Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Digital Untuk Mengasah Keterampilan Mahasiswa Abad 21

Dwi Partini, Dewilna helmi

Abstract


Perkembangan zaman menuntut berbagai kecakapan yang harus dimiliki seseorang agar dapat bertahan dan mampu menghadapi berbagai persoalan masa depan. Ada 4 kecakapan yang harus dimiliki generasi abad 21 yaitu kemampuan 4C terdiri dari Critical Thinking, Creativity, Communication dan Collaboration. Melalui kegiatan pelatihan media pembelajaran berbasis digital diharapkan dapat mengasah keterampilan tersebut. Mahasiswa Pendidikan geografi universitas pattimura masih seringkali mengalami kendala menyusun tugas bahan presentasi yang baik. Kegiatan pengabdian dengan metode daring, ceramah, tutorial, dan praktek terbimbing. Mahasiswa menyusun media pembelajaran harus berfikir kritis menyajikan materi berkualitas dari sumber kredibel, kreatif mendesain media menarik dan informatif. Mahasiswa juga harus mampu berkomunikasi, menyajikan materi audio visual serta kerjasama menyelesaikan tugas. Berdasar hasil observasi terdapat perubahan sikap positif menunjukkan kemampuan 4C mahasiswa. Rerata skor critical thinking 80, creativity 85, communication 86, collaboration 80, rata-rata naik 13.1%. Hasil angket respon peserta terhadap kegiatan pelatihan menyatakan materi mudah dipahami, menambah wawasan, menarik dan memberikan tantangan lebih kreatif dengan skor rerata 85. Tutorial pelatihan dapat diikuti dengan baik, memberikan keleluasaan peserta bertanya skor rerata 86.5. Kebermanfaatan pelatihan melatih kemampuan berfikir logis dan kritis, melatih kerjasama skor rerata 88.6. Sedangkan hasil evaluasi penilaian tugas pembuatan media pembelajaran 100% peserta dinyatakan lulus, 16 % peserta dengan skor 71-80, 84% peserta.dengan skor 81-100.


Keywords


Digital, Keterampilan Abad 21, Media Pembelajaran, Pelatihan

Full Text:

References


Partono, P., Wardhani, H., Setyowati, N., Tsalitsa, A., & Putri, S. (2021). Strategi Meningkatkan Kompetensi 4C (Critical Thinking, Creativity, Communication, & Collaborative). Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), 41-52. doi:https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.35810

Greenstein, Laura. 2012. Assessing 21st Century Skills : A Guide to Evaluating Mastery and Authentic Learning. Corwin: California, 2012.

OECD. (2021). Future of Education and Skills 2030: OECD Learning Compass 2030. Paris: OECD Publishing.

Kemdikbud. 2022. Mengenal Peran 6C dalam Pembelajaran Abad ke-21. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/09/mengenal-peran-6c-dalam-pembelajaran-abad-ke21#:~:text=Dengan%20penambahan%20peran%20kecakapan%20tersebut,%2C%20dan%20communication%20(komunikasi). Diakses tanggal 20 mei 2024

Resti Septikasari, Rendy Nugraha Frasandy. 2018. Keterampilan 4C Abad 21 dalam pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, Volume VIII Edisi 02 2018, hlm 112-122

Monica, R., Ricky, Z., & Estuhono. 2021. Pengembangan Modul Ipa Berbasis Model Research Based Learning Pada Keterampilan 4c Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3 (6), 4470–4482. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V3i6.1470

Henderson, M., Selwyn, N., & Aston, R. (2017). What works and why? Student perceptions of ‘useful’ digital technology in university teaching and learning. Studies in Higher Education, 42(8), 1567-1579.

Heick, T. (2018). What Are The 6 Cs Of Education? TeachThought. Retrieved from https://www.teachthought.com.

Chairunnisa, K & Sundi, 2021. Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva dalam pembuatan Poster Pada Siswa Kelas X SMAN Tangsel. In prosiding Seminar Nasional pengabdian Masyarakat LPPM UMJ. (Vol 1 No 1)

Resmini,. Satriani, I & Rafi, M (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembuatan Bahan Ajar dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Abdimas Siliwangi, 4 (2), 335-343

Salmon, G. (2019). E-moderating: The Key to Online Teaching and Learning. New York, NY: Routledge




DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v7i2.6845

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Tim Redaksi Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal

Email :
abdimas@poltektegal.ac.id

   

Copyright: Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming p-ISSN:2598-9030 e-ISSN:2614-056X 

 

Flag Counter

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats