Pelatihan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kapasitas Guru di SMA PGRI 4 Gandrungmangu

Fajar Mahardika, R. Bagus Bambang Sumantri, Abdul Hakim Prima Yuniarto

Abstract


Media yang digunakan dalam proses belajar mengajar haruslah memiliki mutu dan kualitas yang baik meskipun media tersebut hanyalah sederhana. Kebanyakan ketika mengajar guru menggunakan LCD yang nantinya akan menayangkan pembelajaran tersebut di LCD biasanya dapat berupa video, Seorang guru ketika mengajar harus memperhatikan berbagai banyak hal, misalnya karakteristik dari setiap siswa, tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, metode pembelajaran yang akan digunakan, isi dari materi yang akan dijelaskan, serta strategi pembelajaran yang akan digunakan. Dengan adanya peningkatan kapasistas guru diharapkan Guru memegang kontribusi besar dalam pendidikan karena guru tugas utamabya mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi dan yang berhadapan langsung dengan peserta didik. Serta mengembangkan pembelajaran yang tidak hanya meningkatkan pada aspek pengetahuannya, tetapi dengan aspek spiritual, sosial maupun keterampilannya dan menciptakan desain pembelajaran yang inovatif dan menarik dengan cara yang efektif. Hasil akhir dari pelatihan ini guru dapat meningkatkan kapasistas untuk membuat media pembelajaran yang menarik dan interaktif dengan menggunakan media powerpoint. Dengan media yang berkembang dapat meningkatkan motivasi siswa untuk aktif dan belajar lebih baik.


Keywords


Guru, Kapasitas, Media Pembelajaran, Menarik Serta Interaktif, Siswa

Full Text:

References


M. A. Harjanto, I. Prahasto, M. ASc, and M. Suhartono, “Rancang bangun computer assisted instruction (cai) sebagai media pembelajaran dalam mata pelajaran fisika sekolah menengah atas,” 2012, Accessed: Jul. 22, 2023. [Online]. Available: http://eprints.undip.ac.id/35996/

“Kustandi, C., & Sujipto, B. (2016). Media Pembelajaran... - Google Scholar.” https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Kustandi%2C+C.%2C+%26+Sujipto%2C+B.+%282016%29.+Media+Pembelajaran+Digital+dan+Manual.%5C&btnG= (accessed Jul. 22, 2023).

D. Tri and P. Yanto, “Praktikalitas media pembelajaran interaktif pada proses pembelajaran rangkaian listrik,” invotek.ppj.unp.ac.idDTP YantoINVOTEK J. Inov. Vokasional dan Teknol. 2019•invotek.ppj.unp.ac.id, vol. 19, 2019, doi: 10.24036/invotek.v19vi1.409.

S. Yahya et al., “Implementasi Metode Extreme Programming pada Aplikasi Biro Jodoh Syari’ah Berbasis Mobile Android,” JTERA (Jurnal Teknol. Rekayasa), vol. 4, no. 1, pp. 37–40, May 2019, doi: 10.31544/JTERA.V4.I1.2019.37-40.

S. Yahya and F. Mahardika, “Penerapan Rapid Application Development Dan Model Kano Dalam Pengembangan Sistem Informasi Geografis,” Progresif J. Ilm. Komput., vol. 19, no. 1, pp. 125–136, Feb. 2023, doi: 10.35889/PROGRESIF.V19I1.1050.

F. Mahardika, E. Setiawan, D. Intan, and S. Saputra, “PENERAPAN SEGMENTASI WARNA PADA GAMBAR DI MEDIA SOSIAL DENGAN ALGORITMA FUZZY K-MEANS CLUSTER,” Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 10, no. 2, pp. 631–638, Nov. 2019, doi: 10.24176/SIMET.V10I2.3381.

E. V. Sihite and R. Rosnelly, “Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Anatomi Tubuh Manusia Berbasis Android,” INFOSYS (INFORMATION Syst. J., vol. 5, no. 2, pp. 123–133, Feb. 2021, doi: 10.22303/INFOSYS.5.2.2021.123-133.

A. Aufar Danu Pratama, “Aplikasi Interaktif 3D Pembedahan Organ Dalam Jantung Tubuh Manusia Menggunakan Microsoft Kinect,” Jun. 2020.




DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v6i3.4393

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Tim Redaksi Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal

Email :
abdimas@poltektegal.ac.id

   

Copyright: Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming p-ISSN:2598-9030 e-ISSN:2614-056X 

 

Flag Counter

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats