” Li, “Digital marketing: A framework, review and research agenda,” Int. J. Res. Mark., vol. 34, no. 1, pp. 22–45, 2017, doi: 10.1016/j.ijresmar.2016.11.006.

L. Todd, “Accepted manuscript Development Accepted manuscript,” no. June, pp. 1–33, 2015.

M. O. Opresnik, Effective Social Media Marketing Planning – How to Develop a Digital Marketing Plan, vol. 10913 LNCS. Springer International Publishing, 2018.

J. M. Ponzoa and A. Erdmann, “E-Commerce Customer Attraction: Digital Marketing Techniques, Evolution and Dynamics across Firms,” J. Promot. Manag., vol. 27, no. 5, pp. 697–715, 2021, doi: 10.1080/10496491.2021.1880521.

W. Ritz, M. Wolf, S. Mcquitty, and W. Ritz, “Digital marketing adoption and success for small businesses The application of the do-it-yourself and adoption,” J. Res. Interact. Mark., 2019, doi: 10.1108/JRIM-04-2018-0062.

K. L. Page, “Advergaming ; E-Mail Marketing ; Internet Marketing ; Mobile Marketing ; Search Engine Marketing ; Social Web Marketing,” vol. 18, no. 3, p. 2010, 2010.

D. Laverie, W. Humphrey, K. T. Manis, and K. Freberg, “the Digital Era Has Changed Marketing: a Guide To Using Industry Certifications and Exploration of Student Perceptions of Effectiveness,” Mark. Educ. Rev., vol. 00, no. 00, pp. 1–24, 2020, doi: 10.1080/10528008.2020.1716806.

Chaffrey and Chadwick, Digital Marketing. London: Pearson, 2019.

M. Saifuddin, “Digital Marketing : Strategi Yang Harus Dilakukan Umkm Saat Pandemi Covid-19,” J. Bisnis Terap., vol. 5, no. 1, pp. 115–124, 2021, doi: 10.24123/jbt.v5i1.3028.

R. Rivani, A. Muftiadi, and H. Nirmalasari, “Implementasi Program Digital Marketing Pada Pelaku Umkm Di Masa Pandemi Covid-19,” Kumawula J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 2, p. 353, 2021, doi: 10.24198/kumawula.v4i2.32819.




DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v5i3.3917

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Tim Redaksi Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal

Email :
abdimas@poltektegal.ac.id

   

Copyright: Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming p-ISSN:2598-9030 e-ISSN:2614-056X 

 

Flag Counter

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats