Pelatihan Digital Marketing di Golden Ways Arum Manis Desa Pendem Kota Batu
Abstract
RW 07 Desa Pendem Kecamatan Batu merupakan salah satu sentra UMKM startegis yang memiliki beberapa unit usaha seperti olahan makanan yang salah satunya bernama Golden Ways Arum Manis. Mulai bergeliat dalam beberapa tahun terakhir namun disebabkan Covid-19 mengakibatkan penurunan omset penjualan yang cukup signifikan. Selain karena Covid-19 yang membuat arus penjualan dan transaksi barang dan jasa jadi terhambat, penurunan ini juga karena minimnya pemanfaatan media sosial sebagai bagian dari marketing digital yang sebetulnya jika dioptimalkan akan efektif dalam pengembangan unit usaha mikro. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah memberikan pemahaman mengenai pemanfaatan digital marketing melalui pemanfaatan media sosial dalam pengelolaan bisnis. Metode pelaksanaan yang digunakan dalam kegiatan ini berjenjang dimulai dari observasi, seminar dan pendampingan (evaluasi) kepada mitra. Hasilnya pengabdian ini mampu meningkatkan pemahaman dan kesadaran untuk memanfaatkan media sosial khususnya instagram dan facebook dalam memasarkan hasil usaha. Dengan memahami kegunaan media sosial timbul keinginan untuk segera memaksimalkan pemasaran dengan menggunakan instagram dan facebook.
Keywords
References
D. A. Fadhilah and T. Pratiwi, “Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing Studi Kasus Usaha Kremes Desa Cibunar Kecamatan Rancakalong,” Coopetition J. Ilm. Manaj., vol. XII, no. 1, pp. 17–22, 2021.
Suandoyo doni, “Pentingnya Digital Marketing,” J. Graha Pengabdi., vol. 4, no. 2, pp. 154–162, 2022, [Online]. Available: https://www.viva.co.id/vstory/lainnya-vstory/1412100-pentingnya-digital-marketing?page=2&utm_medium=page-2.
E. M. Olson, K. M. Olson, A. J. Czaplewski, and T. M. Key, “Business strategy and the management of digital marketing,” Bus. Horiz., vol. 64, no. 2, pp. 285–293, 2021, doi: 10.1016/j.bushor.2020.12.004.
A. Goldfarb and C. Tucker, Chapter 5 - Digital marketing, vol. 1. Elsevier B.V., 2019.
M. Mehmet, R. Roberts, and T. Nayeem, “Using digital and social media for health promotion: A social marketing approach for addressing co-morbid physical and mental health,” Aust. J. Rural Health, vol. 28, no. 2, pp. 149–158, 2020, doi: 10.1111/ajr.12589.
M. T. P. M. B. Tiago and J. M. C. Veríssimo, “Digital marketing and social media: Why bother?,” Bus. Horiz., vol. 57, no. 6, pp. 703–708, 2014, doi: 10.1016/j.bushor.2014.07.002.
C. Drummond, T. O’Toole, and H. McGrath, “Digital engagement strategies and tactics in social media marketing,” Eur. J. Mark., vol. 54, no. 6, pp. 1247–1280, 2020, doi: 10.1108/EJM-02-2019-0183.
Y. K. Dwivedi, N. P. Rana, E. L. Slade, N. Singh, and H. Kizgin, “Editorial introduction: Advances in theory and practice of digital marketing,” J. Retail. Consum. Serv., vol. 53, no. xxxx, 2020, doi: 10.1016/j.jretconser.2019.101909.
Y. Nagar, “A Critical Review of Digital Marketing,” vol. 8, no. 10, pp. 321–339, 2018.
P. K. Kannan and H. “Alice” Li, “Digital marketing: A framework, review and research agenda,” Int. J. Res. Mark., vol. 34, no. 1, pp. 22–45, 2017, doi: 10.1016/j.ijresmar.2016.11.006.
L. Todd, “Accepted manuscript Development Accepted manuscript,” no. June, pp. 1–33, 2015.
M. O. Opresnik, Effective Social Media Marketing Planning – How to Develop a Digital Marketing Plan, vol. 10913 LNCS. Springer International Publishing, 2018.
J. M. Ponzoa and A. Erdmann, “E-Commerce Customer Attraction: Digital Marketing Techniques, Evolution and Dynamics across Firms,” J. Promot. Manag., vol. 27, no. 5, pp. 697–715, 2021, doi: 10.1080/10496491.2021.1880521.
W. Ritz, M. Wolf, S. Mcquitty, and W. Ritz, “Digital marketing adoption and success for small businesses The application of the do-it-yourself and adoption,” J. Res. Interact. Mark., 2019, doi: 10.1108/JRIM-04-2018-0062.
K. L. Page, “Advergaming ; E-Mail Marketing ; Internet Marketing ; Mobile Marketing ; Search Engine Marketing ; Social Web Marketing,” vol. 18, no. 3, p. 2010, 2010.
D. Laverie, W. Humphrey, K. T. Manis, and K. Freberg, “the Digital Era Has Changed Marketing: a Guide To Using Industry Certifications and Exploration of Student Perceptions of Effectiveness,” Mark. Educ. Rev., vol. 00, no. 00, pp. 1–24, 2020, doi: 10.1080/10528008.2020.1716806.
Chaffrey and Chadwick, Digital Marketing. London: Pearson, 2019.
M. Saifuddin, “Digital Marketing : Strategi Yang Harus Dilakukan Umkm Saat Pandemi Covid-19,” J. Bisnis Terap., vol. 5, no. 1, pp. 115–124, 2021, doi: 10.24123/jbt.v5i1.3028.
R. Rivani, A. Muftiadi, and H. Nirmalasari, “Implementasi Program Digital Marketing Pada Pelaku Umkm Di Masa Pandemi Covid-19,” Kumawula J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 2, p. 353, 2021, doi: 10.24198/kumawula.v4i2.32819.
DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v5i3.3917
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Tim Redaksi Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal
Email :
abdimas@poltektegal.ac.id
Copyright: Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming p-ISSN:2598-9030 e-ISSN:2614-056X
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.