Penguatan Kapasitas Promosi UMKM melalui Pelatihan Media Digital Berbasis Aplikasi Canva

Darmanto Darmanto, Eka Wahyudi, Refid Ruhibnur, Novi Indah Pradasari, Ar-Razy Muhammad

Abstract


UMKM binaan KPPN Ketapang menghadapi permasalahan dalam manajemen promosi dan pemasaran digital yang belum optimal. Minimnya pemahaman tentang strategi branding, keterbatasan dalam produksi konten visual, serta rendahnya pemanfaatan media sosial menyebabkan jangkauan promosi menjadi terbatas. Kegiatan pengabdian ini dipilih karena pentingnya digitalisasi dalam memperluas pasar UMKM dan meningkatkan daya saing produk lokal. Tujuan pengabdian adalah untuk meningkatkan kapasitas pelaku UMKM dalam mengelola promosi usaha secara digital melalui pelatihan dan pendampingan. Kegiatan dilaksanakan dengan metode ceramah, praktik langsung, dan evaluasi berkala kepada 25 pelaku UMKM mitra binaan KPPN Ketapang. Hasil menunjukkan bahwa 95% peserta mampu membuat konten promosi secara mandiri, dan 85% telah memiliki identitas branding dasar. Rata-rata frekuensi unggahan konten meningkat sebesar 60% dalam enam bulan, dan waktu produksi konten menurun hingga 40%. Pelatihan ini juga mendorong peningkatan softskill dalam komunikasi pemasaran dan pemanfaatan teknologi digital. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa program ini berkontribusi nyata dalam mendorong kemandirian promosi digital UMKM serta layak untuk direplikasi pada skala yang lebih luas.


Keywords


Branding, Canva, Media Sosial, UMKM, Promosi Digital

Full Text:

References


“PERPRES No. 2 Tahun 2022,” Database Peraturan | JDIH BPK. Diakses: 3 Juni 2025. [Daring]. Tersedia pada: http://peraturan.bpk.go.id/Details/196126/perpres-no-2-tahun-2022

“Website DJKN.” Diakses: 3 Juni 2025. [Daring]. Tersedia pada: https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-medan/baca-artikel/15879/Mengenal-Program-Pembinaan-UMKM-Kemenkeu-Satu-Tahun-2023.html

R. K. Sijunjung, “Peran KPPN Dalam Meningkatkan Pemberdayaan UMKM Di Daerah.” Diakses: 26 April 2025. [Daring]. Tersedia pada: https://djpb.kemenkeu.go.id/kppn/sijunjung/id/data-publikasi/artikel/3127-peran-kppn-dalam-meningkatan-pemberdayaan-umkm-di-daerah.html

A. I. S. Alamsyah, “Peran Aplikasi Canva Dalam Mendukung Umkm Bersaing Di Era Digital,” jisamar, vol. 8, no. 2, hlm. 343, Mei 2024, doi: 10.52362/jisamar.v8i2.1448.

M. I. Fifaldyovan, S. M. Dewi, dan R. D. Astuti, “Pelatihan Canva untuk Optimalisasi Digital Marketing bagi Pelaku UMKM”.

A. M. Y. Kongoasa, D. R. Novita, M. Sukma, F. R. Harahap, M. D. Fahreza, dan N. Fitriah, “Melek Digital: Membuka Peluang Baru Bagi Umkm Desa Sei Balai Melalui Seminar Pelatihan Bisnis Digital (E-Commerce)”.

A. Mutiarachim dan J. S. P. Tyoso, “Pelatihan Pembuatan Media Promosi Mudah dan Menarik dengan Aplikasi Canva untuk UMKM di Desa Blerong Kabupaten Demak,” jpmn, vol. 4, no. 1, hlm. 1–9, Jun 2024, doi: 10.35870/jpmn.v4i1.2654.

Y. Ismail, Y. Aneta, dan V. Monoarfa, “Penguatan Manajemen Usaha dan Strategi Pemasaran pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Desa Sogu”.

D. Soepeno, I. Palandeng, S. Wangke, dan R. Samadi, “Manajemen Usaha Produk Kuliner Di Kelurahan Mahakeret Barat Kecamatan Wenang Kota Manado,” vol. 4, 2018.

R. Setiawati, “Bimbingan Teknis Aspek Umum Manajemen Usaha Kecil Untuk Pengembangan Usaha Produk Umkm Kota Tasikmalaya”.

M. Rivaldi, N. Anastasya, I. Aulia, dan M. Sholeh, “Strategi Pemasaran Digital Untuk Pengembangan Usaha Kecil,” vol. 07, no. 01, 2024.

C. M. Khairunnisa, “Pemasaran Digital sebagai Strategi Pemasaran: Conceptual Paper,” JAMIN, vol. 5, no. 1, hlm. 98, Agu 2022, doi: 10.47201/jamin.v5i1.109.

B. F. Susanto, Muchlis, Raju Maulana, M. Fauzan, dan Widyawati, “Strategi Pemasaran Produk Umkm Berbasis Digital Di Kabupaten Indragiri Hilir: Peluang Dan Tantangan,” jam, vol. 10, no. 1, hlm. 1–11, Jul 2024, doi: 10.32520/jam.v10i1.3584.

R. Y. Endra, A. P. Redaputri, H. Dunan, A. Aprinisa, M. B. Syahputra, dan A. Handayani, “Pelatihan Design Dengan Canva Untuk Umkm Sebagai Sarana Promosi Produk Di Desa Ganjar Asri Metro,” JPU, vol. 3, no. 1, hlm. 32–38, Jan 2024, doi: 10.36448/jpu.v3i1.54.

A. N. Rohmah dkk., “Pendekatan Komunikasi Partisipatif Dalam Pelatihan Kelana Untuk Membentuk Masyarakat Tangguh Bencana,” PLAKAT, vol. 5, no. 1, hlm. 90, Sep 2023, doi: 10.30872/plakat.v5i1.12489.




DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v8i4.9246

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Tim Redaksi Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal

Email :
abdimas@poltektegal.ac.id

   

Copyright: Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming p-ISSN:2598-9030 e-ISSN:2614-056X 

 

Flag Counter

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats