Pemanfaatan Marketplace E-Commerce untuk Pelaku UMKM Keripik Tahu Desa Gentong, Ngawi
Abstract
Pola bisnis saat ini mengalami pergeseran dari konvensional ke online, didorong oleh kemajuan teknologi digital yang meningkatkan persaingan antara penjual untuk menarik perhatian pembeli. Oleh karena itu, penting bagi pelaku usaha, terutama UMKM Desa Gentong, Ngawi, untuk mengadopsi strategi pemasaran digital melalui E-commercesebagai bagian yang tidak terpisahkan dari strategi bisnis mereka. Dalam kegiatan abdimas ini mitranya adalah pengusaha jajanan pasar yang mengalami kesulitan untuk meningkatkan pendapatannya. Mitra terdiri dari ibu rumah tangga yang masih memiliki hubungan keluarga berjumlah 2 orang. Mitra adalah penduduk desa Gentong, Dusun Cerme, Ngawi, Jawa Timur yang merupakan petani dan penjual makanan kecil. Tim Abdimas dari Universitas Darussalam Gontor berusaha untuk mengatasi permasalahan mitra yaitu kurangnya penghasilan harian dari penjualan makanan kecil di pasar. Kemudian tim Pengabdian Kepada Masyarakat membantu melalui pendampingan pemanfaatan platform marketplace dalam pengembangan bisnis online. Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan adalah pelatihan pembuatan produk olahan tahu dan pendampingan pembuatan e-commerce (Shopee) hingga bisa mendapatkan ijin halal yang bisa diedarkan secara lebih luas. Peningkatan soft skill yang sebelumya ada pada angka 0 % untuk mengolah olahan tahu, menjadi 80 % setelah dilakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Sehingga, melalui kegiatan ini masyarakat dapat memiliki pengetahuan lebih luas serta skill tambahan yang nantinya mampu meningkatkan pendapatan mereka, sebagai solusi masalah yang telah disebutkan di awal.
Keywords
References
Sugiyanto, & Sanusi, M. I. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Pelaku UMKM Melalui Pelatihan Kewirausahaan. Jurnal Pengabdian West Science, 2(07), 588–594. https://doi.org/10.58812/jpws.v2i07.481
Rahmidani, R. (2015). Penggunaan E-commerce dalam Bisnis Sebagai Sumber Keunggulan Bersaing Perusahaan. Seminar Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi(Snema) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang, 5(1), 345–352. http://www.apjii.or.id/v2/index.php/read/article/apjii-at-media/133/2012-pengguna-internet-di-indonesia
Irawati, R., & Prasetyo, I. B. (2022). Pemanfaatan Platform E-commerce Melalui Marketplace Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan dan Mempertahankan Bisnis di Masa Pandemi (Studi pada UMKM Makanan dan Minuman di Malang). Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 6(2), 114–133.
Rehatalanit, Y. L. . (2021). Peran E-commerce dalam Pengembangan Bisnis. Jurnal Teknologi Industri, 5(0), 62–69. https://journal.universitassuryadarma.ac.id/index.php/jti/article/view/764
Mahir, P. (2015). Klasifikasi Jenis-Jenis Bisnis E-commerce. Jurnal Neo-Bis, 9(2), 32–40. https://doi.org/10.21107/nbs.v9i2.1271
Pudrianisa, S. L. G., Pangestu, A. G., Swandry, L., Adi, R. P., & Keddy, Y. W. (2023). Literasi Digital Marketing dan Pemanfaatan Marketplace Dalam Pengembangan Bisnis Online Pemuda Condongcatur. Abdimas Bsi, 6(1), 87–98
Karimah, B. P. H., Priharsari, D., & Tibyani. (2022). Analisis Penggunaan E-commerce terhadap Bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(3), 1298–1305. https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/10784
Utami, K. A. D., Wardani, K. D. K. A., & Gorda, A. A. N. E. S. (2023). Peningkatan Daya Saing Umkm Kuliner Di Desa Adat Panjer Melalui Pengembangan Media Pemasaran Berbasis Digital. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 1. https://doi.org/10.24198/kumawula.v6i1.38458
Mubarok, A., Dinantara, M. D., Susanto, Zulfitra, & Sahroni. (2021). Strategi Pemasaran Melalui Marketplace dalam Upaya Peningkatan Penjualan pada UMKM Desa Pabuaran. Abdi Laksana, 2(3), 534–539.
Prasetya, A. Y., Sugiharti, S., & Fadhila, Z. R. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk UMKM Desa Boja. Budimas : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 102–108. https://doi.org/10.29040/budimas.v3i1.1628
Setiawan, I., Nirwan, S., & Amelia, F. M. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Marketplace Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Berbasis Web (Sub Modul : Pembelian). Jurnal Teknik Informatika, 10(3), 37–43.
DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v7i1.6112
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Tim Redaksi Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal
Email :
abdimas@poltektegal.ac.id
Copyright: Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming p-ISSN:2598-9030 e-ISSN:2614-056X
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.