Optimalisasi UMKM “Go Digital” Melalui Literasi Digital dan Literasi Financial UMKM Keripik Basreng Bibu Tirtajaya, Depok

Dwi Rachmawati, Hadi Wijaya, Ayu Nurul Haryudiniarti, Nur Fitri Dewi

Abstract


Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki kontribusi yang besar terhadap perekonomian Indonesia. Namun, hampir semua sektor usaha, terutama UMKM, terpengaruh oleh dampak ekonomi yang ditimbulkan oleh pandemi Covid-19. Pandemi ini menyebabkan Indonesia mengalami penurunan pertumbuhan ekonomi sekitar 0,1% pada tahun 2020. Tantangan utama yang dihadapi oleh para pelaku usaha terletak pada aspek pemasaran, yang sebelumnya mengandalkan penjualan langsung. Transaksi jual-beli yang biasanya dilakukan secara tatap muka sekarang harus bergeser ke ranah online secara digital. Namun kurangnya pengetahuan mengenai digital menjadi penghambat dalam prosesnya, hal ini pun dirasakan oleh UMKM Keripik Basreng Bibu di Kelurahan Tirtajaya. Minimnya informasi mengenai digital dan usaha yang masih konvensional dari pemasaran, manajemen keuangan hingga produksi menyebabkan rendahnya tingkat keberlangsungan usaha UMKM Keripik Basreng Bibu. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pelaku usaha khususnya UMKM Keripik Basreng BIBU dalam literasi digital dan literasi finansial. Penggunaan teknologi informasi diharapkan dapat menjadi solusi bagi pelaku UMKM dalam mengatasi masalah penjualan, pemasaran, dan keuangan. Namun, tantangan muncul karena kesulitan dalam penerapan teknologi informasi, khususnya bagi pedagang pasar atau pelaku usaha. Perubahan perilaku yang berbasis digital memerlukan pelatihan dan pendampingan di bidang penjualan, pemasaran, dan keuangan. Solusi untuk mitra saat ini adalah pelatihan literasi digital dan literasi finansial, serta pendampingan dalam digital marketing, pengemasan, dan pencatatan keuangan untuk mendukung keberlanjutan usaha UMKM Keripik Basreng Bibu.

Keywords


Literasi Digital, Literai Finansial, UMKM

Full Text:

References


Setyahuni, S.W. and Oktoriza, L.A. ‘Digital Marketing Literacy: Upgrading UMKM distro Dan Clothing sebagai Strategi Peningkatan penjualan’, Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming. 2023 6(4), pp. 1283–1288. doi:10.30591/japhb.v6i4.5042.

Sunardi, Nardi, et al. "Peran Manajemen Keuangan dan Digital Marketing dalam upaya peningkatan omset penjualan bagi UMKM Pasar Modern intermoda BSD City Kota Tangerang Selatan di tengah pandemi covid-19." Jurnal Abdi Masyarakat Humanis 2.1 (2020): 20-27.

Handayani S, Safina L, Bismala L. Program Kemitraan Masyarakat Rancang Bangun Mesin Pengaduk Selai Srikaya Bagi UKM Zuhro Bakery. InProsiding Seminar Nasional Kewirausahaan 2021 Oct 28 (Vol. 2,No.1)

Jayanti and N. B. Karnowati, “Digitalisasi UMKM Dan Literasi keuangan Untuk Keberlanjutan Umkm di Kabupaten Cilacap,” Kajian Bisnis Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha, vol. 31, no. 1, pp. 51–64, 2023. doi:10.32477/jkb.v31i1.504

Salsabila, Fadhilah. Pengaruh literasi ekonomi dan literasi digital terhadap perilaku berwirausaha sektor kuliner yang terdaftar pada aplikasi Go Food di pasar segar kota Makassar. Diss. Universitas Negeri Makassar, 2019.

Sundah PM, Adeline C, Purba H. Digitalisasi UMKM sebagai Langkah Mewujudkan Pemulihan dan Resiliensi Pelaku Usaha di Masa Pandemi. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR). 2021 Nov 21;4:1202-6.

Lesmana R. Peran Digital Marketing Dan Manajemen Keuangan dalam Upaya Peningkatan Pendapatan UMKM yang Berdampak Pada Kesejahteraan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis. 2021 Apr 1;2(2).

Hanim L, Soponyono E, Maryanto M. Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. InProsiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat 2021 (pp. 30-39).

Pinem D, Pusporini P, Masnuna M. Digitalisasi Manajemen Pada Usaha Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Depok Jawa Barat. IKRA-ITH ABDIMAS. 2022;5(1):172-83.

Octavina LA, Rita MR. Digitalisasi umkm, literasi keuangan, dan kinerja keuangan: Studi pada masa pandemi Covid-19. Journal of Business and Banking. 2021 Jul 23;11(1)




DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v7i2.6569

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Tim Redaksi Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal

Email :
abdimas@poltektegal.ac.id

   

Copyright: Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming p-ISSN:2598-9030 e-ISSN:2614-056X 

 

Flag Counter

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats