Strategi Digitalisasi dan Revitalisasi Wisata Gerojokan Tanjungsari terhadap Peningkatan Kunjungan dan Ekonomi Lokal

Nadia Marcellina, Yulyanti Fahruna, Indriani Indriani, Yoane Perlita, Vita Vita

Abstract


Desa Tanjungsari merupakan desa yang mempunyai banyak potensi, mulai dari potensi perkebunan, pertanian hingga pariwisata. Destinasi wisata alam "Gerojokan" merupakan area rekreasi keluarga yang dikenal karena keindahan alamnya yang sejuk dan aliran sungai yang bersih. Meskipun memiliki potensi besar, promosi dan infrastruktur dasar yang kurang memadai menjadi kendala. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa pengelolaan wisata masih bersifat tradisional, dan belum memiliki sistem dokumentasi pemasaran yang terstruktur. Dari sisi sosial, masyarakat memiliki semangat kolaboratif yang tinggi, namun masih membutuhkan pendampingan dalam perencanaan program berbasis data dan kebutuhan lokal. Adapun metode yang digunakan meliputi 1) Metode Participatory Rural Appraisal (PRA) melibatkan survei dan observasi kondisi eksisting serta koordinasi dengan perangkat desa 2) Metode Community Development (CD) melibatkan pendampingan berkelanjutan terhadap program yang telah berjalan dalam mengoptimalkan visibilitas destinasi dan perbaikan fasilitas fisik. Hasil implementasi strategi ini diharapkan dapat meningkatkan keberlanjutan kolaborasi antara pemerintah desa, pemuda, dan pengelola wisata menjadi kunci agar hasil kegiatan KKM tidak berhenti pada saat pelaksanaan, tetapi terus berkembang menjadi gerakan bersama menuju desa wisata yang mandiri dan berdaya saing yang akhirnya berdampak positif pada peningkatan pendapatan masyarakat serta pertumbuhan ekonomi lokal di Desa Tanjungsari.

Keywords


KKM-PKM, Desa Wisata, Promosi, Media Sosial, Ekonomi lokal

Full Text:

References


J. Abidin, R. Fedrina, and R. Agustin, “Penguatan Kelembagaan Desa Wisata melalui Promosi Digital Marketing di Desa Cisaat, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang,” J. Abdimas Pariwisata, vol. 3, no. 1, pp. 1–10, Jan. 2022, doi: 10.36276/jap.v3i1.292.

Y. H. Meliala, M. Saifulloh, and E. K. Wiyati, “AKTIVITAS MEDIA SOSIAL DALAM MEMPROMOSIKAN KAWASAN PARIWISATA DANAU TOBA,” J. Pustaka Komun., vol. 6, no. 1, pp. 18–30, Mar. 2023, doi: 10.32509/pustakom.v6i1.2293.

S. M. R. Nani, A. Lagalo, and D. Talib, “PENGEMBANGAN SUNGAI BOTU KAPALI SEBAGAI DAYA TARIK WISATA ALAM DI KABUPATEN GORONTALO,” Tulisan Ilm. Pariwisata TULIP, vol. 7, no. 2, p. 122, Dec. 2024, doi: 10.31314/tulip.7.2.122-134.2024.

M. F. Hasa, R. Soekarta, T. H. I. Alam, R. D. P. Rawi, M. R. Setyawan, and S. N. Kayatun, “Pemanfaatan Sosial Media Sebagai Wadah Promosi Wisata Kebun Buah Naga Di Raja Ampat,” J. Pengabdi. Dharma Laksana, vol. 4, no. 2, p. 277, Jan. 2022, doi: 10.32493/j.pdl.v4i2.18246.

T. Ahdiati, M. Soebiantoro, and S. Kusumanegara, “[No title found],” J. Ilm. Pariwisata, vol. 27, no. 2, p. 214, Jul. 2022, doi: 10.30647/jip.v27i2.1619.

A. Mumtaz and M. Karmilah, “Digitalisasi Wisata di Desa Wisata,” 2021.

N. Arifin, M. Imron, and F. Rohman, “Revitalisasi Desa Wisata Plajan Pakis Aji melalui Peningkatan Capacity Building dan Pengembangan Kerjasama,” Indones. J. Community Serv., vol. 7, no. 1, p. 26, May 2025, doi: 10.30659/ijocs.7.1.26-35.

I. G. D. Sadu, K. R. Tan, N. P. Setiawan, and E. Hendriana, “Effect of Social Media Marketing on Visit Intention and Willingness to Pay Premium Price for Ecotourism,” J. Manag. Econ. Financ., vol. 2, no. 4, pp. 140–145, Jul. 2024, doi: 10.46799/jmef.v2i4.45.

I. D. J. Korenguru, M. Bunga, Y. F. Riwu, and P. Y. Amtiran, “ANALISIS EFEKTIVITAS PROMOSI EKOWISATA DAERAH PESISIR DAN PEGUNUNGAN MELALUI ELECTRONIC WORD OF MOUTH (STUDI KASUS PADA PENGGUNA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DI KOTA KUPANG),” GLORY J. Ekon. Dan Ilmu Sos., vol. 6, no. 1, pp. 287–299, Mar. 2025, doi: 10.70581/glory.v6i1.18274.

E. D. M. Siringoringo and M. Yunus, “Analisis Revitalisasi Desa Wisata dengan Mengoptimalkan Ekonomi Kreatif Melalui UMKM Berbasis Digital Pada Desa Sigapiton,” Owner, vol. 6, no. 4, pp. 3751–3760, Oct. 2022, doi: 10.33395/owner.v6i4.1135.

M. Wahyudi, “Pemberdayaan Masyarakat Dengan Pendekatan Ekowisata untuk Menanggulangi Kemiskinan Ekstrem di Kabupaten Magelang Jawa Tengah,” vol. 8, no. 1, 2025.




DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v8i4.9714

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Tim Redaksi Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal

Email :
abdimas@poltektegal.ac.id

   

Copyright: Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming p-ISSN:2598-9030 e-ISSN:2614-056X 

 

Flag Counter

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats